Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Tanaman Indoor Penghasil Oksigen, Rumah Jadi Segar & Sehat

Menghadirkan tanaman ke dalam rumah dapat membuat suasana menjadi lebih segar dan sejuk. Ada banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan tanaman hias, namun pilihlah tanaman indoor penghasil oksigen. Dengan begitu, rumah Anda akan menjadi lebih segar dan indah dipandang mata. Hal disebabkan karena adanya tanaman hias tersebut. 

Siapa sih orang yang tidak suka dengan tanaman hias? Pasti semua orang suka, termasuk saya dan Anda. Yuk kita percantik dan bikin sehat rumah kita dengan berbagai tanaman hias penghasil oksigen. 😉 

Nah, Bagaimanakah Cara Memilih Tanaman Indoor Penghasil Oksigen Terbaik?

Dalam memilih tanaman hias pastikan juga memilih tanaman yang tidak sulit perawatannya. Perlu diingat bahwa tanaman akan diletakkan di dalam rumah sehingga tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu, tanaman tetap perlu disiram agar lembab dan bisa tumbuh dengan baik. Jadi pilihlah tanaman yang bisa tumbuh dengan mudah namun juga bisa menghasilkan oksigen.

Bagi yang bingung memilih jenis tanaman indoor penghasil oksigen sekaligus bisa menjadi tanaman hias, maka berikut ini bisa menjadi pilihan.

Diantaranya:

1. Sirih Gading

5 Tanaman Indoor Penghasil Oksigen, Rumah Jadi Segar & Sehat
Foto by Kliksehat.com


Tanaman yang bisa digunakan dengan media tanah maupun air adalah sirih gading. Dengan kelebihan inilah, sirih gading bisa menjadi tanaman hias indoor yang juga bisa menghasilkan oksigen. Jadi, jika tidak mau repot gunakan tanah sebagai media tanamnya.

Kelebihan lain dari sirih gading adalah daunnya yang berwarna hijau-kekuningan. Warna ini tentunya berbeda dengan warna daun pada umumnya yang hanya berwarna hijau. Sehingga dapat memberikan warna tambahan pada ruangan di dalam rumah.

2. Lili Paris (Tanaman Laba-Laba)


5 Tanaman Indoor Penghasil Oksigen, Rumah Jadi Segar & Sehat


Banyak orang mengenal tanaman ini dengan sebutan tanaman laba-laba karena bentuknya yang panjang dan menggantung seperti kaki laba-laba. Meskipun begitu, hal ini justru yang membuat tanaman ini unik dan cantik dibandingkan dengan tanaman lainnya. Selain cantik, tanaman ini juga mampu menghasilkan oksigen serta menghilangkan racun dari cat dinding dan furniture.

Cara perawatan tanaman lili paris sangatlah mudah karena tidak membutuhkan air maupun matahari yang banyak. Diletakkan dimana saja juga tetap bisa asalkan disiram secara teratur setiap 2-3 kali seminggu. Agar tetap mendapatkan sinar matahari, maka taruhlah tanaman diluar sekali seminggu selama 10 menit.

3. Tanaman Krisan


5 Tanaman Indoor Penghasil Oksigen, Rumah Jadi Segar & Sehat


Jika mencari tanaman yang serba guna maka belilah tanaman krisan. Tanaman ini mampu menghasilkan oksigen dan membersihkan udara di sekitar. Jadi, segala zat berbahaya yang ada di ruangan seperti amonia, benzena akan dibersihkan oleh tanaman krisan. Oleh karena itu, jenis tanaman ini sangat direkomendasikan bagi yang tinggal di area pabrik yang mengeluarkan zat berbahaya.

Tanaman Krisan juga dapat digunakan sebagai suplemen yang berguna untuk mencegah berbagai penyakit seperti kanker fosfat dan diabetes. Maka tidak heran jika tanaman krisan banyak digunakan sebagai tanaman hias indoor.

4. Sri Rejeki

5 Tanaman Indoor Penghasil Oksigen, Rumah Jadi Segar & Sehat
Tanaman hias indoor penghasil oksigen berikutnya adalah Sri Rejeki. NASA telah menetapkan tanaman Sri Rejeki sebagai salah tanaman efektif yang mampu menghilangkan polutan rumah tangga seperti benzena. Jadi, tanaman ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki di dalam rumah.

Tidak hanya fungsinya saja, namun warna dari tanaman Sri Rejeki pun sangat indah dan unik. Jika banyak yang hanya tahu warnanya kuning, hijau maka ada pula yang berwarna merah-hijau. Jadi, pilihlah warna tanaman yang unik agar suasana ruangan di kamar juga menjadi berbeda.
Artikel Menarik Lainnya : Tips Hiasan Dinding Kamar Kost Agar Tampak Unik dan Menarik

5. Lidah Mertua


5 Tanaman Indoor Penghasil Oksigen, Rumah Jadi Segar & Sehat


Apabila mengalami kesulitan untuk tidur, maka cobalah menggunakan lidah mertua di dalam kamar. Para peneliti menyatakan bahwa oksigen yang dihasilkan lidah mertua dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Selain itu, oksigen dan udara yang segar dari tanaman ini bisa mengurangi tingkat resiko orang stres serta mencegah sesak nafas.

Tanaman hias memiliki banyak manfaat selain sebagai taman hiasan di dalam ruangan. Salah satunya adalah penghasil oksigen udara yang bersih. Dengan tanaman indoor penghasil oksigen, pemilik bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Yaitu suasana rumah yang sehat dan segar, serta juga pemandangan yang indah. Yuk kita percantik rumah kita dengan berbagai tanaman hias yang kaya oksigen! 😊

Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "5 Tanaman Indoor Penghasil Oksigen, Rumah Jadi Segar & Sehat"