Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Agen Mainan Murah Online vs Konvensional, Pilih Mana?

Pola belanja masyarakat sudah jauh bergeser dari konvensional ke online. Hampir semua kebutuhan dibeli secara online. Tidak terkecuali dalam membeli mainan. Banyak orang mencari agen mainan murah di platform online seperti marketplace dan online shop.

Tetapi, mencari mainan di agen mainan murah konvensional juga tidak lantas serta merta ditinggalkan. Ada hal-hal yang tidak bisa digantikan oleh platform online. Jadi, mana yang harus dipilih? Agar dapat menentukan pilihan, yuk simak artikel ini sampai habis. 😉

 

Agen Mainan Murah Online vs Konvensional, Pilih Mana?
Foto ilustrasi salah satu agen mainan konvensional.


Kapan Harus Beli Mainan di Agen Mainan Murah?

Bagi pedagang mainan, jelas sudah kapan waktunya belanja di agen mainan murah, yaitu saat kulakan. Namun untuk konsumen individu, tidak setiap saat bisa belanja mainan di agen. Pasalnya, belanja di agen baru dapat harga murah jika belanja dalam jumlah banyak, minimal 1 lusin.

Untuk konsumen individu, belanja mainan di agen cocok dilakukan ketika sedang mencari mainan untuk souvenir ulang tahun atau untuk event lain. Merayakan ulang tahun anak tentu harus juga memikirkan souvenir yang akan diberikan kepada tamu. Nah, belanja mainan murah adalah salah satu solusi memberikan souvenir unik namun murah kepada tamu undangan.

Selain ketika ada acara, konsumen individu akan belanja di agen mainan ketika mencari mainan dengan harga yang lebih murah. Beberapa agen mainan juga melayani pembelian eceran dengan harga yang tetap lebih murah daripada toko mainan pada umumnya.

Mainan-mainan favorit anak seperti Hotwheels, Matchbox, boneka, bahkan mobil dan motor mainan berukuran besar akan lebih murah dibeli di agen. Orang tua yang memiliki anak kecil tentu akan sering mengeluarkan uang untuk membeli mainan. Maka, belanja di agen mainan tentu lebih hemat.

Musim liburan seperti hari raya juga jadi waktu yang sering digunakan oleh konsumen individu untuk belanja mainan dalam jumlah banyak di agen. Hari raya atau hari libur adalah saatnya memberikan hadiah kepada kerabat, mainan menjadi salah satu pilihannya. Para sepupu saling bertukar mainan sebagai buah tangan.

Belanja di Agen Mainan Murah Online atau Konvensional?

Untuk urusan belanja, masyarakat dihadapkan pada dua pilihan cara belanja yaitu online dan konvensional. Sebagai masyarakat modern, mustahil rasanya tidak berbelanja secara online. Namun, keseruan belanja langsung di toko fisik juga sayang untuk ditinggalkan.

Mainan adalah jenis barang yang sebenarnya memerlukan sentuhan fisik ketika membelinya. Anak-anak cenderung suka memilih mainan dengan cara melihat dan menyentuh langsung. Tapi bagi orang tua, hal ini tidak terlalu masalah. Selama harganya murah, online atau konvensional boleh-boleh saja.

Info Menarik Lainnya : Distributor Mainan, Peran, Skema Keuntungan & Kiat Suksesnya

Berikut ini adalah pertimbangan orang ketika berbelanja yang bisa menunjukkan bagaimana konsumen memutuskan cara belanja mainannya.

Yaitu:

1. Waktu

Waktu adalah hal yang sangat menentukan keputusan cara belanja seseorang. Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mendapat barang yang diinginkan. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk sampai ke toko mainan yang dimaksud. Dan semua hal terkait waktu akan sangat mempengaruhi keputusan konsumen.

2. Kemudahan

Orang jaman sekarang suka segala hal yang serba mudah dan praktis. Maka, seberapa praktis cara belanja akan mempengaruhi pilihan seseorang. Misalnya, ketika sudah tahu barang yang akan dibeli dan kisaran harganya, maka membeli secara online tentu lebih murah daripada harus datang langsung ke toko mainan konvensional.

3. Keamanan

Keamanan berbelanja mencakup keamanan transaksi hingga kejujuran penjual. Pada platform online, pembeli tidak bisa mengecek kondisi fisik mainan yang dibeli. Hal-hal seperti ini akan mempengaruhi keputusan pembeli akan belanja mainan murah online atau konvensional.

Info Menarik Lainnya : Supplier Mainan Anak Murah, Ini Cara Mencarinya

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Mainan Online vs Konvensional

Sebelum menilai mana yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan masyarakat, ada baiknya melihat dulu kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini penjelasannya:

1. Agen Mainan Murah Konvensional

Berbelanja di agen mainan konvensional cocok dilakukan bagi reseller pemula yang sekaligus ingin menjalin kemitraan. Di Jakarta, agen-agen mainan ini banyak dijumpai di Pasar Asemka dan Pasar Gembrong. Dua pasar legendaris ini sudah lama dijadikan jujukan orang yang ingin belanja mainan dalam jumlah banyak.

Keuntungan belanja di agen mainan konvensional adalah bisa mengecek langsung kondisi fisik barang dan ketersediaan barang. Selain itu, ada keleluasaan untuk menawar barang. Tidak dapat dipungkiri bahwa interaksi fisik tidak dapat digantikan dengan platform online. Sisi humanis ketika belanja dan kesan yang didapat dari penjual yang ramah, membuat ingin kembali belanja lagi.

Kekurangannya adalah kurang praktis dari segi waktu dan tenaga. Tentu saja, yang namanya belanja di pasar tidaklah senyaman belanja dari rumah. Suasana hiruk pikuk pasar belum lagi udara panas terkadang membuat badan jadi lelah. Belum lagi jika tawar menawar berjalan alot, yang ada bisa menaikkan tensi.

Kekurangan lainnya adalah tidak semua agen di lokasi dagang konvensional menerima pembayaran dengan sistem cashless. Pembeli harus menyediakan uang cash dalam jumlah banyak. Tidak banyak pilihan pembayaran selain cash. Selain tidak praktis, hal ini juga bisa memicu tindak kriminalitas.

Info Menarik Lainnya : Mau Jadi Supplier Mainan Import? Ini Cara Memasok Barangnya

2. Agen Mainan Murah Online

Berbelanja mainan di agen mainan online tentu menawarkan kenyamanan tersendiri. Salah satu keuntungannya adalah tanpa perlu keluar rumah sudah bisa belanja mainan. Cukup melalui smartphone, konsumen bisa dengan leluasa memilih, membandingkan, dan berkomunikasi dengan penjual.

Selain masalah kemudahan, keuntungan lainnya adalah masalah waktu. Tidak banyak waktu yang terbuang ketika belanja online. Konsumen tidak perlu menempuh perjalanan jauh untuk membeli mainan yang diinginkan. Semua bisa dilakukan dengan cepat.

Pilihan pembayaran pun beragam bahkan ada pilihan pembayaran secara kredit dan cicilan. Begitu juga dengan masalah pengiriman barang. Konsumen memasrahkan semua urusan pengiriman barang kepada penjual melalui perantara platform online. Tinggal menunggu saja, barang diantar sampai ke rumah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di tulisan menarik selanjutnya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Agen Mainan Murah Online vs Konvensional, Pilih Mana? "