Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membuat Paving Block Secara Mandiri, Lihat Yuk!

Cara membuat paving block - Paving block termasuk salah satu material bangunan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Baik itu untuk keperluan pribadi (membuat pelataran rumah dan tempat parkir mobil). Maupun untuk kepentingan umum (seperti membuat trotoar, pelataran taman, dan jalan raya).

Paving block ini sendiri berfungsi untuk melapisi permukaan tanah. Sehingga dengan adanya paving block, maka tanah tersebut akan terhindar dari erosi dan genangan air. Selain itu, tanah juga tidak akan becek pada saat musim hujan. Oleh karena itu, dengan adanya paving block ini, maka setiap pengendara dan pejalan kaki akan merasa nyaman untuk melewati jalanan tersebut.

Nah, bagi Anda yang ada rencana untuk melapisi halaman atau pelataran rumah Anda, maka bisa mendapatkan paving block ini di toko material. Jika ingin mendapatkan harga lebih murah, maka Anda bisa langsung membeli ke pabrik pembuatannya.

Untuk harga paving block sendiri sangat bervariasi. Ada yang dijual dengan harga antara 90.000 hingga 120.000an per meter persegi. Dan ada juga yang dijual per 1 pcs paving block dengan harga 10.000 hingga 12.000 rupiah. Biasanya ini adalah jenis paving block berkualitas tinggi, sehingga harganya tergolong mahal.


Mungkin ada diantara Anda yang menanggapi: "Wah mahal juga ya harganya,,, kira-kira ada gak paving block yang harganya lebih murah lagi?"

Jawabannya: Ada! Bahkan harganya pake murah banget! Yaitu dengan cara bikin paving block sendiri secara mandiri (manual). Hehee 😁


Cara Membuat Paving Block Secara Mandiri, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Rohmat Official (Youtube).

 

Pasti 'harganya' akan sangat murah jika Anda membuat paving block sendiri. Karena Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk bahan bakunya. Sisanya hanya perlu modal tenaga dan kreativitas Anda. 

Kalau Anda ingin prosesnya lebih mudah, maka bisa mempekerjakan seorang tukang untuk membuat paving block manual tersebut. Tentu saja akan ada sedikit tambahan biaya lagi, yaitu untuk membayar jasa tukang itu.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengetahui cara membuat paving block secara manual?

Jika Anda punya cukup waktu luang, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya. Karena cukup banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dengan membuat paving block sendiri. Selain lebih menghemat biaya, juga ada semacam kepuasan tersendiri jika paving block yang ada dirumah Anda adalah hasil buatan sendiri. Orang-orang yang punya jiwa kreatif pasti paham akan hal ini. 😉

Well, kalau Anda tertarik untuk membuatnya, maka ada beberapa bahan baku yang harus Anda siapkan. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui tahapan dan cara membuat paving block. Tentu dalam hal ini sebatas untuk mengetahui ilmu dasarnya saja. Jadi kalaupun nanti hasilnya tidak sempurna, maka itu tidak jadi masalah. Namanya juga orang baru belajar dan mencoba. Toh hasilnya pun juga hanya untuk keperluan pribadi, bukan untuk dijual.

Bahan baku yang perlu di siapkan antara lain semen, pasir, dan air. Ada juga jenis paving block yang menggunakan kombinasi bahan semen, pasir, kerikil dan abu batu. Jadi terserah Anda mau memakai bahan baku yang mana. Yang jelas, kualitas paving block akan sangat bergantung dari bahan yang digunakan. Jika ingin kualitasnya bagus, tentu bahan dasarnya juga harus lebih lengkap.

Nah, untuk cara membuat paving block, terdiri atas beberapa tahapan. 

Yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Membuat Adukan Pertama

Cara membuat paving block pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat adukan yang terdiri dari beberapa bahan. Seperti semen yang dicampur dengan pasir dengan perbandingan 1 banding 3, 1 banding 4, 1 banding 5 atau 1 banding 6. Perbandingan bahan ini akan menentukan tingkat daya tekan terhadap paving block.

 

Cara Membuat Paving Block Secara Manual, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Aji Rubiyanto (Youtube).
 

Jika sudah dicampur dengan perbandingan yang telah dipilih kemudian tambahkan air secukupnya. Periksa adukan hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan dengan cara menggenggamnya. Rasakan adukan tersebut sampai terasa kuat.

2. Membuat Adukan Kedua

Apabila adukan pertama sudah selesai dibuat. Lanjutkan cara membuat paving block dengan membuat adukan yang kedua di tempat yang terpisah dari adukan yang pertama. Langkah yang perlu dilakukan tidak jauh berbeda dengan langkah yang dilakukan pada adukan yang pertama. Yaitu campurkan semen dengan pasir kemudian percikkan air sedikit saja hanya untuk membuat semen menjadi lengket dan bisa mengikat pasir.

 

Cara Membuat Paving Block Secara Mandiri, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Mining_FULL (Youtube).
 

Aduk adukan yang kedua ini sampai keadaannya benar-benar merata dan masih memiliki tekstur basah. Adapun kegunaan dari adukan yang kedua ini adalah sebagai pembungkus dari adukan yang pertama tadi supaya tidak lengket pada cetakan.

Info Menarik Lainnya : Berikut ini Jenis Paving Block yang Sesuai Standar SNI

3. Mulai Mencetak

Jika dirasa kedua adukan tadi sudah siap untuk diproses lebih jauh. Maka langkah selanjutnya adalah dengan menuangkan adukan kedua ke dalam cetakan paving block. baru setelah adukan yang kedua masuk, disusul dengan menuangkan adukan pertama di atas adukan yang kedua tadi.

 

Cara Membuat Paving Block Secara Mandiri, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Titik Hitam Cloth (Youtube).
 

Dalam proses inilah jika ingin menambahkan material lain pada paving block dapat dilakukan seperti misalnya abu batu. Caranya dengan meletakkan material tambahan di tengah-tengah antara adukan kedua dan adukan yang pertama. Pastikan semua sudah terpasang pada cetakan dengan benar. Lalu ambillah tongkat dan pukul paving block berkali-kali sampai padat.

4. Mengeluarkan Paving Block Dari Cetakan

Setelah dipukul sampai mendapatkan tingkat kepadatan dan kerataan yang sesuai dengan keinginan. Paving block sudah dapat dikeluarkan dari cetakan dan siap untuk dikeringkan pada tempat yang sudah disediakan. 

 

Cara Membuat Paving Block Secara Mandiri, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Indozone.id

Perlu diingat bahwa tempat pengeringan paving block sebaiknya diletakkan pada tempat yang teduh dan permukaan tanah yang rata.

Info Menarik Lainnya : 7 Ide Desain Lantai Garasi Batu Alam (Unik & Menarik)

5. Pengujian Terhadap Kualitas Paving Block

Jika semua proses cara membuat paving block sudah dilalui, itu tandanya paving block sudah jadi. 

 

Cara Membuat Paving Block Secara Mandiri, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Dendinuryadi.blogspot.com
 

Memang benar sudah jadi, akan tetapi bukan berarti proses sudah selesai. Masih tersisa satu proses lagi sampai paving block siap digunakan atau dipasarkan. Yaitu proses pengujian kualitas paving block untuk mengetahui kelayakannya.

Untuk mengetahui kualitas dari paving block dapat dilakukan dengan merubah posisi paving block beberapa kali. Dari tidur menjadi berdiri secara berulang kali. Tanda paving block yang memiliki kualitas bagus tidak akan mengalami perubahan bentuk maupun kerusakan saat berubah posisi tadi.

Demikian cara membuat paving block yang dapat dicoba sendiri di rumah. Mengenai cetakan paving block dapat dibeli di pasaran. Selamat mencoba ya! 😉

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Membuat Paving Block Secara Mandiri, Lihat Yuk!"