Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Kunci dan Rahasia Sukses Sistem Kerja J&T (Inspiratif)

Sistem kerja J&T - Sudah bukan rahasia lagi bahwa J&T merupakan salah satu perusahaan ekspedisi ternama di Indonesia bahkan di dunia. Meskipun tergolong baru di dunia ekspedisi, namun sistem kerja J&T tidak perlu diragukan lagi. Bahkan banyak pengguna yang lebih memilih menggunakan ekspedisi ini dibandingkan dengan yang lainnya.

Jadi, apa rahasianya hingga J&T bisa sukses dan dipercaya oleh masyarakat?
 

Jawabannya ada pada sistem kerja J&T itu sendiri.


Kunci dan Rahasia Sukses Sistem Kerja J&T (Inspiratif)
Ilustrasi. Foto by : J&T Express Indonesia

 

J&T memiliki sistem kerja yang transparan dan cepat. Jadi, dengan menggunakan ekspedisi ini, para user bisa mengetahui paketnya telah sampai dimana dan siapa yang menerimanya.

Sistem Kerja Pengiriman di J&T

Salah satu perbedaan utama J&T dengan ekspedisi lainnya adalah penggunaan sistem sentralisasi untuk pengirimannya. Jika ekspedisi lainnya menggunakan sistem franchise J&T menggunakan drop point sebagai penghubung antara pengiriman dan kurirnya. 

Untuk lebih paham mengenai proses pengiriman dengan J&T, berikut adalah penjelasannya mengenai sistem kerja J&T:

1. Pengiriman Paket ke Drop Point J&T

Seperti yang telah dijelaskan, drop point adalah penghubung antara pengirim dengan kurir yang akan mengirimkan paket ke penerima. Drop point biasanya terletak di setiap kecamatan, namun khusus untuk beberapa kota besar biasanya jumlahnya lebih dari satu. Contohnya, di Malang, drop point J&T ada di hampir seluruh kecamatannya, sehingga pengirimannya lebih cepat dan mudah.

Jadi, tahap pertama dalam sistem kerja J&T adalah pelanggan datang ke drop point untuk menaruh produknya. Sebelum menyerahkan ke pihak J&T, pastikan paket telah dibungkus dengan aman dan alamatnya sudah lengkap.

Namun, bagi yang tidak sempat untuk mengantarkan paket ke drop point bisa menggunakan layanan jemput paket. Jadi dengan layanan ini pihak J&T yang akan datang ke rumah atau lokasi untuk mengambil paket. Tidak ada batas minimal berat atau jumlah pengambilan. Layanan ini dapat diakses dari aplikasi J&T atau menelpon langsung ke J&T terdekat.

Setelah paket telah diterima oleh J&T, pihak ekspedisi akan membungkusnya kembali sesuai dengan standarnya. Perlu diketahui bahwa pengiriman makanan dan barang pecah belah harus menggunakan bungkusan khusus agar aman sampai di tujuan.

Terakhir, pelanggan akan mendapatkan kwitansi yang merupakan bukti bayar. Di dalam kwitansi tersebut terdapat juga nomor resi, yang nantinya dapat digunakan untuk melacak keberadaan paket. Nomor resi tersebut dapat langsung dicek setengah jam setelah melakukan pengiriman.

2. Pengiriman Dari Drop Point ke Kota Penerima

Selain memiliki drop point, J&T juga memiliki warehouse di beberapa kota besar di Indonesia. Fungsi dari warehouse ini adalah menerima paket dari berbagai drop point baik untuk pengiriman ke kota lain atau ke penerima.

Jadi, semua barang yang telah dikirimkan ke drop point akan dibawa ke Gudang dan disortir berdasarkan kota tujuan. Selanjutnya, barang-barang tersebut akan dikirimkan ke Gudang penyimpanan di lokasi tujuan.

Ada beberapa kota di Indonesia yang pengirimannya memang tidak bisa langsung sampai di kota tujuan karena harus transit terlebih dahulu. Namun proses ini tidak lama atau tidak lebih dari 1 hari.

3. Pengiriman dari Warehouse ke Drop Point Terdekat

Sama halnya sebelum dilakukan pengiriman ke kota tujuan, paket akan disortir terlebih dahulu di Gudang penyimpanan. Sortir dilakukan dengan mengelompokkan alamat, kecamatan dan kota agar lebih mudah dalam proses pengirimannya. Kemudian, paket akan dikirimkan ke drop point terdekat dengan alamat penerima.

4. Pengiriman Drop Point ke Alamat Tujuan

Setelah paket telah sampai di drop point, maka petugas J&T akan langsung mengarahkan kurir untuk mengirimkan paket tersebut ke alamat tujuan. Pada saat musim yang ramai, kurir dari J&T akan mengirimkan beberapa paket sekaligus untuk menghemat waktu. Namun, jika pada musim normal, kurir akan langsung mengirimkan paket ke alamat tujuan tanpa menundanya.

Salah satu kelebihan dari proses pengiriman dari J&T adalah jadwal pengirimannya yang panjang. Jadi, jam kerja Drop point J&T adalah 8 jam kerja dari jam 08.00- 17.00. Pada umumnya, drop point akan menghabiskan seluruh paket yang telah tiba hari itu, baik yang datang jam 08 pagi atau yang datang jam 16. Jadi, di akhir hari itu tidak ada paket tersisa lagi di drop point tersebut.

Saat barang telah tiba di alamat tujuan, petugas akan menanyakan mengenai penerimanya. Hal ini untuk menghindari kesalahan pengiriman atau penerimaan.

Info Menarik Lainnya : Keuntungan dan Cara Menjadi Agen J&T yang Perlu Diketahui

Tak Hanya Sistem Kerjanya, Komplain ke J&T pun Mudah

Bukan hanya soal sistem kerja J&T yang membuatnya unggul, sistem penerimaan keluhannya juga cukup aktif. Meskipun memiliki sistem kerjanya tergolong bagus, namun kesalahan dapat tetap terjadi dalam proses kerjanya.

Beberapa keluhan yang terjadi biasanya karena terjadi kesalahan alamat sehingga penerimanya salah. Atau bisa jadi alamat tidak lengkap sehingga paket tidak bisa dikirimkan ke penerima aslinya. 

Oleh karena itu, bagi yang pernah atau sedang mengalami masalah dengan pengiriman paket dapat mencoba cara-cara berikut:

1. Melakukan Pengecekan Resi

Sebelum melakukan komplain, ada baiknya melakukan pengecekan terhadap paket yang telah dikirim. Masukkan nomor resi pada website resmi J&T untuk mengetahui keberadaannya. Jika tidak terlacak, maka hubungilah customer service J&T.

2. Menghubungi Customer Service J&T

Setiap perusahaan pastinya memiliki layanan customer yang bertugas untuk menanggapi keluhan dari pelanggannya. Sama halnya dengan ekspedisi lain, J&T memiliki nomor telepon khusus untuk menanggapi keluhan para pelanggannya, yaitu di 021-80661888.

Untuk dapat menghubungi layanan ini, pastikan untuk memiliki pulsa yang cukup. Sebelum mengajukan laporan kehilangan, petugas J&T akan menanyakan terlebih dahulu beberapa informasi mengenai paket yang telah dikirim. Jadi siapkan data resi, nama & alamat pengirim, hingga nama dan alamat penerima.

Info Menarik Lainnya : Syarat Jadi Agen J&T dan Mulai Raup Banyak Keuntungan

3. Email ke J&T

Cara lain dalam mengajukan komplain adalah dengan mengirimkan email ke J&T. Ini merupakan alternatif lain bagi yang tidak ingin menghabiskan pulsanya untuk menelpon. Dalam email tersebut, pastikan untuk menuliskan nama pengirim, alamat pengirim, no resi dan nama-alamat penerima. Jika sudah lengkap, maka kirimkan email ke alamat email J&T.

Namun salah satu kekurangan dari sistem email adalah balasannya yang tidak secepat customer service. Batas pembalasan email adalah 1 hingga 2 x 24 jam. Namun untuk customer service, pelanggan akan langsung ditanggapi oleh petugas. Jadi, bagi yang menggunakan email, harap bersabar.

4. Datang Langsung ke Kantor J&T

Salah satu cara tercepat agar komplain ditanggapi adalah dengan datang langsung ke kantornya. Ketika datang, pastikan untuk mempersiapkan data seperti yang diatas untuk mempercepat prosesnya. Jangan lupa untuk membawa KTP juga untuk syarat pengajuan komplain.

Jadi, apapun cara komplain yang ingin dilakukan, pastikan untuk menyiapkan nomor resi. Karena ini adalah kunci untuk melacak keberadaan paket. Selain itu, siapkan juga nama pengirim-penerima beserta alamatnya.

Info Menarik Lainnya : Simak! Cara Komplain J&T Agar Cepat Direspon

Dengan sistem kerja J&T yang cukup bagus dan memuaskan, maka tidak heran jika layanan ekspedisinya semakin Berjaya. Bahkan saat ini J&T telah bekerja sama dengan berbagai pihak dan menunjukkan eksistensinya meskipun merupakan perusahaan baru.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Kunci dan Rahasia Sukses Sistem Kerja J&T (Inspiratif)"