Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Syarat Jadi Agen J&T dan Mulai Raup Banyak Keuntungan

Syarat jadi agen J&T - Di tengah maraknya bisnis ekspedisi yang kian menjamur, J&T masih tetap kokoh sebagai jasa ekspedisi teratas. Akibat tingginya permintaan terhadap jasa pengiriman, agen J&T pun menjadi hal yang menggiurkan.

Tentunya ada syarat jadi agen J&T yang harus dipenuhi peminat sebelum bergabung dalam bagian tim ekspedisi ini. 

Dalam bisnis jasa ekspedisi, agen merupakan bagian penting yang tidak bisa diacuhkan. Agen berperan sebagai perpanjangan tangan dari perusahaan ekspedisi sehingga pengiriman barang bisa berlangsung lancar. Dengan keberadaan agen di berbagai daerah, perusahaan ekspedisi bisa semakin menggaungkan namanya.

Sebagai salah satu penyedia jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia, J&T sendiri telah memiliki puluhan bahkan ratusan agen. Meskipun demikian, masih ada kesempatan untuk bekerja sama dengan J&T sebagai agen. Namun, untuk bisa bergabung bersama penyedia jasa ekspedisi ini, ada beberapa syarat jadi agen J&T yang harus dipenuhi.

Keuntungan Jadi Agen J&T


Syarat Jadi Agen J&T dan Mulai Raup Banyak Keuntungan
Ilustrasi. Foto by : J&T Express


Seperti yang diketahui, J&T merupakan salah satu jasa ekspedisi yang paling banyak digunakan konsumen. Oleh karena itu, menjadi agen J&T merupakan peluang bisnis yang menguntungkan. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi agen jasa ekspedisi ini. 

Yang pertama yakni mendapat tambahan penghasilan. Dengan menjadi agen, setiap ada konsumen yang mengirim barang, maka agen akan mendapatkan komisi. Jumlahnya pun tidak sedikit. Bisa dikatakan bahwa agen J&T menjanjikan tambahan pendapatan yang cukup menggiurkan.

Selain itu agen J&T juga tidak perlu lagi repot-repot mempromosikan jasa ekspedisinya. Hal ini dikarenakan J&T telah memiliki nama dan telah dikenal dengan baik di kalangan konsumen. Akibatnya, konsumen akan tetap berdatangan tanpa agen perlu melakukan apa pun.

Tidak hanya itu, jasa ekspedisi J&T telah dikenal luas sehingga ekspedisi tersebut telah memiliki reputasi yang baik di mata konsumen. Sehingga, ketika menjadi agen J&T kepercayaan konsumen secara otomatis bisa didapatkan. Kepercayaan konsumen ini bisa berdampak pada jumlah paket yang dikirimkan.

Syarat Jadi Agen J&T

Pada dasarnya, J&T tidak membuka lowongan secara terbuka. Hanya saja jika dirasa perlu membuka agen di suatu daerah, maka J&T akan mengumumkannya.

Meskipun semua orang bisa mendaftar menjadi agen, tidak semuanya bisa menjadi agen. Hal ini dikarenakan ada beberapa syarat jadi agen J&T yang harus dipenuhi.

1. Memiliki Tempat 

Syarat jadi agen J&T yang pertama adalah memiliki tempat. Saat menjadi agen tentu akan ada banyak barang yang dikirim dan ditampung. Tanpa memiliki tempat, bisnis agen tidak bisa berjalan.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjadi agen J&T, pastikan terlebih dahulu tempat yang akan dipakai sebagai kantor agen. Agar mudah dijangkau, pilih tempat yang strategis dan dekat dengan jalan raya. Dengan begitu, bisnis agen bisa berjalan lancar.

2. Memiliki Komputer dengan Printer

Ketika menjadi agen, ada banyak hal yang harus dilakukan dan semuanya berhubungan dengan komputer. Ketika akan mendata barang konsumen, komputer sangat dibutuhkan, begitu juga dengan printer. Bisa dikatakan tanpa kedua barang tersebut, agen tidak bisa melakukan pekerjaannya dengan baik dan benar.

Oleh karena itu, sebelum menjadi agen, komputer adalah hal yang harus dimiliki terlebih dahulu. Begitu juga dengan printer. Keduanya merupakan item yang wajib dimiliki oleh calon agen.

Info Menarik Lainnya : Keuntungan dan Cara Menjadi Agen J&T yang Perlu Diketahui

3. Memiliki Timbangan Digital

Seorang agen tidak lepas dari proses timbang menimbang. Hal ini dikarenakan setiap ada konsumen yang akan mengirimkan barang, maka barang tersebut perlu ditimbang untuk menentukan harga pengiriman. Maka dari itu, calon agen setidaknya harus mempersiapkan timbangan terlebih dahulu sebelum memutuskan menjadi agen.

Timbangan yang diperlukan biasanya berupa timbangan digital dengan kapasitas maksimal 30 kilogram. Namun, untuk timbangan, pada umumnya akan diberikan oleh J&T, sehingga agen tidak wajib memilikinya. Meski demikian, alangkah lebih baik jika agen telah memiliki timbangan sebelumnya sehingga proses pembukaan agen bisa berlangsung lancar.

4. Memiliki Kartu Identitas (KTP dan KK) 

Untuk menjadi seorang agen, pihak J&T perlu mengetahui identitas dan latar belakang calon agen. Oleh karena itu pihak J&T membutuhkan kartu identitas seperti KK dan KTP calon agen. Selain itu kartu identitas juga bisa digunakan untuk meyakinkan pihak J&T bahwa calon agen bukanlah orang yang mencurigakan.

Info Menarik Lainnya : Simak! Cara Komplain J&T Agar Cepat Direspon

5. Memiliki NPWP

Salah satu syarat agar bisa membuka sebuah badan usaha adalah kepemilikan terhadap NPWP. Hal ini tidak terkecuali untuk menjadi seorang agen. NPWP merupakan syarat jadi agen J&T yang lain.

Dengan memiliki NPWP, maka agen nantinya bisa membuat SIUP. Tidak hanya itu, NPWP juga digunakan untuk membayar pajak.

6. Memiliki Minimal Dua Karyawan

Agar bisnis pengiriman sebagai agen J&T berlangsung lancar, pekerjaan tidak bisa dilakukan sendiri. Calon agen setidaknya harus memiliki dua karyawan. Dengan begitu, pekerjaan yang ada bisa dibagi kepada para karyawan yang membantu meringankan beban agen. Selain itu, hadirnya karyawan bisa membuat semua pekerjaan cepat selesai dan meningkatkan kepuasaan konsumen.

7. Memiliki Infrastruktur yang Memadai

Memiliki tempat sebagai kantor agen kini tidak lagi cukup. Akses menuju kantor juga perlu dipertimbangkan. Pastikan bahwa kantor agen berada di tempat yang mudah dijangkau mobil. Tidak hanya itu, sebaiknya calon agen juga telah memiliki kursi dan meja untuk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Pastikan juga bahwa tempat yang digunakan untuk kantor memiliki tempat parkir yang luas. Agar lebih lengkap jangan lupa siapkan spanduk untuk J&T.

Info Menarik Lainnya : 6 Peluang Kemitraan Jasa Ekspedisi, Sudahkah Anda Bergabung?

Cara Menjadi Agen

Apabila semua syarat telah terpenuhi, maka calon agen bisa dikatakan layak dan bisa bergabung menjadi agen J&T. Nah, sebelum resmi menjadi agen, ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh calon agen, diantaranya:

  • Memilih paket keagenan dan membayarkan sejumlah uang yang berfungsi sebagai modal.
  • Menghubungi pihak J&T di tingkat Provinsi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah daerah yang diajukan memang benar membutuhkan agen J&T.
  • Memenuhi semua persyaratan menjadi agen baik dari sisi administratif, sumber daya manusia, maupun infrastruktur yang mendukung keberjalanan agen.
  • Setelah syarat agen terpenuhi, calon Agen bisa mendatangi kantor cabang J&T Express. Untuk bisa membuka keagenan,hubungi pihak pengelola yang mengurusi bagian keagenan. Turuti semua prosedur yang berlaku dan yang telah ditetapkan pihak J&T.
  • Apabila pihak J&T memutuskan bahwa calon agen layak menjadi agen, maka agen akan diberi pelatihan terlebih dahulu. Pelatihan ini dibuat oleh pihak J&T dan khusus ditujukan oleh calon agen yang lolos penilaian. 

Menjadi agen dan bisa bekerja sama dengan J&T membuka banyak peluang bisnis. Namun, untuk bisa membuka sebuah keagenan tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada beberapa syarat jadi agen J&T dan semuanya harus dipenuhi. Dengan begitu proses pembukaan agen bisa berjalan lancar. 

Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "Syarat Jadi Agen J&T dan Mulai Raup Banyak Keuntungan"