Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

6 Peluang Kemitraan Jasa Ekspedisi, Sudahkah Anda Bergabung?

Bisnis jasa ekspedisi mengalami perkembangan yang pesat seiring berkembangnya bisnis e-commerce. Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi turut berperan dalam perkembangan bisnis pengiriman barang ini. Hal ini membuat banyak orang yang tergiur membuka usaha di bidang ekspedisi.

Besarnya kebutuhan akan pengiriman barang sebanding dengan besarnya kebutuhan logistik masyarakat. Logistik disini bisa berupa bahan pangan, bahan baku produksi, serta barang-barang jadi hasil produksi. Artikel kali ini akan membahas serba-serbi jasa ekspedisi, peluang usaha, dan analisa usahanya.



Apa Sebenarnya Jasa Ekspedisi Itu?

Jasa ekspedisi bisa diartikan sebagai bisnis di bidang jasa pengiriman barang yang tarifnya didasarkan pada jarak dan berat. Umumnya, semakin jauh dan semakin berat maka semakin mahal tarifnya. Namun, seiring perkembangannya, tarif ini semakin murah dan terjangkau.

Jasa ekspedisi sering disamakan dengan cargo. Padahal keduanya merupakan dua kata yang berbeda. Kargo adalah muatan barang. Kargo biasanya diangkut dengan kapal laut, kendaraan darat, dan juga pesawat udara. Jadi, kargo adalah muatannya sedangkan jasa ekspedisi adalah penyedia layanan pengirimannya.

Bisnis ini biasanya dikelola oleh perorangan secara pribadi atau juga dengan cara waralaba. Pertumbuhannya yang pesat sempat menjadi pesaing berat Pos Indonesia. Pasalnya, jasa pengiriman ini bisa menjangkau daerah-daerah di seluruh Indonesia dan regulasi yang mereka terapkan lebih sederhana. Selain itu, ekspedisi biasanya menjanjikan pengiriman yang cepat.


6 Peluang Kemitraan Jasa Ekspedisi, Sudahkah Anda Bergabung?
Ilustrasi salah satu jasa ekspedisi.

Peluang Usaha Jasa Ekspedisi

Pertumbuhan bisnis e-commerce di Indonesia yang sangat pesat memberikan pengaruh positif pada bisnis jasa pengiriman. Budaya belanja online sudah mengakar dan terus membukukan peningkatan transaksi. Hal ini menjadi penanda bahwa ekonomi digital sangat ditopang oleh bisnis-bisnis yang berbasis teknologi.

Maka, peluang bisnis jasa ekspedisi sangat cerah, apalagi untuk beberapa tahun kedepan. Banjirnya orderan pada momen-momen tertentu seperti Harbolnas, festival belanja online, dan event-event lainnya membuat kebutuhan akan jasa pengiriman juga meningkat.

Pemain-pemain baru di bisnis ini saja sudah bisa membukukan laba hingga milyaran rupiah. Contohnya SiCepat Ekspress yang terhitung sebagai pemain baru, sudah bisa mencatat pertumbuhan sebesar 138% di tahun 2019 lalu. Pada saat Harbolnas saja, pengiriman bisa mencapai 1 juta paket per harinya.

Dalam empat tahun terakhir, pertumbuhan bisnis ini sangat positif. Hal ini seiring dengan perkembangan e-commerce mencapai 500%. Maka, bisnis jasa pengiriman diperkirakan bisa tumbuh sampai 30% pada akhir tahun 2020. Bahkan, pandemi virus corona tidak melambatkan laju pertumbuhan bisnis ini.

Tentu saja bisnis ini sangat berpotensi untuk digeluti. Pasalnya, industri e-commerce akan terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi digital. Namun, persaingan di bisnis ini juga diprediksi semakin ketat. Bahkan, startup baru di bidang jasa pengiriman ini terus bermunculan.

Tantangan lain datang dari masalah waktu pengiriman. Semua pelanggan umumnya ingin pengiriman yang tepat waktu sesuai layanan yang dipilih. Namun, dalam perjalanannya tidak semua pengiriman lancar karena hambatan-hambatan yang terjadi. Inilah yang harus disiasati oleh para pemain di bisnis ini, agar konsumen tidak kecewa.

Kemitraan Usaha Jasa Ekspedisi Untuk Pemula

Ingin ikut meramaikan dunia usaha bidang pengiriman? Maka tidak ada salahnya menjajal dulu bisnis ekspedisi dengan sistem kemitraan atau waralaba. Saat ini, banyak perusahaan penyedia jasa pengiriman yang membuka program kemitraan.

Prospek bisnis kemitraan di bidang ekspedisi ini sangat besar. Seperti telah disinggung di atas bahwa kebutuhan akan jasa pengiriman semakin besar. Pemilik online shop, pedagang di e-commerce dan juga masyarakat pada umumnya sangat bergantung pada jasa pengiriman.

Kemitraan di usaha ekspedisi ini bisa dijalankan oleh semua orang. Tentu saja ini merupakan sebuah keuntungan tersendiri. Untuk bisa bergabung, umumnya investasi yang harus dilakukan adalah untuk sewa lahan, pengadaan mobil dan motor, serta alat-alat kantor seperti komputer dan juga dekorasi toko.

Kemitraan Terbaik di Bidang Jasa Ekspedisi

Dengan banyaknya pemain baru di bidang pengiriman barang ini, maka peluang bisnis semakin terbuka lebar. Banyak dari perusahaan pengiriman barang ini yang membuka program kemitraan. Berikut ini beberapa kemitraan terbaik untuk jasa pengiriman:

1. JET Express

6 Peluang Kemitraan Jasa Ekspedisi, Sudahkah Anda Bergabung?

Perusahaan JET Express memberikan dua pilihan program kemitraan. Pertama, paket Market Entry Package seharga Rp. 5.000.000. Kedua, paket seharga Rp. 15.000.000 atau yang disebut dengan Complete Package. JET Express menawarkan benefit kepada mitra yaitu dari total sales selama seminggu, mitra akan mendapatkan 20%.
Baca juga : Keuntungan dan Cara Menjadi Agen J&T yang Perlu Diketahui

2. JNE

6 Peluang Kemitraan Jasa Ekspedisi, Sudahkah Anda Bergabung?


JNE merupakan pemain lama di bisnis ini dan telah memiliki banyak mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk bisa bergabung menjadi mitra JNE, maka calon mitra harus memenuhi beberapa persyaratan. Persyaratan ini tergantung dari bentuk badan usaha, apakah itu perorangan, koperasi, yayasan, dan juga badan usaha berbadan hukum. Pelajari cara selengkapnya Disini

Syarat bergabung dengan JNE terbilang lebih sulit dibandingkan ekspedisi lain karena kualitas JNE yang tidak diragukan lagi. Bahkan, JNE merupakan pemain besar dalam hal menangani kegiatan kepabeanan. Maka, JNE perlu juga mengevaluasi kualitas calon mitra mereka.

3. SiCepat

6 Peluang Kemitraan Jasa Ekspedisi, Sudahkah Anda Bergabung?

Terhitung sebagai pemain baru, prospek kemitraan SiCepat cukup baik. Hal ini terbukti dengan terus munculnya cabang dan perwakilan SiCepat di seluruh Indonesia. Kualitas pengiriman dari SiCepat juga membuat mitra merasa nyaman dan aman untuk bergabung. 

SiCepat adalah salah satu perusahaan ekspedisi yang banyak dipilih orang yang tertarik dengan bisnis ini. Syarat bergabungnya cukup mudah dan keuntungan yang didapat dari kemitraan ini cukup besar. Pasalnya, SiCepat sudah menjadi rekanan hampir di semua e-commerce yang ada di Indonesia.

4. TIKI

6 Peluang Kemitraan Jasa Ekspedisi, Sudahkah Anda Bergabung?


Agen ekspedisi TIKI sudah ada di Indonesia sejak 1970 dan masih berjalan sampai sekarang. TIKI dulu adalah satu kesatuan dengan JNE. Namun seiring perkembangannya, TIKI memutuskan untuk berjalan sendiri dan terbukti tetap sukses. Semua e-commerce dan online shop pasti mencantumkan TIKI sebagai pilihan pengiriman.

Syarat bergabung dengan TIKI juga hampir mirip dengan JNE, dimana ada persyaratan administratif yang harus dipenuhi. Selain itu, mitra juga tidak boleh terikat dengan perusahaan ekspedisi lain jika ingin bergabung dengan TIKI. Pelajari cara selengkapnya Disini

5. Wahana Logistik

6 Peluang Kemitraan Jasa Ekspedisi, Sudahkah Anda Bergabung?


Wahana Logistik yang merupakan penyedia jasa pengiriman barang hingga ke luar negeri ini telah beroperasi sejak 1998. Ekspedisi Wahana Logistik bisa dijadikan pilihan ketika ingin membuka usaha kemitraan di bidang ekspedisi. Pasalnya, jangkauan pengiriman dari Wahana Logistik sangat luas bahkan melayani pengiriman untuk kebutuhan ekspor. Pelajari cara selengkapnya Disini

6. Lion Parcel

6 Peluang Kemitraan Jasa Ekspedisi, Sudahkah Anda Bergabung?


Lion Parcel adalah perusahaan ekspedisi yang dikelola oleh Lion Air Group. Pengiriman barang dari Lion Parcel juga sangat bersaing dengan perusahaan ekspedisi lain. Program kemitraan yang dijalankan oleh Lion Parcel juga menguntungkan mitra. Pasalnya, layanan yang dimiliki Lion Parcel sangat baik dan pembagian hasil untuk mitra juga memuaskan.
Baca juga : Pola Kemitraan dan Cara Menjadi Agen Pos Indonesia
Bisnis jasa ekspedisi akan terus berkembang dan tumbuh seiring dengan pertumbuhan bisnis e-commerce. Peningkatan pelayanan seperti kemudahan tracking barang, ketepatan waktu pengiriman, serta kualitas barang saat diterima pembeli menjadi kunci sukses usaha ini.

Demikian info tentang 6 peluang kemitraan jasa ekspedisi. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Penulis by : Bang izal.

2 comments for "6 Peluang Kemitraan Jasa Ekspedisi, Sudahkah Anda Bergabung? "

  1. Besar ya modalnya bang? kena berapa harus disiapkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap masing-masing jasa ekspedisi punya ketetapan biaya modal kerjasama yang berbeda-beda. Kan dalam artikel diatas sudah saya cantumkan link untuk melihat biaya modal kemitraan dan persyaratannya secara lebih detail mbak,,,, silahkan klik bagian "Lihat selengkapnya Disini"

      Delete

Post a Comment