Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Pola Kemitraan dan Cara Menjadi Agen Pos Indonesia

Hingga saat ini PT Pos Indonesia terus melakukan inovasi agar terus maju dan berkembang. Salah satu caranya yaitu dengan mengeluarkan berbagai macam pola kemitraan Agenpos. Pasalnya, kini banyak orang yang tertarik untuk menjadi agenpos untuk bisnis mereka. Selain itu, mereka pun mulai mencari tahu bagaimana cara menjadi agen Pos Indonesia.

Agen pos yaitu suatu konsep kemitraan antara PT Pos Indonesia dengan badan usaha maupun perorangan. Kemitraan ini juga berguna untuk meningkatkan omzet dari PT Pos Indonesia dan hingga sekarang, perusahaan plat merah ini sudah mengeluarkan 4 pola kemitraan.


Pola Kemitraan dan Cara Menjadi Agen Pos Indonesia
Foto ilustrasi beberapa pola kemitraan agen Pos Indonesia.





Nah, bagaimanakah cara menjadi agen pos Indonesia?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, yuk kita ulas terlebih dahulu tentang PT Pos Indonesia.

Cekidot!

Sekilas Mengenai PT Pos Indonesia


Pos Indonesia merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yan bergerak di bidang jasa transaksi keuangan, logistic, juga kurir. Menurut sejarah, Pos Indonesia merupakan BUMN tertua yang pada zaman dahulu digunakan untuk memudahkan dalam pengiriman surat dan kegiatan berdagang. Masa-masa keemasan PT Pos Indonesia berada pada tahun 1970 sampai dengan 1980-an.

Namun, pesatnya penggunaan teknologi informasi dan juga telekomunikasi membuat PT Pos Indonesia juga mengalami pergeseran bisnis. PT Pos Indonesia tidak hanya berfokus pada jasa keuangan, paket, dan surat. Melainkan, memaksimalkan sumber bisnis baru, seperti asuransi, property, dan juga logistik.

Kini jumlah kantor Pos lebih dari 4.000 dan menyebar di lebih dari 24.000 titik layanan. Selain itu, kantor pos telah mencakup 100% kota dan juga kabupaten di Indonesia. Kantor Pos juga menjangkau hampir seluruh kecamatan di wilayah Indonesia.

Namun, tidak sampai disitu karena PT Pos Indonesia juga sedang memperkuat dan juga mengembangkan jaringannya. Salah satu caranya yaitu dengan cara mengembangkan jaringan Agenpos di seluruh Indonesia. Pengembangan jaringan Agenpos juga berguna untuk meningkatkan pendapatan omzet perusahaan ke depannya.

Cara mengembangkan jaringan Agenpos di seluruh Indonesia yaitu melalui empat pola kemitraan Agenpos. Apabila ingin menjadi salah satunya, maka Anda harus tahu 4 pola kemitraan Agenpos dan cara menjadi Agen pos Indonesia.

Info Menarik Lainnya : Cara Jadi Agen JNE ( FYI: Ini Peluang Bisnis Yang Bagus)

4 Pola Kemitraan Agenpos dan Caranya


PT Pos Indonesia senantiasa mengembangkan dan juga memperkuat jaringannya di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu caranya yaitu membuat 4 pola kemitraan Agenpos. Jadi, bagi yang ingin menjadi Agenpos, bisa menyimak artikel ini. Pasalnya, di bawah ini akan dibahas mengenai 4 pola kemitraan dan juga cara menjadi agen pos Indonesia:

Pola Kemitraan Agenpos Outlet


PT Pos Indonesia membuat pola kemitraan agenpos yang pertama, yaitu kemitraan dengan pola agenpos outlet. Agenpos outlet adalah agen yang memiliki outlet yang sama dengan kantor pos Indonesia. Selain itu, produk yang dijual juga sama seperti yang dimiliki oleh kantor pos Indonesia.

Terhitung hingga tahun 2019, agen pos outlet sudah mencapai lebih dari 1.660 di seluruh wilayah Indonesia. Jika ingin menjadi salah satunya, bisa mendaftarkan diri mengikuti pola kemitraan agenpos outlet. Namun, hingga saat ini, pola kemitraan agenpos outlet belum secara terbuka dibuka untuk umum.

Jadi, apabila ingin tahu cara menjadi agen pos Indonesia menggunakan pola kemitraan agenpos outlet, disarankan menghubungi kantor pos di wilayah masing-masing. Saat ini, kantor pos telah tersebar di seluruh pelosok tanah air sehingga mudah jika ingin dihubungi untuk menjadi mitra agen pos outlet.
Info Menarik Lainnya : Cara Menjadi Agen TIKI (Yang Minat Bisnis Ekspedisi Merapat)

Pola Kemitraan Agenpos B2B


Pola kemitraan yang kedua yaitu pola kemitraan agenpos business to business (B2B). Kemitraan ini dilakukan antara mitra potensial dan Pos Indonesia sehingga memiliki jaringan outlet yang akan dijadikan sebagai Agenpos. Namun, persyaratan utamanya yaitu telah memiliki minimal 100 agen yang kemudian insfrastrukturnya akan dikembangkan dengan pola host to host oleh mitra.

Mitra akan mengembangkan sistem tersebut untuk para outlet yang berada di bawahnya, namun tentunya sudah disesuaikan dengan standar dari PT Pos Indonesia. Dengan demikian, sistem tersebut tentunya sudah teruji oleh PT Pos Indonesia.

Pola kemitraan agenpos B2B memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • Efektif
  • Efisien
  • Hemat waktu
  • Keuntungannya besar karena tanpa biaya adminsitrasi, surat menyurat transaksi, maupun riset harga pasar
  • Memberi keleluasaan pada mitra untuk mengembangkan layanan karir melalui outlet mitra
  • Kerahasiaan terjamin dan aman karena menggunakan sistem dengan tingkat keamanan yang tinggi
  • Transaksi yang transparan

Kemudian, cara menjadi agen pos Indonesia melalui pola kemitraan agenpos B2B, yaitu tentunya memenuhi segala persyaratannya. Persyaratan yang pertama yaitu memiliki sistem aplikasi dengan pola host to host yang terhubung langsung dengan sistem Pos. Kemudian, pastikan telah memiliki minimal 100 outlet dan memiliki pasar yang potensial.

Terakhir, mitra bersedia menyediakan uang jaminan pada rekening yang telah ditentukan oleh Pos Indonesia. Cara menjadi agen pos Indonesia melalui pola kemitraan agenpos B2B harus melalui proses registrasi agen baru. Proses yang pertama yaitu mitra pada pola ini harus mengajukan pendirian agen baru pada divisi Agenpos.

Selanjutnya, divisi agen pos akan melakukan verifikasi dan melakukan survey lokasi dengan UPT. Divisi agen pos akan menetapkan kode agen dan menyerahkannya pada mitra B2B. Kemudian, referensi kode agen akan ditambahkan dan diaktifkan oleh mitra B2B.
Info Menarik Lainnya : Cara Menjadi Agen Wahana Dan Keuntungan Sebagai Mitranya

Pola Kemitraan M-Agenpos


Ketiga yaitu pola kemitraan M-Agenpos yang beroperasi menggunakan smartphone sebagai pengembangan dari Agenpos Mobile. Dengan begitu, seluruh layanan pelanggan dapat dilakukan melalui aplikasi M-Agenpos atau Agenpos Mobile. Aplikasi ini memungkinkan mitra untuk melakukan beragam layanan payment.

Layanan payment tersebut terdiri dari pembayaran PLN, telekomunikasi, PBB, angsuran, finance, premi asuransi, PDAM, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, M-Agenpos juga bisa melayani layanan wesel instan bayar dan juga layanan kurir. Dengan begitu, masyarakat pengguna layanan pos tidak perlu datang langsung ke outlet kantor pos.

Mereka hanya menggunakan layanan M-Agenpos yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Hingga kini, M-Agenpos sudah mencapai 6.416 dan akan ditarketkan meningkat menjadi 10.000 M-Agenpos pada tahun 2020.

Sama seperti pola kemitraan outlet, cara menjadi agen pos Indonesia menggunakan pola M-Agenpos tidak dijelaskan secara eksplisit. Jika tertarik untuk menjadi mitra M-Agenpos, bisa menghubungi Kantor Pos pemeriksa di wilayah masing-masing, Segala persyaratan dan juga detail dari pola kemitraan M-Agenpos akan dijelaskan secara langsung.
Info Menarik Lainnya : Keuntungan dan Cara Menjadi Agen J&T yang Perlu Diketahui

Pola Kemitraan Optimalisasi Outlet


PT Pos Indonesia juga membuka pola kemitraan optimalisasi outlet. Pola kemitraan ini hanya bisa berlaku bagi Agenpost outlet yang sudah terikat yang kemudian bisa mengelola kantor pos cabang. Namun, persyaratannya yaitu Agenpos outlet tersebut kinerjanya dapat ditingkatkan menjadi 100%.

Hingga saat ini, pola kemitraan optimalisasi outlet sudah mencapai 178, dengan rincian 57 perpanjangan layanan dan 121 untuk take over. PT Pos Indonesia menargetkan pada tahun 2020, pola kemitraan ini mencapai 1.000 optimalisasi outlet.

Cara menjadi agen pos Indonesia melalui pola kemitraan optimalisasi outlet sama seperti lainnya. Jika ingin menjadi mitra menggunakan pola kemitraan optimalisasi outlet, bisa menghubungi kantor pos pemeriksa di wilayah masing-masing. Siapapun bisa menjadi Agenpos dengan imbal jasa yang menarik.

Cara menjadi agen pos Indonesia sangatlah beragam karena cara tersebut akan berhubungan dengan pola kemitraan apa yang akan dipilih. Hingga saat ini PT Pos Indonesia belum secara terbuka membuka kemitraan untuk umum. Oleh karena itu, jika tertarik untuk mengikuti salah satu pola kemitraan, disarankan untuk menghubungi kantor pos di wilayah masing-masing.

Demikianlah artikel tentang cara menjadi agen Pos Indonesia. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Pola Kemitraan dan Cara Menjadi Agen Pos Indonesia "