Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Menjadi Agen TIKI (Yang Minat Bisnis Ekspedisi Merapat)

Bisnis ekspedisi kini kian dilirik oleh beberapa orang sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Bentuk bisnis ini berkembang menjadi sistem franchise, artinya setiap orang berhak menjalankan bisnis serupa dengan merek dagang dari suatu perusahaan. Salah satu perusahan jasa antar barang yang profesional di Indonesia adalah TIKI. Cara menjadi agen TIKI yang mudah serta keuntungan yang menggiurkan membuat perusahaan ini semakin populer dalam di dunia pengiriman barang di Indonesia.

Keuntungan sistem bisnis yang dikembangkan oleh TIKI tidak hanya dirasakan oleh perusahaan tersebut dan pemilik hak usahanya saja. Bagi konsumen, keberadaan TIKI yang semakin banyak di beberapa tempat memudahkan untuk pengiriman barang hingga ke daerah yang dulunya sulit terjangkau. Akses perdagangan sudah semakin terbuka lebar melalui platform marketplace, sehingga bisnis ekspedisi kini menjadi makin potensial.

Cara Menjadi Agen TIKI (Yang Minat Bisnis Ekspedisi Merapat)
Ilustrasi Salah Satu Agen TIKI.



Bagi Anda yang tertarik, yuk simak tuntas artikel tentang cara menjadi agen TIKI ini.

Cekidot!

Berbisnis dengan TIKI


TIKI termasuk perusahaan yang sudah lama berdiri di Indonesia. Sejak pertama kali dibangun, TIKI memang mengkhususkan layanannya di bidang logistik antar barang, baik internasional maupun domestik. Seiring dengan perkembangan dunia bisnis online, maka TIKI pun ikut berkembang. Jumlah barang yang dikirimkan serta traffic meningkat dari tahun ke tahun.

Sebenarnya faktor lain dari perkembangan TIKI yang pesat adalah karena fleksibilitasnya dalam memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menjalankan bisnis serupa dengan brand mereka. Cara menjadi agen TIKI yang mudah membuat banyak orang tertarik menekuni bisnis ekspedisi. Kini gerainya sudah tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Selain telah memiliki reputasi dan rekam jejak profesional, salah satu alasan TIKI adalah partner bisnis yang tepat karena jaringan distribusinya kuat. 


Sebagai perusahaan yang menyediakan jasa logistik, TIKI melayani distribusi ke daerah-daerah pelosok. Gerai-gerai tidak hanya tersebar di beberapa daerah, tetapi juga kantor perwakilan dari pusat. Seluruh kode pos di Indonesia terjangkau oleh TIKI.

Terakhir, sistem franchise yang transparan. TIKI memiliki dua jenis bisnis, yaitu sebagai gerai dan booth. Ada besaran komisi yang dibagikan berdasarkan omset harian serta tambahan bonus jika melebihi target yang diberikan. Komisi ini sekitar 21% dari omset harian, sedangkan bonus bisa mencapai 6% dari akumulasi omset per bulan. Keuntungan lainnya adalah pembinaan secara berkala dari pihak TIKI, baik program edukasi maupun update produk dan layanan.

Info Menarik Lainnya : Cara Jadi Agen JNE ( FYI: Ini Peluang Bisnis Yang Bagus)

Cara Menjadi Agen TIKI Untuk Memulai Bisnis


Komitmen TIKI untuk bergerak di bidang bisnis logistik benar-benar dibuktikan dengan nyata. Visi dan misi mereka selaras dengan perubahan tren yang kini mengarah ke digital. Maka, dengan memberikan kesempatan bermitra dengan masyarakat, TIKI memfasilitasi gaya hidup orang-orang yang kini bergeser. Apabila ingin menjadi bagian dari transformasi bisnis ini, berikut adalah cara menjadi agen TIKI yang harus diikuti:

Memenuhi Syarat Administrasi


Jika ingin menjadi agen TIKI, maka harus mengajukan permohonan ke kantor TIKI. Jangan lupa persiapkan dokumen-dokumen seperti:

- Fotokopi KTP
- Fotokopi akta perusahaan (minimal badan usaha sudah berbentuk CV) serta surat izin domisili usaha
- Fotokopi NPWP perusahaan dan SIUP
- Pas foto pemohon ukuran 3x4 dan 4x6, masing-masing 3 lembar dengan latar belakang merah
- Foto dan denah lokasi yang akan menjadi gerai TIKI secara indoor dan outdoor
- Surat pernyataan bahwa tidak sedang bekerja sama dengan perusahaan lain yang bergerak di jasa serupa, kemudian ditandatangani di atas materai senilai Rp 6.000

Memenuhi Biaya-Biaya


Saat akan bergabung menjadi agen TIKI, pemohon harus menyediakan dana sebesar Rp 10 juta sebagai safety deposit. Namun tenang saja, dana ini akan dikembalikan jika sudah tidak bekerjasama lagi. Kemudian dana lain yang diperlukan adalah sebesar Rp 3 juta untuk izin pendirian dan logistik, seperti plastik, stiker-stiker, poster, dan lainnya. Serta, materai Rp 6.000 untuk dipakai dalam Surat Perjanjian Kerjasama Keagenan (SPK).

Memenuhi Syarat Lokasi


Lokasi yang strategis sudah pasti menjadi syarat yang harus dipenuhi. Tidak harus di tengah keramaian, tapi paling tidak bisa diakses oleh kendaraan roda empat serta berada di pinggir jalan (tidak masuk gang). Luas ruang pelayanan minimal 9 meter persegi (3x3 M) dengan lahan parkir cukup untuk satu hingga dua mobil. Bangunan pun harus permanen dan tembok plester.

Secara tampilan mandatorinya wajib tampak muka dengan kaca (glasses) dan dicat sesuai brand TIKI. Adapun untuk bagian dalam desain interior berstandar TIKI juga, tersedia AC, dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti HP, mesin fax, alat tulis kantor, timbangan digital dan kasar dengan kapasitas tertentu, serta telepon dengan fix line.

Info Menarik Lainnya : Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses (Super Lengkap)

Memiliki Pegawai yang Memenuhi Standar


Kemudahan cara menjadi agen TIKI pun dapat dirasakan oleh calon pekerja di mitranya. Pegawai yang bekerja di kantor agen cukup lulusan SMA atau sederajat dan bersedia mengikuti training di kantor TIKI pusat. Setelah lulus, mereka bersedia mengantar barang sesuai alamat tujuan yang biasanya ditujukan dekat ke gerai baru. Adapun waktu kerjanya Senin – Sabtu, sedangkan hari Minggu dan hari perayaan lainnya libur (tutup).

Memenuhi Persyaratan Operasional


Selain syarat administrasi, lokasi bangunan, dan SDM, ada pula syarat pendukung operasional. Ini berkaitan dengan perangkat yang dipakai selama bekerja. Alat-alat yang harus disediakan adalah seperangkat komputer lengkap dengan printer-nya, USB/flashdisk dengan kapasitas minimal 4GB, model atau jaringan internet, serta EDC dengan partner Bank Mandiri / BNI / BRI / BCA. Untuk memudahkan koordinasi, kantor agen pun harus memiliki satu alamat e-mail yang aktif atas untuk penanggung jawab atau pemilik.

Memenuhi Persyaratan Lainnya


Terakhir, syarat lainnya adalah berupa komitmen untuk memenuhi target selama 6 bulan ke depan. Waktu ini terhitung sejak pertama kali kesepakatan dibuat. Adapun untuk penyetoran transaksi maksimal H+1 atau keesokan harinya. Selebihnya patuh terhadap standar operasional (SOP) dari PT Citra Van Titipan Kilat selaku perusahaan induk.

Info Menarik Lainnya : 34 Uraian Lengkap Bisnis Online Tanpa Modal Yang Perlu Diketahui

JEMPOL (Jemput Online), Terobosan Bisnis TIKI


Seperti yang sempat disinggung sebelum membahas cara menjadi agen TIKI bahwa bisnis ekspedisi dan pengiriman barang berkaitan erat dengan perkembangan teknologi digital. Maka dari itu, TIKI memiliki satu produk inovasi yang dinamakan JEMPOL (Jemput Online). Ini adalah sebuah aplikasi yang memudahkan konsumen untuk mengirim barang. Mereka tidak perlu lagi datang ke outlet TIKI untuk mengirimkan paketnya.

Si pengirim barang tinggal memesan melalui aplikasi JEMPOL, kemudian petugas dari outlet terdekat akan mengambil barang tersebut. Ini adalah inovasi TIKI dalam menjemput bola di tengah persaingan bisnis ekspedisi pengiriman. Namun di sisi lain, aplikasi ini menguntungkan bagi mitra franchise-nya karena TIKI membantu untuk mendapatkan pelanggan dari sekitar kantor agennya.

Dengan mengikuti cara menjadi agen TIKI di atas, maka secara tidak langsung terlibat dalam roda perekonomian sebuah negara, khususnya di Indonesia. Karena kirim barang kini bukan sekedar pemenuhan kebutuhan, tetapi memenuhi gaya hidup mereka juga. Semakin tinggi intensitas masyarakat untuk bertransaksi online, maka bisnis ekspedisi akan selalu ada menjadi salah satu bagian proses di dalamnya.

Denikianlah artikel tentang cara menjadi agen TIKI. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Salam sukses selalu.

Penulis by : Bang izal.

8 comments for "Cara Menjadi Agen TIKI (Yang Minat Bisnis Ekspedisi Merapat) "

  1. Ya sy minat u buka usaha Tiki

    ReplyDelete
  2. saya berminat.. toko saya pinggir jalan raya.. ini wa saya 087777107666

    ReplyDelete
  3. Saya mau bergabung menjadi mitra tiki
    Lokasi bogor
    No wa 087786334782

    ReplyDelete
  4. Sayang ingin menadi agen TIKI
    Alamat Toko saya : Jalan Nusa Kambangan 129 Denpasar
    No wa 08123606721
    Trims

    ReplyDelete
  5. saya ingin bergabung di tiki lokasi jogja

    ReplyDelete
  6. klo mitra jemput bola itu modal bensin sendiri apa ditakar di prosentase dari tiki? misal jarak jangkauan lebih dari 3km dan berart mungkin 15kg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya yang program baru dari TIKI itu ya? Yang disebut TIKI PUTAR (singkatan dari TIKI Jemput Antar).

      Kalau programnya dibuat oleh perusahaan TIKI, maka biasanya biaya bensin sudah masuk ke dalam hitungan pembagian keuntungan om. Jadi biaya jalan sudah ditanggung oleh TIKI. Kelazimannya seperti itu. Tentu berapa biaya detailnya (untuk bensin itu) harus ditanyakan langsung ke pihak TIKI nya.

      Delete

Post a Comment