Widget HTML Atas

Cara Menjadi Agen Wahana Dan Keuntungan Sebagai Mitranya

Berbicara perkembangan bisnis, apalagi bisnis online, maka tidak dapat dipisahkan dari pesatnya kemajuan perusahaan jasa ekspedisi (pengiriman barang). Salah satu perusahaan di Indonesia yang patut diperhitungkan adalah PT Wahana Prestasi Logistik atau lebih dikenal dengan sebutan Wahana saja. Wahana dikenal masyarakat sebagai penyedia jasa antar barang dengan biaya paling terjangkau. Namun cara menjadi agen Wahana yang mudah juga turut berperan dalam memajukan perusahaan ini.

Sekilas tentang Wahana, perusahaan ini berdiri resmi sejak 11 Juni 1998. Dua tahun kemudian, Wahana membuka kantor cabang pertamanya di Surabaya. Perkembangan bisnisnya cukup pesat karena tiga tahun setelahnya sudah memiliki kantor perwakilan di Singapura. Barulah di tahun 2012 Wahana memberlakukan sistem mitra agen.

Kemudahan cara menjadi agen Wahana serta banyaknya keuntungan yang diberikan, membuat Wahana kini memiliki puluhan kantor cabang serta ribuan mitra agen.





Yuk simak ulasan selengkapnya tentang cara menjadi agen Wahana berikut ini.


Cekidot!

Keuntungan Menjadi Agen Wahana


Melihat toko online yang kian hari kian banyak membuat bisnis ini potensial untuk dikembangkan. Sebagai mitra bisnis tentu saja yang diharapkan adalah omset yang besar sehingga memberikan keuntungan maksimal. Itu hanyalah sebagian keuntungan yang akan didapat jika bermitra dengan Wahana. Sebelum membahas cara menjadi agen Wahana lebih lanjut, ada beberapa keuntungan lainnya yang perlu diketahui, yaitu:

Bergabung dengan Tim Profesional


Berbagai kemudahan yang akan dirasakan saat menjadi agen tak lepas karena peran tim Wahana yang profesional. Wahana tidak hanya berkomitmen untuk mengantarkan barang dengan aman dan tepat waktu saja, tetapi juga melayani para agen agar dapat memuaskan konsumen mereka. Contohnya adalah tim IT yang menyediakan platform online untuk mengecek status dan posisi barang yang dikirimkan. Fasilitas ini memudahkan kinerja agen sekaligus pelanggannya.

Bonus Komisi


Ini lah yang paling dicari oleh semua orang. Bonus komisi didapatkan apabila agen atau mitra mampu melebihi target yang diberikan oleh pihak Wahana. Besarannya tidak akan sama setiap bulan karena tergantung pada produktivitas agen atau mitra tersebut. Semakin besar penghasilannya, maka akan semakin besar bonus komisi yang didapat.

Jaringan Luas

Dari tahun ke tahun Wahana terus mengembangkan bisnisnya. Salah satu cara yang ditempuh adalah memperluas jaringan distributor ke berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. Kini Wahana telah memiliki jaringan yang tersebar di sejumlah tempat. Ini tidak hanya menguntungkan pelanggan yang dapat mengirim barang ke mana saja. Tetapi juga bagi agen atau mitra Wahana yang harus menyampaikan barang pelanggannya sesuai alamat tujuan di mana pun itu.

Memiliki Banyak Partner


Tidak hanya jaringannya yang luas, Wahana pun kini telah banyak menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, seperti market place, toko online, serta para pengusaha lainnya. Mereka ini lah sumber pelanggan untuk agen atau mitra di daerah-daerah. Sehingga tanpa harus pusing mencari pelanggan, partnership yang telah dijalin oleh Wahana pusat akan memberikan pemasukan kepada setiap agen atau mitranya.

Sistem Kerja Sama yang Jelas


Dalam melakukan bisnis kerja sama, tak jarang salah satu pihak akan mundur karena kecewa. Alasannya bisa saja karena kurangnya transparansi, misalnya dari bagi hasil. Bersama Wahana, semuanya akan dijelaskan secara detail di awal. Adapun hal-hal lainnya akan terus dikomunikasikan karena salah satu syarat menjadi agen Wahana adalah mampu berkoordinasi dengan baik secara kontinu dengan kantor pusat.

Info Menarik Lainnya : Cara Jadi Agen JNE ( FYI: Ini Peluang Bisnis Yang Bagus)

Syarat dan Cara Menjadi Agen Wahana


Setelah mengetahui keuntungan-keuntungan menjadi agen, kini saatnya membahas cara menjadi agen Wahana. Di bawah ini akan disebutkan pula persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi. Simak dengan seksama alur pendaftaran menjadi agen serta apa saja yang harus disiapkan:

Daftar Online


Cara menjadi agen Wahana yang pertama adalah melakukan pendaftaran online.

Calon mitra dapat mengakses website Wahana.com kemudian cari pilihan menu “Kerjasama Bisnis”. Lihat foto ilustrasinya dibawah ini (perhatikan bagian menu yang diberi lingkaran kuning itu).

Cara Menjadi Agen Wahana Dan Keuntungan Menjadi Mitranya

Selanjutnya klik di bagian tersebut. Kemudian isi lengkap formulir yang tertera dengan lengkap dan benar. Setelah semua data terisi lengkap, jangan lupa klik tombol "Submit". Lihat ilustrasi formulir pendaftaran tersebut pada foto dibawah ini.

Cara Menjadi Agen Wahana Dan Keuntungan Menjadi Mitranya


Info tambahan: Foto yang saya berikan diatas adalah tampilan situs Wahana jika dibuka dari perangkat desktop (Komputer/Laptop). Nah, jika anda membuka situs Wahana dari perangkat mobile (smartphone), maka tampilan layarnya akan sedikit berbeda. Biar tidak membingungkan, maka berikut ini saya lampirkan foto screenshot dari perangkat mobile. Perhatikan bauk-baik.

Cara Menjadi Agen Wahana Dan Keuntungan Menjadi Mitranya

Perhatikan bagian yang dilingkari merah pada pojok kanan atas. Silahkan Anda klik bagian itu. Nanti akan terbuka menu dropdown seperti foto dibawah ini.

Cara Menjadi Agen Wahana Dan Keuntungan Menjadi Mitranya
Selanjutnya silahkan klik bagian yang diberi lingkaran berwarna kuning itu. Maka nanti akan terbuka laman formulir pendaftaran kerjasama dengan ekspedisi Wahana. Silahkan isi data diri Anda dengan selengkapnya.

Untuk bisa ke proses selanjutnya, pilih bagaimana pihak Wahana dapat menghubungi Anda sebagai bentuk tindak lanjut. Ada beberapa pilihan, diantaranya melalui telepon, email, atau chat WhatsApp.

Info Menarik Lainnya : Cara Menjadi Agen TIKI (Yang Minat Bisnis Ekspedisi Merapat)

Mempersiapkan Dokumen Administrasi


Wahana menawarkan dua sistem kerjasama, yaitu bagi perorangan dan berbadan hukum. Jika kepemilikan atas nama perorangan, maka dokumen yang dibutuhkan adalah fotokopi KTP pemilik dan penanggungjawab (jika orangnya berbeda), fotokopi NPWP, dan pas foto ukuran 4x6 sebanyak 3 (tiga) lembar.

Sedangkan jika pendaftaran atas nama badan hukum, maka wajib melampirkan dokumen berikut:

- Fotokopi Akte Perusahaan
- Fotokopi Surat Keterangan Domisili Perusahaan
- Fotokopi SIUP dan NPWP
- Pas foto penanggung jawab ukuran 4x6 sebanyak 3 (tiga) lembar

Memenuhi Persyaratan Lainnya


Ada pula persyaratan lainnya yang wajib dipenuhi sebagai pertimbangan pihak Wahana untuk menyetujui permohonan atau tidak. Berikut ini persyaratan lainnya tersebut:

- Foto tempat yang akan dijadikan lokasi gerai
- Membayar biaya administrasi yang akan disesuaikan dengan lokasi gerai
- Jika aplikasi disetujui, maka pihak Wahana akan datang dan memasang neon box, memberikan seragam untuk staf, serta menyelesaikan urusan keagenan lainnya
- Menandatangani nota kesepahaman (MOU) untuk masa percobaan selama 3 (tiga) bulan
- Jika sudah lewat masa percobaan, maka si pemilik harus menandatangani Kontrak Kerjasama Keagenan

Memenuhi Syarat Lokasi


Sebelum masa percobaan 3 (tiga) bulan dimulai, pihak Wahana akan mendatangi lokasi untuk melakukan survey. Ini pun akan menjadi pertimbangan apakah lokasi gerai nantinya layak atau tidak dengan standar kantor Wahana. Jika lokasinya dianggap kurang sesuai, maka pihak Wahana akan mempertimbangkan kembali aplikasi pengajuan sebagai mitra.

Guna memperlancar proses, pilihlah lokasi yang strategis dan memadai. Paling tidak lokasi ini bisa dijangkau oleh kendaraan bermotor dan merupakan bangunan permanen. Luasnya minimum 3x3 M dengan lahan parkir yang cukup.

Info Menarik Lainnya : 34 Uraian Lengkap Bisnis Online Tanpa Modal Yang Perlu Diketahui

Melengkapi Peralatan Kerja


Untuk perangkat kerja yang diperlukan tidak banyak, yakni sebuah laptop/PC, printer, serta akses internet. Adapun untuk memudahkan koordinasi, setidaknya ada sebuah HP untuk operasional kantor. Selain itu, dibutuhkan sebuah timbangan manual dengan kapasitas minimum 5 (lima) kilogram dan sebuah timbangan dengan kapasitas minimum 100 (seratus) kilogram.

Memiliki SDM Sesuai Standar


Guna memastikan semuanya berjalan sesuai standar, Wahana pun mensurvey calon pekerja di kantor mitranya. Di setiap kantor mitra paling tidak ada seorang petugas dengan pendidikan minimal SMA atau sederajat. Pegawai tersebut harus mampu melakukan pick-up atau pengambilan barang dari pelanggan. Selain itu, si pemilik atau penanggung jawab kantor harus mengikuti training sistem dari Wahana. Training ini diselenggarakan di kantor pusat Wahana.

Melihat serangkaian proses dan syarat-syarat yang perlu disiapkan sangat mudah cara menjadi agen Wahana, bukan? Tidak perlu biaya yang besar dan tempat yang begitu mewah untuk menjalankan bisnis ini.

Adapun proses dari tim Wahana tidak lama dan rumit. Semuanya didesain sesederhana mungkin untuk memudahkan siapa pun yang ingin memanfaatkan peluang bisnis ini. Karena jika berkaca pada tren masyarakat sekarang, bisnis pengiriman barang masih bisa dikembangkan lagi menjadi produk dan layanan yang lebih luas.

Demikianlah info tentang cara menjadi agen Wahana. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda semuanya. Salam sukses selalu untuk Anda.

Penulis by : Bang izal.

No comments for "Cara Menjadi Agen Wahana Dan Keuntungan Sebagai Mitranya"