Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Mau Beli Grosir Airsoftgun? Ke Toko Mikail Toys Aja Yuk!

Hallo rekan-rekan pedagang mainan semuanya. Pada artikel kali ini saya akan kembali mengulas info seputar bisnis mainan. Terutama terkait tentang informasi tempat belanja grosir mainan airsoftgun (spring).

Sebelum saya berikan infonya, yuk kita flashback sejenak ke belakang, mengenang kembali masa-masa kejayaan bisnis airsoftgun. 

Setiap pedagang mainan yang sudah tergolong senior, pasti tahu bahwa di era tahun 2013 ke bawah dulu, jualan airsoftgun spring sangat gurih sekali keuntungannya. Pada saat itu, mainan ketangkasan ini sangat laris manis di pasaran. 

Selain itu, rata-rata pedagang mainan ketika itu mengambil margin cukup besar pada mainan airsoftgun ini. Keuntungan yang diambil berkisar antara 50% hingga 70%. Jadi kalau 1 unit airsoftgun spring harga modalnya Rp.100.000, maka biasanya dijual seharga 150 ribu - 170 ribuan. 

Dan ajaibnya, walau harganya tergolong tinggi, tetap terjual laris manis! 😁

Pokoknya enak banget deh jualan airsoftgun pada saat itu. Karena di era itu masih sangat jarang orang yang berjualan di marketplace, sehingga harga mainan masih stabil dan terjaga (tidak hancur seperti sekarang).

Namun sayangnya, ada sebagian anak-anak dan remaja yang tidak disiplin menggunakan pengaman saat memainkan tembakan ini. Akibatnya banyak diantara mereka yang matanya terluka (bahkan buta) akibat terkena peluru.

Dari sinilah awal mula citra buruk mainan airsoftgun mulai timbul.

Kondisi citra yang buruk itu malah makin diperparah oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka menggunakan unit airgun untuk mengancam orang atau melakukan tindak kejahatan. 

Dan yang bikin lebih apes lagi, wartawan media mainstream malah menuliskan "penyalagunaan airsoftgun" pada judul beritanya. Padahal airgun jelas sangat berbeda jauh dengan airsoftgun.

Akibat akumulasi dari semua itu, akhirnya lembaga kepolisian membuat peraturan (undang-undang khusus) yang mengatur dan menertibkan penggunaan mainan airsoftgun.

Undang-undang itu kemudian menjadi alat legitimasi untuk menertibkan semua toko-toko airsoftgun yang belum memiliki surat izin resmi dari pihak kepolisian.

Sejak saat itulah mulai marak razia airsoftgun di seluruh Indonesia. Sasaran razia paling utama yaitu pasar-pasar yang menjadi sentra grosir mainan. Kalau di Jakarta contohnya seperti kawasan Asemka, Pasar Senen, dan Pasar Gembrong.

Seingat saya, razia airsoftgun ini mulai marak dilakukan sejak tahun 2013. Kemudian razianya semakin intens dan lebih ketat lagi pada tahun 2014 - 2015an.

Info Menarik Lainnya : Kenapa Airsoft Gun Dilarang Beredar Bebas?

Timbul pertanyaan: "Bagaimana efeknya?"

Efeknya ya sudah jelas, perlahan namun pasti mulai banyak toko grosir yang tidak mau lagi menjual produk airsoftgun. Karena mereka khawatir jika produknya kena sita, maka tentu mereka akan mengalami kerugian besar. 

Sedangkan kalau mau mengurus izin menjualnya, prosesnya sangat ribet dan berbelit-belit (kata mereka). Akhirnya mereka lebih memilih cara aman, yaitu hanya menjual mainan selain airsoftgun. 

Sejak tahun 2017an bisa dikatakan sudah tidak ada lagi toko grosir yang mau jualan airsoftgun lagi. Baik di Pasar Asemka, Senen, maupun Pasar Gembrong. Dan fenomena ini juga di ikuti oleh pasar-pasar mainan yang ada di seluruh Indonesia.

Kalaupun masih ada yang jualan airsoftgun, itupun mesti dilakukan secara kucing-kucingan. Artinya produk airsoftgun spring itu hanya ditawarkan kepada pelanggan tetap yang sudah sangat mereka kenal saja.

Nah, untungnya sejak tahun 2018an akhir mulai ada angin segar dan harapan baru untuk bisnis airsoftgun spring. Hal ini bisa terjadi, karena sudah ada produk airsoftgun spring hasil produksi dari Indonesia. Intinya sudah ada pabrik airsoftgun spring yang hadir secara resmi di Indonesia. 

Info Menarik Lainnya : Peraturan Dan Kode Etik Penggunaan Airsoft Gun

Yup! Airsoftgun spring itu mereknya D'Cobra.

Namun, dari informasi yang saya dapatkan, tidak semua orang yang bisa mendapatkan produk ini dari pabriknya. Karena distribusinya sangat dibatasi, jadi hanya pedagang-pedagang mainan tertentu saja yang bisa mendapatkan dan menjual produk airsoftgun tersebut. 

Untung masih ada kabar baiknya lagi. 

Apa itu?

Karena salah satu pedagang mainan yang bisa mendapatkan akses untuk memperoleh produk airsoftgun spring itu adalah adik kandung saya sendiri. 

Adik saya itu memang sudah lama berkecimpung secara serius di bisnis airsoftgun (sejak tahun 2012), jadi sangat wajar jika dia punya link dan koneksi yang luas. Sebenarnya saya sekeluarga (orang tua dan kami 5 orang kakak beradik) semuanya sama-sama berkecimpung di bisnis toko mainan. Hanya saja, adik saya yang laki-laki ini lebih fokus menjalani bisnis airsoftgun.

Baca juga : Mazri Seller, Salah Satu Pebisnis Toko Mainan Dan Airsoft Gun Sukses di Indonesia  

Jadi mulai saat ini, bagi semua pembaca blog bang izal toy yang ingin memperoleh informasi tentang tempat berbelanja airsoftgun spring, maka bisa merujuk pada informasi yang akan saya uraikan dibawah ini.

Lalu, dimanakah lokasi toko mainan adik saya tersebut?

Tokonya berlokasi di kawasan Condet Jakarta timur.

Berikut alamat lengkapnya:

Toko Mikail Toys Mainan

Jalan inerbang no.120 RT.2 RW.3 (depan pangkalan ojek gang permata) kelurahan tengah kecamatan Kramat jati , Jakarta timur.

No hp 081282418547

Lihat foto tokonya dibawah ini.

 

Mau Beli Grosir Airsoftgun? Ke Toko Mikail Toys Aja Yuk!
 

Mau Beli Grosir Airsoftgun? Ke Toko Mikail Toys Aja Yuk!


Mau Beli Grosir Airsoftgun? Ke Toko Mikail Toys Aja Yuk!


Mau Beli Grosir Airsoftgun? Ke Toko Mikail Toys Aja Yuk!


Baca juga : Mengenal Apa itu Airsoft gun Spring, Gas, Elektrik, Beserta Fungsinya


Mau Beli Grosir Airsoftgun? Ke Toko Mikail Toys Aja Yuk!

 

Coba Anda perhatikan baik-baik tumpukan packingan kardus (pada foto paling pertama diatas tadi). Itu merupakan pesanan produk airsofgun spring D'Cobra yang siap untuk dikirim ke pembelinya. Rata-rata pelanggan adik saya (Mazri Seller) adalah pedagang toko mainan offline, dan banyak juga yang dari toko online.

Pada foto atas 'kan hanya tampak packingan kardusnya dan sekilas tembakan doang. Nah apakah Anda ingin melihat secara lebih detail unit airsoft spring yang dijual oleh adik saya? 

Jika iya, maka yuk perhatikan baik-baik beberapa foto dibawah ini.

 

Mau Beli Grosir Airsoftgun? Ke Toko Mikail Toys Aja Yuk!

 

Mau Beli Grosir Airsoftgun? Ke Toko Mikail Toys Aja Yuk!


Mau Beli Grosir Airsoftgun? Ke Toko Mikail Toys Aja Yuk!


Baca juga : Water Gel Gun (WGG), Alternatif Pengganti Airsoft Gun, Murah dan Aman


Mau Beli Grosir Airsoftgun? Ke Toko Mikail Toys Aja Yuk!


Mau Beli Grosir Airsoftgun? Ke Toko Mikail Toys Aja Yuk!


Mau Beli Grosir Airsoftgun? Ke Toko Mikail Toys Aja Yuk!


Mau Beli Grosir Airsoftgun? Ke Toko Mikail Toys Aja Yuk!

 


Mau Beli Grosir Airsoftgun? Ke Toko Mikail Toys Aja Yuk!

Itulah diatas daftar list produk airsoftgun spring yang dijual oleh adik saya. 

Sebenarnya adik saya itu juga menjual jenis airsoft AEG (elektrik) dan yang bertenaga gas. Namun karena artikel ini hanya fokus membahas tentang airsofgun spring, sehingga jenis airsoft lainnya itu tidak saya bahas di sini. (Insya Allah di lain waktu akan saya tuliskan artikelnya secara tersendiri).

Oh iya, adik saya ini namanya bisa dikatakan sudah populer di dunia maya. Di Facebook namanya lebih dikenal sebagai Mazri Seller. Bagi Anda yang pehobi airsoftgun, maka saya yakin Anda sudah familiar, atau setidaknya pernah mendengar nama ini.

Adik saya ini juga punya beberapa toko online dengan nama toko sebagai berikut:

Alimaro (di Tokopedia)
Airsoftguner (di Bukalapak)
Rafihadizafran (di Shopee)

Bila Anda ingin berbelanja airsoftgun melalui online, maka bisa bertransaksi melalui toko online yang telah saya tuliskan diatas. Atau kalau Anda mau datang langsung ke toko offlinenya, maka juga boleh-boleh saja. 😊

Baca juga : Ini Tips Penting Yang Harus Anda Ketahui Saat Membeli Airsoft gun

Bagaimana cara menemukan toko offline alias toko fisik adik saya tersebut? 

Wah caranya gampang banget kok. Anda hanya tinggal menggunakan jasa ojek online, kemudian menuliskan nama atau alamat tokonya ke kolom tujuan di aplikasi ojek online tersebut. (Alamat tokonya telah saya cantumkan sebelumnya diatas, coba dilihat lagi deh). Kalau Anda ingin mengobrol lebih lanjut dengan adik saya tersebut, nomor HP/Whatsapp-nya juga sudah saya cantumkan diatas.

Demikian info tentang Toko Mikail Toys. Jadi kalau Anda ingin berbelanja grosir airsoftgun, yuk order di Mikail Toys aja. 😉

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Salam sukses selalu.

Penulis by : Bang izal.

2 comments for "Mau Beli Grosir Airsoftgun? Ke Toko Mikail Toys Aja Yuk!"

Post a Comment