Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Bahan Plafon Tahan Air yang Perlu Anda Ketahui

Bahan plafon tahan air - Semua orang tentu tidak menginginkan rumah yang sedang dihuninya mengalami kebocoran. Sebab selain membuat penghuni menjadi repot dan tidak nyaman, sebuah rumah yang atapnya bocor juga dapat merusak plafon. Hal ini bisa terjadi terutama jika plafon rumah tersebut terbuat dari bahan yang tidak tahan terkena air.

Salah satu jenis plafon yang tidak tahan terhadap rembesan air adalah yang terbuat dari bahan triplek. Jika plafon triplek terkena tetesan air dari atap yang bocor, maka akan dapat membuat plafon tersebut menjadi 'mengembang'.

Kalaupun atap yang bocor tersebut cepat Anda perbaiki, namun permukaan plafon triplek yang telah terlanjur terkena rembesan air itu tetap akan meninggalkan bekas rembesan. Biasanya warna triplek itu akan menjadi belang-belang karena terkena rembesan air. Jika Anda pernah memakai plafon dari bahan triplek, pasti sudah tahu tentang hal ini.    

Nah untuk menghindari hal tersebut, maka disarankan Anda menggunakan jenis plafon yang bahannya tahan air.


Bahan Plafon Tahan Air yang Perlu Anda Ketahui, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Nikifour.co.id

Mungkin timbul pertanyaan: "Apa saja jenis dan bahan plafon tahan air tersebut?"

Berikut ini ada 5 daftar bahan plafon tahan air yang direkomendasikan untuk Anda. 

Simak hingga tuntas yuk!

1. Bahan Gypsum Water Resistant


Bahan Plafon Tahan Air yang Perlu Anda Ketahui, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Top-gypsumboard.en.made-in-china.com

Adanya model baru pada bahan gypsum water resistant yang tahan air, sehingga membuat banyak orang berusaha mencari produk ini. Bahan plafon tahan air ini menggabungkan campuran material tahan air (sebagaimana silikon yang digunakannya). 

Campuran bahan itu mampu melindungi plafon ini dari efek buruk akibat kebocoran pada musim hujan.

Inovasi yang ada pada jenis gypsum ini tidak mengurangi keindahan pada bahan utamanya. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh produk satu ini, sehingga sayang sekali untuk Anda lewatkan. Apalagi cukup banyak modelnya yang sangat menarik. Sehingga jenis plafon ini layak Anda pilih untuk hunian minimalis Anda.

2. Plafon Rumah Kalsiboard


Bahan Plafon Tahan Air yang Perlu Anda Ketahui, Simak Yuk!


Bahan yang digunakan untuk plafon rumah ini berbentuk lembaran yang tergolong kuat. Terdapat bahan dasar dari mineral kalsium khusus pada material plafon ini. Kandungan material ini membuatnya jadi tahan air dan lebih kuat jika dibandingkan dengan gypsum. Sehingga cukup banyak orang yang lebih suka menggunakan plafon rumah kalsiboard ini.

Ada cukup banyak kelebihan lainnya pada plafon kalsiboard ini. Selain tahan air, plafon ini juga kuat menahan binatang yang suka berlarian di dalam plafon (seperti tikus, kucing, dsb). 

Harga plafon jenis ini cukup terjangkau, sehingga hampir semua kalangan dapat menggunakannya. 

3. Bahan Plafon PVC


Bahan Plafon Tahan Air yang Perlu Anda Ketahui, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Siamfoamboard.com

Rumah-rumah dengan desain minimalis modern biasanya banyak yang menggunakan jenis plafon PVC. Jenis plafon PVC ini lebih dipilih karena mampu melindungi rumah tersebut dari kebocoran (untuk sementara waktu hingga atap yang bocor itu diperbaiki). 

Hebatnya, walau plafon PVC ini terkena rembesan air, namun tidak akan mudah rusak karenanya. Hal ini tidak terlepas karena faktor material yang terkandung didalamnya, yaitu Polyvinyl Chloride (PVC). 

Bahan PVC ini terkenal memiliki struktur yang sangat kuat, sehingga tidak mudah rusak terkena air. Ada banyak lagi keunggulan lainnya dari plafon PVC ini. Contohnya seperti bahannya yang ringan dan memiliki tingkat kelenturan yang tinggi.

Daya tahan yang dimiliki oleh plafon PVC ini sangat baik dan cara merawatnya juga mudah. Plafon ini juga dapat digunakan pada berbagai ruangan. 

Info Menarik Lainnya : 7 Gambar Plafon PVC untuk Teras Rumah (Inspirasi Unik)

4. Jenis Asbes


Bahan Plafon Tahan Air yang Perlu Anda Ketahui, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Tokopedia

Salah satu bahan bangunan untuk plafon yang pernah memiliki banyak penggemar karena manfaat yang diberikan adalah asbes. Jenis plafon ini memiliki daya tahan yang kuat untuk berbagai kondisi cuaca yang ada hingga ketahanannya saat terkena air. 

Sayangnya disamping kelebihan plafon asbes ini, juga ada kekurangannya.

Apa itu?

Yaitu ada kemungkinan rapuhnya bahan asbes yang digunakan.

Nah kekurangan pada bahan asbes diatas juga terkait dengan kekurangan selanjutnya, yaitu dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Hal ini bisa terjadi ketika ada serbuknya yang jatuh dan sempat terhirup oleh manusia. Dan tentu saja hal itu tidak baik untuk tubuh. 

Oleh karena itu, apabila ada diantara Anda yang menggunakan jenis plafon ini, maka sebaiknya perlu berhati-hati menggunakannya. Solusinya pilihlah plafon asbes yang berkualitas baik, sehingga dapat terhindar dari kerapuhan. 

Info Menarik Lainnya : Kelebihan & Kekurangan Bahan Plafon Kalsiboard untuk Rumah

5. Plafon GRC

Bahan Plafon Tahan Air yang Perlu Anda Ketahui, Simak Yuk!

Pada plafon jenis ini biasanya digunakan untuk rumah-rumah yang memiliki desain minimalis. Selain anti air, plafon GRC ini juga memiliki tampilan yang menawan dipandang mata.

Kecantikan desain sebuah rumah tentu akan membuat nyaman siapapun yang menempatinya. Nah salah satu cara agar rumah Anda tampak cantik yaitu dengan memasang plafon GRC ini. 

Komposisi material plafon GRC ini merupakan perpaduan dari beton komposit dan serat kaca. Kandungan material yang ada didalamnya itu, membuat produk ini menjadi tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim dan tahan air.

Menariknya bahan yang digunakan juga tidak mudah terbakar, sehingga aman bagi rumah yang menggunakan plafon ini. 

Info Menarik Lainnya : 5 Kelebihan & 1 Kekurangan Jenis Plafon GRC, Simak Yuk!

Demikianlah informasi tentang beberapa bahan plafon tahan air. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda semua. Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "5 Bahan Plafon Tahan Air yang Perlu Anda Ketahui"