Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Kelebihan & Kekurangan Bahan Plafon Kalsiboard untuk Rumah

Bahan Plafon Kalsiboard - Di zaman yang semakin modern ini tampaknya juga ikut mempengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia. Terutama yang berkaitan dengan status sosial (prestise alias gengsi).

Salah satu sarana hidup masyarakat Indonesia yang erat kaitannya dengan nilai prestise adalah rumah tinggal (hunian). Hal ini dapat terlihat dari semakin tinggi status sosial seseorang, maka akan semakin megah pula gaya dan desain rumahnya. 

Di sisi lain, ketika semakin mewah gaya desain rumah, maka akan semakin meningkat juga penggunaan bahan (material) untuk membangun rumah tersebut. Mulai dari material bagian pondasi, hingga material untuk finishing bangunan tersebut.

Salah satu jenis material yang banyak digunakan untuk finishing pada bangunan adalah bahan plafon Kalsiboard.


Kelebihan & Kekurangan Bahan Plafon Kalsiboard untuk Rumah
Ilustrasi. Foto by : Kalsi.co.id

Selama ini, kebanyakan orang hanya mengenal plafon dari bahan eternit, gypsum, kayu, dan triplek. Padahal saat ini mulai banyak orang yang menggunakan Kalsiboard untuk plafon rumah. Kalsiboard ini dianggap sebagai inovasi plafon di era modern.

Kelebihan Bahan Plafon Kalsiboard

Jauh sebelum mengenal bahan plafon Kalsiboard, banyak orang yang mengenal plafon dari bahan lainnya. Kalsiboard dianggap sebagai solusi untuk plafon pada rumah modern. Terlebih ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh bahan plafon tersebut. 

Kelebihan tersebut antara lain:

1. Mudah Dicat


Kelebihan & Kekurangan Bahan Plafon Kalsiboard untuk Rumah
Ilustrasi. Foto by : Domo-print.ru

Semua jenis cat bisa diaplikasikan pada bahan ini. Dengan demikian pemilik rumah lebih mudah untuk memilih warna yang sesuai dengan selera pemilik rumah. Penggunaan cat yang berbeda jenisnya bisa membuat pemilik rumah lebih mudah untuk berkreasi.

2. Mudah Dibentuk


Kelebihan & Kekurangan Bahan Plafon Kalsiboard untuk Rumah
Ilustrasi. Foto by : Selera.id

Kelebihan lainnya dari bahan Kalsiboard, adalah mudah dibentuk. Adakalanya, rumah memiliki plafon yang bermacam-macam bentuknya sesuai dengan selera pemilik rumah. Berbeda-beda bentuk plafon, sangat cocok bila menggunakan bahan Kalsiboard karena lebih mudah untuk dikreasikan.

Info Menarik Lainnya : Cara Memasang Wallpaper Plafon Sendiri (Step by Step)

3. Mudah Dipotong


Kelebihan & Kekurangan Bahan Plafon Kalsiboard untuk Rumah
Ilustrasi. Foto by : Secretoperdido.blogspot.com

Model plafon yang berbeda-beda, terkadang membutuhkan bentuk plafon yang berbeda-beda, baik dari segi bentuk maupun ukurannya. Maka dari itu, memilih bahan Kalsiboard sangat disarankan untuk model plafon yang lebih variatif karena mudah dipotong.

Info Menarik Lainnya : 5 Desain Plafon PVC Terbaik Untuk Rumah Anda

4. Tahan Api


Kelebihan & Kekurangan Bahan Plafon Kalsiboard untuk Rumah

Apabila menginginkan rumah tidak mudah terbakar, sebaiknya untuk memilih bahan ini karena sifatnya yang tahan api. Maka dari itu, sebaiknya untuk menggunakan bahan ini, lebih dikhususkan untuk plafon dapur. Dimana dapur lebih rentan terbakar.

Info Menarik Lainnya : Desain Plafon Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3x6, Lihat Yuk!

5. Tahan Rayap

Gangguan rayap pada plafon seringkali membuat kesal karena harus mengganti plafon berkali-kali. Di Samping boros biaya, juga boros waktu. Maka dari itu, sebaiknya untuk menggunakan bahan Kalsiboard ini agar tidak mudah dimakan rayap.

Kekurangan Bahan Plafon Kalsiboard

Walaupun memiliki beberapa kelebihan, namun terdapat kekurangan dari bahan Kalsiboard ini, yaitu harganya yang relatif lebih mahal. Maka dari itu, jika ingin menggunakan bahan ini untuk membuat rumah, sangat tidak disarankan untuk membuat rumah dengan budget murah atau rumah tipe sederhana.

Kekurangan lainnya dari Kalsiboard ini yaitu tidak tahan air. Hal tersebut dikarenakan tekstur dari bahan ini berpori sehingga lebih mudah menyerap air. Maka dari itu, bahan ini lebih mudah rusak jika sering terkena air hujan. Sekalipun memiliki kelebihan sebagai bahan anti rayap dan anti jamur.

Segera atasi jika terjadi kebocoran, agar air tidak merembes ke plafon kalsiboard ini. Hal tersebut dikarenakan bahan kalsiboard ini lebih mudah rapuh bila terkena air. Dengan demikian, plafon pun akan lebih mudah rusak. Plafon yang rusak akan merusak nilai estetika rumah tersebut, sehingga membuat rumah menjadi kumuh.

Tekstur nya yang berpori tersebut, seringkali membuat bahan ini lebih mudah menyusut ketika terkena sinar matahari langsung. Sebagai solusinya, jangan memasang bahan ini di luar bangunan rumah agar tidak terkena sinar matahari langsung, yang menyebabkan bahan ini lebih mudah patah dan rusak.

Demikianlah info tentang 5 kelebihan dan 1 kekurangan dari plafon Kalsiboard. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua dan sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "Kelebihan & Kekurangan Bahan Plafon Kalsiboard untuk Rumah "