Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Desain Plafon PVC Terbaik Untuk Rumah Anda

Desain plafon PVC - Kata plafon ini biasanya lebih familiar disebut dengan istilah langit-langit oleh masyarakat Indonesia. Bisa dikatakan semua rumah modern di zaman sekarang sudah menggunakan plafon dibagian atapnya. Mulai dari tipe rumah sederhana hingga rumah yang paling mewah pasti ada plafonnya. 

Betul 'kan? 😊

Memang masih ada sebagian kecil rumah dipelosok desa (pedalaman terpencil) yang tidak memiliki plafon. Tetapi jika ditinjau secara umum, rumah masyarakat Indonesia saat ini rata-rata sudah ada plafonnya. 


5 Desain Plafon PVC Terbaik Untuk Rumah Anda


Kenapa rumah harus memiliki plafon?  

Karena plafon termasuk salah satu bagian bangunan rumah yang memiliki fungsi penting.

Fungsi plafon tidak hanya sebagai penutup bagian atap rumah saja. Plafon juga berguna untuk mengatur suhu rumah agar tidak terlalu panas saat musim kemarau. Sebaliknya juga menjaga agar rumah tidak terlalu dingin dan lembab saat musim penghujan. Hal ini bisa terjadi karena plafon menahan hawa udara ekstrim yang masuk dari bagian atap rumah.

Fungsi lainnya dari plafon adalah untuk nilai estetika alias keindahan bagian atap rumah itu sendiri.

Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana ruwet dan kacaunya pemandangan atap rumah jika tidak ditutupi oleh plafon. Semua instalasi kabel listrik dan rangka atap rumah pasti akan terlihat dengan jelas. Dan tentu semua itu akan merusak nilai estetika interior rumah Anda. Itulah sebabnya kenapa rata-rata rumah zaman sekarang pasti memasang plafon dibagian atap rumahnya. 

Beberapa Contoh Desain Plafon PVC

Nah sekarang tiba saatnya untuk kita bahas tentang contoh desain plavon PVC.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya plafon tidak hanya terbuat dari PVC saja. Ada juga jenis plafon lainnya yang terbuat dari bahan kayu, triplek, gypsum, asbes, dll. Tapi pada umumnya plafon dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sebabnya karena plafon PVC dianggap lebih awet dan bahannya ringan.

Bila Anda ingin mencari desain plafon PVC yang tepat, yuk simak contohnya berikut ini.

Cekidot!

1. Plafon PVC Mewah


5 Desain Plafon PVC Terbaik Untuk Rumah Anda
Ilustrasi. 


Banyak orang yang ingin memberikan nuansa mewah pada ruang tamu tapi belum tahu cara yang tepat. Padahal sangat simple, seperti memilih model plafon PVC yang tepat. Usahakan untuk memasang plafon ruang tamu yang memberikan nuansa mewah. Gambar di atas mungkin bisa dijadikan referensi.

Desain plafon PVC yang ditunjukkan pada gambar terlihat sangat unik dengan adanya bagian lingkaran dan garis. Khusus bagian lingkarannya pun sengaja ditambahkan ukiran sehingga tampak estetik. Aksesoris lampu yang dipergunakan yaitu menggunakan teknologi penerangan tidak langsung (lampu tempel). Selain itu lampu dipasang pada bagian lebih dalam sehingga terlihat seperti berpendar.

2. Plafon PVC Desain Unik


5 Desain Plafon PVC Terbaik Untuk Rumah Anda
Ilustrasi.

Menghadirkan kesan santai bisa dilakukan dengan memasang plafon PVC desain unik. Seperti yang terlihat pada gambar, plafon sengaja dibuat dengan bentuk abstrak namun tetap memberikan kesan menarik. Pemilihan warna coklat yang dikombinasikan antara warna muda dan tua juga terlihat sangat pas dan elegan.

Jangan lupa berikan sentuhan lampu yang bisa diletakan melingkar di tengah. Desain plafon seperti ini bisa dipasang pada ruangan tengah atau tempat bersantai. Untuk menambah kesan meriah bagian tengah bisa dipasang lampu gantung kristal warna-warni.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Plafon Rumah dari Triplek (Tutorial)

3. Model Plafon Minimalis


5 Desain Plafon PVC Terbaik Untuk Rumah Anda
Ilustrasi. Foto by : Evoplafon.com

Ada lagi konsep plafon PVC dengan model minimalis seperti pada gambar. Jika diperhatikan plafon tersebut coraknya cukup sederhana. Desain plafon seperti ini memang sangat cocok dipasang pada kamar tidur. Sebab, plafon PVC polos dapat memberikan nuansa nyaman dan tenang. Untuk pemilihan warna sebaiknya disesuaikan dengan warna dinding.

Untuk kamar tidur sebenarnya warna putih bersih adalah paling cocok. Pada bagian tengan plafon dapat dipasang kipas angin gantung. Kemudian lampu tanam dapat diaplikasikan di sepanjang tepi plafon supaya lebih rapi.

Info Menarik Lainnya : Mau Tau Cara Pasang Lis Plafon PVC? Yuk Cek Disini

4. Plafon PVC Motif


5 Desain Plafon PVC Terbaik Untuk Rumah Anda
Ilustrasi. 

Jika sebelum-sebelumnya hanya memperlihatkan plafon PVC yang rata-rata polos, sebenarnya ada variasi lainnya. Seperti pada gambar plafon PVC juga ada yang bermotif. Banyak yang beranggapan, model semacam ini lebih banyak mengundang perhatian.

Sebab, motif pada plafon dapat memberikan sentuhan dan nuansa berbeda sehingga terlihat menarik. Pada gambar terlihat plafon sengaja dibuat motif mirip batik. Warnanya bisa disesuaikan dengan warna dinding. Namun warna-warna lembut seperti coklat seperti pada gambar dapat memberikan kesan nyaman dan santai.

Info Menarik Lainnya : Cara Memasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik

5. Desain Plafon PVC Covered Ceiling


5 Desain Plafon PVC Terbaik Untuk Rumah Anda
Ilustrasi. Foto by : Nikifour.co.id

Terakhir, ada salah satu model plafon PVC yaitu Covered Ceiling. Model semacam ini juga biasa disebut sebagai model waffle. Disebut dengan waffle karena memang punya tampilan mirip dengan makanan tersebut. Konsep plafon PVC covered ceiling ini sekilas akan terlihat dalam bentuk kotak-kotak yang dilengkapi dengan bagian yang timbul cukup tebal.

Plafon PVC model waffle sangat cocok dipasang di area ruang tengah. Model covered ceiling dapat memberikan tampilan istimewa sekaligus mewah. Namun juga ada unsur unik dan indah. Bagian ruang tengah yang dipasang plafon model semacam ini bisa memberikan nuansa nyaman dan hangat.

Info Menarik Lainnya : 5 Contoh Plafon Rumah Minimalis Terbaik, Lihat Yuk!

Itulah diatas 5 contoh desain plafon PVC. Bagi yang ingin memilih plafon dengan bahan PVC gambar di atas bisa dipakai untuk referensi. Mengingat hingga kini PVC masih banyak dipilih sebagai bahan pembuatan plafon rumah atau bangunan lain.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "5 Desain Plafon PVC Terbaik Untuk Rumah Anda "