Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membuat Plafon Rumah dari Triplek (Tutorial)

Cara membuat plafon rumah dari triplek - Plafon atau langit-langit adalah salah satu bagian penting pada sebuah bangunan. Kenapa penting? Karena plafon ini memiliki banyak fungsi. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk memberikan nilai estetika pada sebuah ruangan.

Dengan adanya plafon ini, maka bagian atap rumah jadi lebih indah dipandang mata. Rumah juga jadi terlindungi dari hawa panas atau dingin yang datang dari bagian genteng. Selain itu, plafon juga sangat berguna untuk menutupi jalur kabel/instalasi listrik yang biasanya dipasang dibagian atap.

Bayangkan jika sebuah rumah tidak dipasangi plafon, maka Anda akan melihat sebuah pemandangan yang sangat berantakan sekali pada atap rumah tersebut. Mulai dari kabel listrik yang berseliweran, debu dan sarang laba-laba yang menggantung, hingga timbulnya perasaan tidak nyaman akibat hawa ekstrim yang langsung menerobos masuk ke dalam ruangan rumah.  

Karena begitu pentingnya fungsi plafon ini, maka tentu harus dipasang pada sebuah rumah.

Cara Membuat Plafon Rumah Dari Triplek

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya: "Kira-kira plafon dari bahan apa ya yang harganya relatif murah? Dan bisakah jika kita ingin memasang plafon ini secara mandiri?"    

Jawabannya: Salah satu jenis plafon yang harganya relatif murah adalah yang terbuat dari bahan triplek. Sedangkan untuk memasangnya, tentu bisa-bisa saja memasangnya secara mandiri jika ada kemauan. Tapi sangat disarankan agar mempelajari terlebih dulu ilmunya (sebelum mulai memasangnya). Minimal kita sudah tahu terlebih dahulu tentang cara dan teknik dasar dalam memasang plafon triplek tersebut.

Untuk itu, yuk kita sama-sama mempelajari beberapa teknik dasar dan cara membuat plafon rumah dari triplek tersebut.

Berikut ini urutan cara memasangnya. Cekidot!

1. Siapkan Alat yang Dibutuhkan


Cara Membuat Plafon Rumah dari Triplek (Tutorial)
Ilustrasi. Foto by : Kitasipil.com

Selain membutuhkan triplek sebagai bahan utama,cara membuat plafon rumah dari triplek juga membutuhkan peralatan lain seperti pensil, penggaris, gergaji dan amplas untuk merapikan, serta cat untuk memberi sentuhan estetika pada triplek tersebut. Selain itu, dibutuhkan pula paku dan palu atau bisa juga penembak paku atau nail gun.

Sebenarnya, ada juga plafon triplek yang sudah jadi dan tinggal pasang, namun harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan membeli triplek satu lembar dan memotongnya sesuai ukuran yang diinginkan.

2. Pastikan Ukuran Triplek Sesuai dengan Rangka yang Telah Dipasang


Cara Membuat Plafon Rumah dari Triplek (Tutorial)
Ilustrasi. Foto by : Jagobangunan.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui terlebih dahulu ukuran yang akan digunakan. Untuk mengetahui ukurannya bisa dengan melihat atau mengukur dari rangka plafon yang telah dipasang sebelumnya. Setelah mengetahui ukurannya, lalu buatlah garis terlebih dahulu, ini dimaksudkan agar potongan lurus dan simetris.

Disarankan menggunakan pensil khusus untuk tukang yang berbentuk pipih, karena lebih kuat dan tidak mudah patah. Jika tidak ada, gunakan pensil 2B. Untuk penggaris sendiri, gunakan penggaris dengan panjang 60 cm untuk memudahkan proses pengukuran. Jika tidak ada, tenang saja, penggaris bisa diganti dengan kayu atau kaso dengan panjang yang sama.

Info Menarik Lainnya : Mau Tau Cara Pasang Lis Plafon PVC? Yuk Cek Disini

3. Potong Triplek Sesuai Pola yang Telah Dibuat


Cara Membuat Plafon Rumah dari Triplek (Tutorial)
Ilustrasi. Foto by : Jagobangunan.com

Setelah selesai membuat garis, cara membuat plafon dari triplek selanjutnya adalah memotongnya. 

Gunakan gergaji yang berukuran kecil untuk memudahkan pemotongan. Setelah dipotong, agar menjadi lebih rapi, bisa mengamplas bagian permukaan dan pinggir terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar pada saat pemasangan tidak ada cedera pada tangan akibat dari serat kayu yang mencuat dan beresiko melukai.

Info Menarik Lainnya : 5 Contoh Plafon Rumah Minimalis Terbaik, Lihat Yuk!

4. Pasangkan Potongan Triplek pada Rangka Plafon


Cara Membuat Plafon Rumah dari Triplek (Tutorial)
Ilustrasi. Foto by : Rumah Idaman AA (Youtube).

Setelah rangka dan plafon sudah siap, langkah selanjutnya adalah memasang. Alat yang dibutuhkan hanya palu atau alat penembak paku, paku dan tangga. Sebelum melakukan pemasangan, sebaiknya rapikan terlebih dahulu instalasi listrik. Ini untuk menghindari korsleting di kemudian hari, apalagi plafon berpotensi adanya tikus, jadi merapikannya adalah salah satu langkah pencegahan.

Jika semua sudah siap, maka pemasangan bisa segera dimulai. Mulailah dari bagian tepi terlebih dahulu, lalu dilanjutkan bagian tengah. Gunakan paku triplek untuk mengikatnya pada kaso. Amat disarankan menggunakan penembak paku atau nail gun ketimbang palu untuk memudahkan pekerjaan ini. Setelah selesai terpasang, bisa ditambahkan profil atau lis pada bagian samping untuk menambah estetika pada plafon.

Info Menarik Lainnya : 5 Desain Atap Rumah Miring yang Unik dan Nyentrik

5. Rapikan Celah antar Potongan Triplek

Setelah semua terpasang, bersihkan nat atau celah lembaran agar hasil akhir agar jauh terlihat rapi. Kemudian isi celah tersebut dengan compound, gunakan kape untuk pengaplikasiannya. 

Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


Cara Membuat Plafon Rumah dari Triplek (Tutorial)


Apabila sudah mengering, amplas compound tersebut kemudian tempelkan kasa atau lakban gipsum, dan aplikasikan compound sekali lagi. Tunggu hingga kering dan setelah itu dapat dilakukan finishing.

Untuk finishing, hal tersebut tergantung pada keinginan pemilik rumah, kebanyakan finishing pada plafon hanya dilakukan pengecatan sesuai warna yang yang diinginkan. Lihat contohnya dibawah ini.


Cara Membuat Plafon Rumah dari Triplek (Tutorial)
Ilustrasi. Foto by : Dekorrumah.net

Beberapa cara membuat plafon rumah dari triplek di atas dapat dilakukan oleh tukang ataupun oleh pemilik rumah sendiri. Apalagi semua alat dan bahan yang digunakan  memang sangat mudah didapatkan dan tersedia di mana saja. 

Pengerjaannya pun sangat mudah sehingga dapat dilakukan oleh siapapun walaupun memang membutuhkan waktu khusus. Selain itu mengerjakan sendiri tentunya dapat mengirit pengeluaran yang dibutuhkan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Cara Membuat Plafon Rumah dari Triplek (Tutorial)"