Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Mau Tau Cara Pasang Lis Plafon PVC? Yuk Cek Disini

Cara pasang lis plafon pvc - Penulis yakin pasti sudah banyak diantara Anda yang tahu tentang salah satu plafon andalan. Jenis plafon ini banyak direkomendasikan orang karena sifatnya yang kuat, lentur, dan ringan. 

Plafon ini juga tahan bahkan anti air. Jadi bila jenis plafon lain bisa melar terkena rembesan air (contohnya plafon triplek), maka plafon ini tidak akan berefek apa-apa jika terkena air. Hal ini disebabkan karena bahannya terbuat dari Polymer Isosianat, sehingga tidak akan terurai atau lapuk oleh air.

Nah jenis plafon apakah itu? Tak lain dan tak bukan, yaitu plafon PVC. 

Karena berbagai keunggulan yang dimilikinya itulah, makanya plafon PVC ini sangat banyak digunakan oleh orang-orang. Oleh karena itu, jika Anda sedang ingin membangun rumah, maka penulis merekomendasikan agar Anda memilih jenis plafon ini.

Oh iya, ada satu komponen penting lainnya yang perlu Anda ketahui, yaitu tentang lis plafonnya. Fungsi utama dari lis ini adalah sebagai penghubung antara dinding rumah dengan plafon itu sendiri. Dengan adanya lis ini, sehingga langit-langit rumah Anda jadi lebih kokoh karena ada penahannya.

Selain itu lis ini juga berfungsi untuk memperindah tampilan plafon. Karena lis ini akan menutupi celah antara plafon dengan sisi dinding rumah, sehingga jadi tampak lebih indah dan rapi. 

Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


Mau Tau Cara Pasang Lis Plafon PVC Yuk Cek Disini


Lalu, bagaimana cara pasang lis plafon PVC ini?

Jika Anda tidak mau repot, maka bisa menggunakan jasa tukang yang ahli dalam memasang plafon. Namun jika Anda ingin memasangnya sendiri, itu juga tidak apa-apa. Malahan lebih bagus, karena selain hemat biaya, Anda juga jadi terlatih menjadi orang yang mandiri. 

Tapi tentu saja untuk memasang lis plavon PVC ini harus ada ilmunya, agar hasilnya bisa rapi dan indah dipandang mata. Minimal kita harus tahu terlebih dahulu ilmu dasarnya. Oleh karena itu, yuk kita sama-sama belajar cara memasang lis plafon PVC ini. Kebetulan penulis telah merangkum tahapan dan cara-cara memasangnya dari sumber referensi yang dapat dipercaya.

Cekidot!

Langkah-langkah Pasang Lis Plafon

Apakah cara pasang lis plafon PVC itu sulit? Sebenarnya tidak terlalu sulit kalau kita sudah tahu caranya. Namun, kemungkinan akan tetap ada kendala bagi pemula yang baru saja memasangnya. Itu adalah hal yang wajar, namanya juga orang baru belajar. Semoga uraian dibawah ini dapat sedikit membantu Anda.

Berikut tahapan-tahapannya:

1. Pengukuran Lis Plafon

Perlu diketahui, lis plafon merupakan komponen yang berfungsi sebagai penghubung antara plafon dan dinding. Dengan demikian, tidak ada space kosong memberikan kesan terpisah antara plafon dan dinding.

Oleh karena itu, hal pertama yang perlu dilakukan dalam pemasangan lis plafon adalah mengukurnya. Setelah diukur, jangan lupa di tandai ya. Pengukuran ini bertujuan agar lis sesuai dengan plafon dan dinding. Bayangkan saja, jika ukuran komponen ini tidak sesuai, maka ruangan akan terkesan berantakan.

Lihat ilustrasi urutan pengukuran dan pemasangannya dibawah ini.


Mau Tau Cara Pasang Lis Plafon PVC Yuk Cek Disini
Ukur Sudutnya.


Mau Tau Cara Pasang Lis Plafon PVC Yuk Cek Disini
Ukur Panjangnya.


Disclaimer: Gambar diatas sebenarnya bersumber dari ilustrasi lis plafon gypsum. Tapi itu tidak menjadi masalah, karena prinsip dasar cara mengukur lis plafon sama saja, apapun bahannya. Jadi gambar diatas bisa kita pinjam untuk ilustrasinya.  

Info Menarik Lainnya : Cara Memasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik

2. Pemotongan Lis Plafon

Langkah kedua yang perlu dilakukan adalah proses pemotongan lis plafon. Pastikan untuk memotong lis sesuai ukuran yang telah dibuat sebelumnya. Bagaimana cara memotong lis plafon? Pemotongan lis bisa menggunakan berbagai macam gergaji, mulai dari gergaji tangan, gergaji meja, gergaji gigi, gergaji bundar portable atau pisau tajam. 

Namun, gergaji yang paling direkomendasikan adalah gergaji gigi. Pasalnya, gergaji ini dapat memberikan finishing yang halus pada potongan lis. Jadi, lis akan terlihat lebih rapi tanpa harus diperhalus lagi. 

Lihat ilustrasi pemotongan lis dibawah ini.


Mau Tau Cara Pasang Lis Plafon PVC Yuk Cek Disini
Evoplafonpvc.com


Info Menarik Lainnya : Pasang Ventilasi Udara di Atap Rumah Agar Hunian Jadi Sejuk

3. Pembersihan Permukaan Plafon dan Dinding


Mau Tau Cara Pasang Lis Plafon PVC Yuk Cek Disini


Sebelum proses pemasangan, langkah ketiga ini juga jangan sampai terlewatkan. Pembersihan permukaan plafon dan dinding dilakukan agar lis dapat menempel dengan sempurna. Pastikan plafon dan dinding terbesar dari debu dan minyak, ya.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk!

4. Pemasangan

Setelah membersihkan plafon dan dinding, selanjutnya adalah proses pemasangan lis plafon. Tak hanya ada satu cara pemasangan saja, melainkan ada beberapa. Akan tetapi, cara pemasangan yang mudah dan sering digunakan adalah menempelkannya dengan lem dan memasang dengan paku. 

Lihat contoh pemasangan awal lisnya pada foto dibawah ini.


Mau Tau Cara Pasang Lis Plafon PVC Yuk Cek Disini
Source: Ristanto HomeDecoration (Youtube).

Apabila menggunakan cara pertama, hanya perlu mengoleskan lem khusus terlebih dahulu pada permukaan lis bagian belakang. Setelah itu, tempelkan lis secara perlahan pada posisi yang tepat, kemudian tekan semua bagian hingga lis menempel dengan sempurna. Selanjutnya, tunggu lem hingga kering saja.

Namun, jika menggunakan cara kedua akan sedikit ribet. Pertama tempelkan lis plafon pada bagian yang diinginkan, kemudian tekan dan pasang paku. Setelah dirasa sudah pas, pukul paku dengan palu. Ingat, jangan sampai palu mengenai lis plafon, karena bisa membuatnya pecah. Jadi, apabila memilih cara yang kedua, tingkat kehati-hatian harus ditingkatkan.

5. Finishing

Tahap terakhir dari pemasangan lis plafon PVC adalah finishing. Hal ini dilakukan untuk memastikan lis plafon sudah terpasang secara sempurna atau belum. Lihat kembali lis plafon yang sudah menempel di dinding dan plafon, apabila belum terpasang dengan baik, maka harus segera diperbaiki.


Mau Tau Cara Pasang Lis Plafon PVC? Yuk Cek Disini
Ilustrasi Hasil Akhirnya Kira-kira Seperti ini.

Lis plafon PVC tidak hanya bisa dipasang oleh profesional saja. Jika sedang minim budget, cara pasang lis plafon PVC di atas bisa Anda praktekkan. Namun jika tidak memungkinkan untuk mengerjakannya sendiri, maka sebaiknya serahkan saja kepada ahlinya. Setidaknya dengan membaca informasi di atas, Anda jadi mengetahui teori-teori dasar cara memasang lis plafon.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Mau Tau Cara Pasang Lis Plafon PVC? Yuk Cek Disini"