Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk!

Cara membuat ventilasi udara di atap rumah - Rumah yang berada di kawasan beriklim tropis, biasanya akan memiliki karakteristik suhu udara yang khas. Pada musim hujan akan memiliki suhu udara yang lembab. Sedangkan pada waktu musim kemarau akan memiliki suhu udara yang panas.

Oleh karena itu, disarankan agar menggunakan ventilasi udara di atap rumah dikawasan tropis tersebut. Tujuannya agar suhu udara dirumah itu tidak ekstrim (terlalu panas saat kemarau dan terlalu lembab saat musim hujan).

Bila suhu udaranya terlalu lembab saat musim hujan, tentu kuman dan bakteri jadi tumbuh subur dirumah itu. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa kuman dan bakteri paling suka berada ditempat-tempat yang berhawa lembab. Kondisi seperti ini jangan sampai dibiarkan, karena dapat berpotensi menimbulkan berbagai penyakit bagi penguni rumah.

Sebaliknya, sirkulasi udara yang tidak lancar ini juga dapat menyebabkan suhu udara dirumah menjadi terlalu panas saat musim kemarau. Kondisi ini dapat mengakibatkan gangguan kesehatan tertentu, misalnya seperti biang keringat dan gangguan kulit lainnya.

Cara membuat ventilasi udara di atap rumah

 

Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk!
Popmama.com

Sirkulasi udara yang lancar bisa memberikan dampak positif pada tubuh pemilik rumah tersebut. Selain menjadi sehat, rumah pun akan terasa lebih nyaman untuk ditinggali. Berdasarkan hal tersebut, urusan ventilasi ini jangan dianggap remeh. Kenyamanan hunian merupakan hal paling utama yang harus diperhatikan.

Lalu, siapakah sebaiknya yang memasang ventilasi udara ini? Harus memanggil tukang atau dikerjakan sendiri saja?

Kalau Anda bisa mempelajari cara memasangnya sendiri, kemudian berusaha mempraktekannya pada rumah Anda, maka itu adalah langkah yang sangat bagus sekali. Tentu yang terbaik adalah berusaha menjadi pribadi yang mandiri dan mau belajar secara otodidak.

Namun bila memang ada bagian-bagian pemasangan tertentu yang hanya bisa dikerjakan oleh ahlinya, maka tidak mengapa Anda gunakan jasa seorang tukang/ahli desain bangunan. Toh nanti Anda bisa mengerjakannya bersama-sama dengan tukang tersebut. Nanti Anda yang punya ide tentang rancangannya, dan tukang itu yang akan mengeksekusi pengerjaannya.  

Jadi walaupun yang paling mengetahui cara membuat ventilasi udara di atap rumah adalah seorang tukang, namun sebagai pemilik rumah, sebaiknya Anda-lah yang memiliki ide tentang rancangan ventilasi udara di atap rumah tersebut.

Khususnya untuk pemilik rumah yang memiliki anak-anak usia balita, maka menggunakan ventilasi udara ini akan mendukung buah hati Anda untuk mendapatkan udara yang segar dan sehat. Intinya pemasangan ventilasi rumah ini akan memberikan dampak yang besar bagi kesehatan keluarga Anda. Bukankah kesehatan seluruh anggota keluarga merupakan hal yang paling penting dan harus menjadi prioritas utama? 

Info Menarik Lainnya : Kenali 5 Jenis Atap Rumah Multiroof ini Sebelum Membangun

Tahapan Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah 

Membuat ventilasi udara di atap rumah ini mungkin terkesan lebih sulit, jika dibandingkan dengan membuat ventilasi udara di ruangan lainnya. Oleh sebab itu, bila Anda mengalami kendala, atau merasa kebingungan dalam memilih desain yang sesuai, maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya (tukang/ahli desain bangunan).

Namun jika Anda ingin mengetahui tahapan cara pembuatannya secara mandiri (otodidak), maka itu juga tidak ada salahnya. Yuk kita sama-sama belajar dan saling berdiskusi di artikel ini. Berikut ini penulis telah merangkum tahapan-tahapannya.

Cekidot!

1. Membuat Sopi-Sopi untuk Bukaan Atap atau Membuat Jendela  


Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk!

Bukaan untuk ventilasi udara di atap rumah bisa dengan cara membuat sopi-sopi untuk mengalirkan udara. Namun, jika ruangan di bawah atap tersebut lebih luas, memilih untuk membuat jendela pada ruangan bawah atap rumah jauh lebih baik. Dengan demikian, rumah dapat menyerap udara lebih banyak.

Info Menarik Lainnya : Yuk Kenali 8 Jenis Atap Rumah Metal Berikut, Cekidot!

2. Membuat Ventilasi Tritisan pada Plafon 

 

Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk!
RumahLia.com
 

Ventilasi tritisan adalah ventilasi tambahan yang berfungsi untuk melindungi atap dari panas matahari dan hujan. Dengan demikian, ruangan di bawah atap tersebut menjadi lebih dingin pada cuaca panas. Disamping itu, tidak mudah lembab pada cuaca dingin,dimana sangat rentan tumbuhnya jamur.

3. Gunakanlah Kayu Reng yang Disusun Sejajar 

 

Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk!
Grid.id

 Kayu reng yang disusun berjajar pada ventilasi tersebut bisa mengurangi efek panas pada ventilasi tersebut. Tahapan ini sebaiknya untuk tidak dilewatkan sebagai cara membuat ventilasi udara di atap rumah yang sesuai dengan standar ventilasi udara yang sehat.

Info Menarik Lainnya : Mau Memilih Bahan Atap Rumah? Simak Rekomendasi Berikut

4. Lengkapi dengan Kawat Kasa

 

Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk!
Kawat Kasa.

Setelah membuat tahapan ketiga, maka langkah selanjutnya agar dapat membuat sirkulasi udara lebih lancar dan sejuk dengan ventilasi udara di atap rumah, harus dilengkapi dengan kawat kasa. Kawat kasa bisa menyerap energi panas pada sinar matahari. Sehingga ruangan pun akan lebih sejuk,karena sinar matahari tersebut telah di-filter sebelumnya.

5. Gunakanlah Lembaran Aluminium Foil untuk Mengurangi Panas 

 

Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk!
Galvalumart.com

Jika tidak ditemukan kawat kasa, alternatif lain untuk memilih bahan yang dapat meredam panas yaitu dengan menggunakan lembaran aluminium foil. Material ini mudah untuk ditemukan, dan juga sangat bermanfaat untuk menghantarkan panas dari sinar matahari.

Cara membuat ventilasi udara di atap rumah sedikitnya harus diketahui oleh pemilik rumah. Hal tersebut dimaksudkan, agar ketika terjadi permasalahan dalam ventilasi tersebut. Pemilik rumah mengetahui hal pertama kali yang harus dilakukan, sebelum memanggil tukang.

Semoga informasi di artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk! "