Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Yuk Kenali 8 Jenis Atap Rumah Metal Berikut, Cekidot!

Jenis atap rumah metal - Apakah Anda sudah familiar dan mengenal atap genteng yang terbuat dari metal? Yuk kita ulas bareng topik menarik ini. Cekidot!

Selama ini kita lebih sering melihat atap genteng yang terbuat dari tanah liat dan asbes. Memang kedua jenis bahan genteng itulah yang sudah familiar selama bertahun-tahun pada masyarakat Indonesia. Cukup jarang kita melihat atap rumah yang bahannya terbuat dari metal.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan atap genteng berbahan metal ini jarang digunakan orang. Salah satu penyebab utamanya adalah; karena genteng metal ini harganya relatif lebih mahal daripada genteng yang terbuat dari asbes dan tanah liat.

Namun tentu ini sudah menjadi konsekuensi logis.

Artinya jika harganya mahal, maka pasti juga berbanding lurus dengan kualitasnya yang juga lebih bagus. Dan faktanya genteng metal ini memang jauh lebih tahan lama waktu pemakaiannya, jika dibandingkan dengan genteng asbes dan tanah liat.

Hal ini karena jenis atap rumah metal memiliki beberapa kelebihan.

Diantaranya yaitu:

  1. Genteng logam memiliki daya tahan lebih lama. Beberapa produsen bahkan memberikan jaminan pemakaian hingga 20-50 tahun.
  2. Desain dan modelnya jauh lebih indah dipandang mata daripada genteng asbes dan tanah liat.
  3. Memiliki daya tahan terhadap hembusan angin. Jadi tidak mudah 'terbang' terkena angin badai atau puting beliung.
  4. Genteng metal juga tahan dari api.
  5. Genteng metal tertentu  bisa membuat hawa rumah jadi lebih sejuk.

Nah karena berbagai kelebihannya diatas, sehingga banyak rumah bergaya modern yang memakai jenis genteng logam ini. Salah satunya adalah rumah-rumah yang bergaya minimalis.

Yup! Rumah minimalis modern yang banyak terdapat dikota-kota besar, kini mulai banyak yang menggunakan jenis atap rumah metal. Tujuannya agar dapat mempercantik tampilan rumah minimalis tersebut. Sehingga jadi terkesan lebih berkelas dan elegan. Dengan menggunakan jenis atap metal itu, rumah tersebut pun akan tampak lebih mewah. 

Berikut ini ada beberapa jenis atap rumah metal.

Yuk di simak lebih lanjut!

1. Genteng Metal Standing Steam


Yuk Kenali 8 Jenis Atap Rumah Metal Berikut, Cekidot!
Galvalumart.com

Jenis atap rumah metal yang satu ini banyak digunakan untuk rumah minimalis modern. Tampilan genteng ini sangat unik dan terkesan mewah karena berbentuk garis lurus yang memberikan kesan elegan. Disamping itu, pemasangan genteng ini menggunakan sistem interlock, yaitu genteng yang menyatu dengan rangkanya. 

2. Genteng Metal Stainless Steel



Jenis genteng yang satu ini lebih kuat dan tahan lama, walaupun sedikit lebih berat. Namun, jenis yang satu ini, tidak kalah populer untuk digunakan pada rumah minimalis modern. Pasalnya, genteng yang satu ini pun memberikan tampilan yang elegan pada rumah tersebut. 

3.  Genteng Metal Galvalume Steel 


Yuk Kenali 8 Jenis Atap Rumah Metal Berikut, Cekidot!


Jenis atap rumah metal yang menggunakan Galvalume Steel ini, sedikit lebih unik. Namun, tetap menghadirkan unsur kemewahan untuk rumah. Meski demikian, tidak banyak yang mengenali jenis genteng tersebut, namun beberapa arsitektur merekomendasikan atap jenis ini pada rumah minimalis modern, pasalnya membuat atap rumah lebih rapi karena dipasang menggunakan sekrup 

4. Genteng Metal Tembaga


Yuk Kenali 8 Jenis Atap Rumah Metal Berikut, Cekidot!


Walaupun memiliki harga yang cukup mahal, namun rumah yang menggunakan genteng berbahan tembaga ini, terlihat lebih mewah. Oleh sebab itu, hanya beberapa orang saja yang menggunakan jenis genteng yang satu ini. Pasalnya, penggunaan genteng yang menggunakan bahan tersebut dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik. 

Info Menarik Lainnya : Mau Memilih Bahan Atap Rumah? Simak Rekomendasi Berikut

5. Genteng Metal Berpasir


Yuk Kenali 8 Jenis Atap Rumah Metal Berikut, Cekidot!


Memiliki tekstur seperti butiran pasir berwarna yang ditaburkan pada genteng metal, membuat jenis atap rumah metal yang satu ini tidak hanya berfungsi untuk melindungi rumah. Namun, dengan berbagai pilihan warna yang menarik membuatnya dapat mempercantik tampilan rumah. Oleh sebab itu, banyak rumah modern yang menggunakan jenis genteng tersebut. 

6. Genteng Metal Spandek


Yuk Kenali 8 Jenis Atap Rumah Metal Berikut, Cekidot!


Jenis yang satu ini biasa digunakan untuk atap pabrik, mall, dan toko minimalis. Bahan yang digunakannya pun terdiri dari campuran aluminium, seng, dan juga mengandung 1,5% silikon untuk membuat genteng ini lebih lentur. Permukaan genteng ini sedikit bergelombang agar mudah untuk di cat. 

Info Menarik Lainnya : Pasang Ventilasi Udara di Atap Rumah Agar Hunian Jadi Sejuk

 7. Genteng Metal Millenium


Yuk Kenali 8 Jenis Atap Rumah Metal Berikut, Cekidot!


Jenis genteng ini merupakan genteng stainless steel dengan kualitas premium. Pemilihan warnanya pun lebih elegan, karena menggunakan warna metal yang futuristik dengan memperkuat warna asli bahan metal tersebut. Cara pemasangannya pun menggunakan sistem interlock. Dengan demikian, genteng tersebut dianggap sebuah inovasi genteng modern. 

8. Genteng Metal Multiroof


Yuk Kenali 8 Jenis Atap Rumah Metal Berikut, Cekidot!


Jenis genteng yang satu ini, lebih kuat dibandingkan dengan jenis lainnya. Namun demikian, harganya cukup terjangkau. Oleh sebab itu, genteng ini termasuk dalam daftar genteng yang direkomendasikan untuk rumah minimalis modern. Pasalnya, dari segi tampilannya pun memiliki banyak pilihan warna yang dapat mempercantik rumah. 

Itulah beberapa jenis genteng berbahan metal yang cocok untuk membuat hunian lebih menarik dari luar. Khususnya pada rumah minimalis modern, banyak yang menggunakan genteng ini, karena ditinjau dari segi waktu pemasangan cukup singkat. 

Info Menarik Lainnya : Kenali 5 Jenis Atap Rumah Multiroof ini Sebelum Membangun

Saat ini, banyak orang yang beralih dari penggunaan genteng tanah liat pada genteng yang menggunakan bahan metal untuk atap rumah. Hal tersebut dikarenakan ditinjau dari beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor biaya yang lebih ekonomis, karena mudahnya dalam pemasangan. 

Penggunaan jenis atap rumah metal pada rumah minimalis akan memberikan kesan tersendiri. Memadukan kombinasi sederhana pada rumah minimalis dengan atap metal yang elegan, akan membuat rumah menjadi lebih cantik dan modern. 

Semoga informasi di artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "Yuk Kenali 8 Jenis Atap Rumah Metal Berikut, Cekidot!"