Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Pasang Ventilasi Udara di Atap Rumah Agar Hunian Jadi Sejuk

Ventilasi udara di atap rumah - Setiap rumah biasanya pasti ada ventilasinya. Karena mustahil rumah hunian tidak ada ventilasinya. Bahkan bunker persembunyian dibawah tanah pun tetap ada saluran udaranya. Ya walaupun mungkin bunker itu hanya punya satu saluran udara saja. Tapi yang jelas pasti tetap ada ventilasi udaranya.

Nah, kenapa ventilasi ini sangat penting pada sebuah rumah?

Karena ventilasi ini berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara. Sehingga pergantian udaranya berjalan dengan lancar. Alhasil rumah tersebut bisa mendapatkan udara yang segar. Bila sirkulasi udara telah lancar, pada akhirnya rumah itu jadi lebih sehat bagi penghuninya.

Bandingkan dengan rumah yang minim ventilasi udara. Biasanya rumah yang sangat sedikit ventilasi udara, maka hawanya akan jadi panas dan sumpek pada saat musim panas. Dan sebaliknya hawanya jadi lembab dan 'dingin anyep' pada saat musim hujan. Dan jelas kondisi rumah yang seperti ini tidak sehat bagi penghuninya. Itulah sebabnya sangat penting sekali ventilasi rumah yang proporsional.  

Memasang Ventilasi Udara di Atap Rumah.

Selama ini kebanyakan orang mengganggap ventilasi rumah itu identik dengan jendela. Padahal sebenarnya juga ada jenis ventilasi udara yang lain. Yakni ventilasi yang terdapat dibagian atap rumah. Ventilasi udara dibagian atap ini akan dapat membuat hawa rumah menjadi lebih sejuk.

Khususnya untuk rumah dua lantai, kadang kala ruangan terasa panas karena bisa saja diakibatkan oleh sirkulasi udara yang tidak lancar, atau kurangnya ventilasi udara. Oleh sebab itu, membuat rumah memiliki ventilasi udara yang cukup baik merupakan salah satu kriteria rumah sehat. 

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi sebuah rumah dinilai lebih. Disamping faktor lingkungan, faktor  ventilasi pun tidak kalah pentingnya. Ventilasi bisa Diletakan di dinding dekat dengan jendela, maupun di atap rumah. Pastinya kedua hal tersebut sama-sama berfungsi untuk memberikan udara yang lebih segar di dalam rumah 

5 Tips untuk Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah

Tanpa mengesampingkan nilai estetikanya, ventilasi udara di atap rumah pun bisa membuat udara di dalam rumah menjadi lebih sehat dan nyaman. Berikut ini beberapa desainnya: 

1. Bukaan Atap Berbentuk Jendela 


Pasang Ventilasi Udara di Atap Rumah Agar Hunian Jadi Sejuk
Grid.id

Pada rumah tingkat 2, terkadang dibuat desain khusus seperti jendela pada bagian atap rumah. Sepintas, rumah tersebut terlihat bukan rumah bertingkat. Padahal, jendela yang dibuat adalah ventilasi untuk lantai 2 pada rumah tersebut. Oleh sebab itu, desain ventilasi bentuk jendela tersebut bisa dijadikan alternatif pilihan. 

2. Penggunaan Bukaan Atap atau Sopi-Sopi 


Pasang Ventilasi Udara di Atap Rumah Agar Hunian Jadi Sejuk


Seringkali ditemukan atap seperti setengah terbuka. Hal tersebut merupakan desain ventilasi udara pada atap yang menggunakan model sopi-sopi. Sopi-sopi semacam kuda-kuda yang menyangga bagian atap rumah. Penggunaannya dimaksudkan agar membuat sejuk ruangan dalam rumah. 

Info Menarik Lainnya : Desain Pagar Balkon Minimalis Terbaru Yang Direkomendasikan

3. Beri Insulasi Atap


Pasang Ventilasi Udara di Atap Rumah Agar Hunian Jadi Sejuk


Desain ventilasi udara di atap rumah bisa menggunakan bahan insulasi atap. Apa itu insulasi atap? Ini adalah sejenis peredam panas yang diletakan dibagian bawah penutup atap. Dengan demikian, ruangan di rumah pun akan lebih sejuk. Misalnya penggunaan bahan beton untuk dak rumah. Tingkat kemiringan atap pun turut mempengaruhi sirkulasi udara. 

Info Menarik Lainnya : Gambar Balkon Minimalis Modern (Referensi Untuk Anda)

4. Bentuk Plafon yang Tinggi 


Pasang Ventilasi Udara di Atap Rumah Agar Hunian Jadi Sejuk


Mendesain ventilasi udara untuk atap bisa dilakukan dengan cara membuat plafon lebih tinggi. Dengan demikian, udara panas dapat ditekan keluar dan tergantikan dengan udara yang lebih sejuk. Bentuk plafon yang tinggi menjadikan sirkulasi udara lebih lancar. 

5. Penggunaan Turbin Ventilator pada Atap Rumah 


Pasang Ventilasi Udara di Atap Rumah Agar Hunian Jadi Sejuk


Turbin ventilator biasa digunakan untuk menghemat penggunaan AC. Menggunakan alat yang satu ini dapat membuat udara menjadi lebih sejuk. Disamping itu, sirkulasi udara lebih lancar. Oleh sebab itu, alat yang satu ini seringkali terdapat di rumah yang berada di kawasan bersuhu panas di kota besar. 

Info Menarik Lainnya : Tiang Teras Minimalis Batu Alam untuk Mempercantik Rumah

Manfaat Ventilasi Udara Atap Rumah 

Pada dasarnya ventilasi udara itu sendiri bermanfaat untuk membuat sirkulasi udara lebih lancar. Terlebih pada ventilasi udara di atap rumah, sangat bermanfaat untuk membuat sirkulasi udara lebih lancar dan membuat ruangan terasa lebih sejuk. 

Saat ini ada banyak sekali perumahan modern yang menggunakan ventilasi jenis ini. Terutama untuk hunian yang berada di kota-kota besar. Rumah yang menggunakan ventilasi udara tersebut, lebih terasa sejuk dan nyaman untuk ditinggali. 

Khususnya pada rumah yang dekat dengan kawasan jalan raya, yang terkesan panas dan juga banyak polusi dan debu. Dengan membuat sirkulasi udara lebih lancar, akan membuat polusi dan debu tidak akan menempel di ruangan sekitar rumah.

Membuat rumah lebih sejuk, tanpa menggunakan kipas angin atau air conditioner, bisa dilakukan dengan cara memilih ventilasi udara di atap rumah yang tentunya akan membuat tampilan rumah menjadi lebih elegan. Disamping itu, udara di dalam rumah pun akan lebih sejuk. 

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "Pasang Ventilasi Udara di Atap Rumah Agar Hunian Jadi Sejuk "