Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Memasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik

Plafon rumah dari terpal plastik - Apa itu plafon? Plafon adalah permukaan bagian atas dari interior rumah. Masyarakat indonesia pada umumnya lebih sering menyebut plafon ini dengan istilah langi-langit rumah.

Fungsi utama plafon adalah sebagai 'filter' hawa udara. Dengan adanya plafon ini maka hawa udara panas (saat kemarau) tidak langsung masuk ke dalam rumah. Demikian juga ketika musim hujan hawa dinginnya tidak terlalu menusuk tulang .

Selain berfungsi sebagai penyaring hawa udara, maka plafon juga punya fungsi lain. Yakni untuk memperindah tampilan interior, terutama di bagian atas rumah. Jadi plafon merupakan salah satu bagian penting dari interior rumah. Selain mampu menyaring hawa udara yang ekstrim, rumah Anda juga jadi terlihat lebih indah dan apik berkat plafon tersebut.

Pada umumnya rumah masyarakat di Indonesia memiliki plafon dari bahan triplek. Namun sayangnya plafon dari bahan triplek ini memiliki beberapa kekurangan. Diantara kekurangan tersebut adalah; bahan triplek ini mudah melar bila terkena rembesan air hujan. Selain itu warna plafonnya juga jadi belang-belang akibat terkena air bocoran atap rumah.

Bila plafonnya sudah melar dan berwarna belang-belang, tentu akan merusak nilai estetika interior rumah tersebut. Agar terhindar dari hal itu, maka Anda bisa memasang plafon yang terbuat dari bahan yang tahan air. 

Plafon rumah dari bahan plastik adalah salah satu alternatif yang layak jadi pilihan. Plafon plastik ini direkomendasikan karena harganya yang ekonomis. Selain itu juga karena cara memasangnya relatif lebih mudah. Lihat contohnya dibawah ini.


Cara Memasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik
Ilustrasi Terpal Plastik Anyaman.


Cara Memasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik
Ilustrasi Plafon Terpal Plastik Standar.

Berikut ini akan diuraikan tahapan cara memasang plafon rumah dari terpal plastik.

Simak yuk!

Pemasangan Rangka Plafon

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasang rangka. Sama seperti plafon yang terbuat dari triplek atau papan gypsum, maka plafon rumah dari terpal plastik juga harus memiliki penyangga (yang berfungsi untuk ‘mengikat plafon’).

Sebelum memasang rangka, tahapan yang harus diperhatikan adalah mengukur ketinggian rangka yang akan dipasang. Hal ini penting dilakukan agar sirkulasi udara dapat berfungsi dengan baik. Setelah itu, pasang rangka penggantung plafon, dan jangan lupa untuk melakukan tes beban. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Langkah selanjutnya adalah memberi marking batas pada plafon, dan jangan lupa juga untuk merapikan aliran listrik. Tujuannya agar jangan sampai terjadi konsleting di kemudian hari. Jika sudah selesai, maka rangka tersebut kini sudah siap dipasangi terpal.

Lihat contoh rangka plafon tersebut pada foto dibawah ini.


Cara Memasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik


Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk!

Cara Memasang Terpal

Setelah semuanya beres, selanjutnya tinggal memasang terpal yang yang sudah disiapkan. Mulailah dari bagian sudut terlebih dahulu lalu lanjutkan hingga ke bagian tengah. Lakukan ke seluruh bagian. Untuk bagian yang terdapat lampu, gunakan cutter untuk memotongnya lalu rapikan dengan gunting dan paku di sekeliling bagian tersebut agar lebih rapi.


Cara Memasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik
Ilustrasi.

Satu hal yang harus diingat saat memasang terpal adalah untuk sedikit menariknya saat memasangnya. Hal ini agar pada saat dipasang terpal menjadi lebih rapi. Namun jangan terlalu keras menariknya, karena bisa menyebabkan robek, yang tentunya selain membuat hasilnya tidak enak dipandang, juga akan mengurangi fungsinya.


Cara Memasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik
Ilustrasi.

Apabila menemukan sedikit kerutan atau lipatan pada saat selesai pemasangan, hal tersebut merupakan hal yang wajar. Seiring berjalannya waktu, lipatan atau kerutan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Info Menarik Lainnya : Mau Memilih Bahan Atap Rumah? Simak Rekomendasi Berikut

Sentuhan Terakhir, Pasang Lis profil

Agar terlihat lebih estetik dan apik, hal terakhir yang harus dilakukan adalah memasang lis di setiap tepian. Lis tersebut berguna untuk menutupi bagian pinggir yang tidak rata sehingga terlihat menjadi lebih rapi dan enak untuk dilihat. Lihat contoh lis tersebut dibawah ini.


Cara Memasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik
Profilindahsby.com

Untuk memasangnya pun cukup mudah, yang pertama adalah memotongnya terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan luas ruangan. Setelah itu, amplas terlebih dahulu bagian pinggirnya agar lebih halus dan rapi. Agar lebih menarik, cat lis profil tersebut dengan warna yang diinginkan. Setelah semua siap, maka lis profil siap dipasang.

Sama halnya dengan memasang plafon, pasang lis profil dari sudut terlebih dahulu dilanjutkan hingga ke tengah sampai ke sudut yang lain, dengan begitu pemasangan akan lebih rapi. Untuk memudahkan pengerjaan, sebaiknya menggunakan alat penembak paku.

Info Menarik Lainnya : Kenali 5 Jenis Atap Rumah Multiroof ini Sebelum Membangun

Plafon rumah dari terpal plastik memang salah satu solusi untuk rumah yang mudah dan murah, selain itu karena terbuat dari plastik maka akan lebih tahan air, sehingga ketika terjadi kebocoran tidak akan langsung merembes ke dalam ruangan. Terlebih lagi, bahan plastik juga tidak meninggalkan noda rembesan air ketika ada kebocoran.

Selain itu, terpal plastik juga memiliki beberapa pilihan warna yang untuk mendapatkannya tidak harus mengecat terlebih dahulu. Hal ini tentu saja lebih disukai karena lebih menghemat waktu pemasangan, selain itu untuk memasangnya pun tidak perlu memotong-motong terlebih dahulu seperti plafon gypsum atau triplek. Lebih praktis bukan?

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Cara Memasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik"