Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Desain Atap Rumah Miring yang Unik dan Nyentrik

Desain atap rumah miring - Jika dilihat secara sekilas, desain atap rumah miring tidak ada bedanya dengan rumah konvensional pada umumnya. Sebab, rumah konvensional di Indonesia juga rata-rata mengusung konsep atap miring pada kedua sisinya.

Nah, yang akan kita bahas di artikel kali ini adalah model atap miring yang sedikit berbeda dari model pada umumnya. Ada yang model atapnya miring hanya pada satu sisi saja, ada yang miringnya berlawanan, dan ada juga model miringnya kombinasi. 

Jika membaca keterangan pada paragraf terakhir diatas, mungkin Anda jadi bingung membayangkan modelnya ya? 😁 Tenang saja, nanti akan dilampirkan semua foto-fotonya dibawah. Sehingga Anda bisa tahu seperti apa saja bentuk, gaya, dan model-model atap miring ini.

Yang pastinya modelnya atap miring ini memang sangat unik dan anti mainstream.  Oleh karena itulah, tidak mengherankan jika desain baru ini langsung mendapat perhatian lebih dari para pecinta seni bangunan, dan masyarakat pada umumnya.

Beberapa fungsi dari desain atap rumah miring.

Kini fungsi atap tidak hanya sebagai pelindung rumah dari hujan dan terik matahari saja. Tapi model atap miring ini juga di yakini dapat menambah nilai estetika pada sebuah bangunan. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya bermunculan berbagai desain unik pada atap rumah. 

Atap miring sering dikaitkan dengan rumah-rumah yang mengusung konsep minimalis. Dan ternyata pemilihan model atap miring ada alasan tersendiri. Selain karena nilai estetika, desain atap miring ini relatif hemat biaya dan desain konstruksinya konon lebih mudah.

Berikut ini ada beberapa contoh desain atap rumah miring yang direkomendasikan. Mari lihat yuk.

Cekidot!

1. Atap Miring Sandar atau Skillion


5 Desain Atap Rumah Miring yang Unik dan Nyentrik
Ilustrasi. Foto by : Sydneyroof.com.au

Jenis atap miring sandar cukup populer di kalangan masyarakat yang senang dengan konsep minimalis. Tidak hanya bagian tambahan atau emperan saja, tetapi bangunan utama juga sudah banyak yang menggunakan desain ini.

Rumah terkesan lebih modern berkat bentuknya yang sangat unik, yaitu miring ke arah dua sisi. Namun, berbeda dengan atap rumah konvensional, atap skillion memiliki tinggi yang berbeda di kedua sisi, tetapi tetap simetris. Keunggulan dari desain tersebut adalah membuat halaman rumah aman dari cucuran air hujan.

2. Atap Miring Tepi Sawah


5 Desain Atap Rumah Miring yang Unik dan Nyentrik
Ilustrasi. Foto by : Thaihomeidea.com

Desain atap miring tepi sawah sangat cocok untuk rumah yang memiliki sisa halaman cukup luas atau kawasan tidak padat penduduk. Tujuannya yaitu agar lebih leluasa untuk mengatur arah dan tingkat kemiringan atap. Selain unik, rumah pun lebih aman dari risiko kebocoran, karena atap hanya miring ke satu arah.

3. Atap Miring Kombinasi


5 Desain Atap Rumah Miring yang Unik dan Nyentrik
Ilustrasi. Foto by : Pinterest.

Jika dilihat dari segi arsitektur, atap miring kombinasi terlihat sangat unik, karena menggabungkan kemiringan atap ke arah depan dan samping. Namun, jika tidak diimbangi dengan sistem pengairan yang tepat, desain tersebut malah dapat menimbulkan permasalahan tersendiri.

Sebab, air cucuran hujan tidak jatuh ke arah yang sama, sehingga membutuhkan jalur yang berbeda-beda. Oleh karena itu, jika berminat dengan desain atap rumah miring kombinasi, percayakan konstruksinya kepada orang yang benar-benar ahli. Jangan sampai menimbulkan masalah dengan tetangga sebelah rumah.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk!

4. Sawtooth Roof


5 Desain Atap Rumah Miring yang Unik dan Nyentrik
Ilustrasi. Foto by : Sydneyroof.com.au

Sawtooth roof sebenarnya hanya berupa atap skillion yang dibuat secara berkesinambungan (paralel). Meski bentuknya tampak lebih rumit, tetapi cocok untuk diaplikasikan pada rumah dengan konsep kontemporer. Poin utama dari desain ini adalah pemilihan genteng yang tepat. Tujuannya agar air hujan dapat jatuh dengan tepat dan tidak menggenang di sela-sela genteng.

Info Menarik Lainnya : Yuk Kenali 8 Jenis Atap Rumah Metal Berikut, Cekidot!

5. Atap Miring Pelana


5 Desain Atap Rumah Miring yang Unik dan Nyentrik
Ilustrasi. Foto by : Dekorrumah.net

Desain atap rumah miring pelana sebenarnya sama dengan rumah konvensional yang ada di Indonesia, terutama rumah tradisional zaman dahulu. Hanya saja, saat ini lebih banyak dibuat miring ke arah bagian depan dan belakang. Biasanya, sering diaplikasikan pada perumahan dengan lahan terbatas.

Tujuannya agar air hujan jatuhnya ke depan dan belakang, tidak mengganggu halaman orang lain. Agar tampak lebih unik, ada juga yang membuatnya dengan kemiringan berbeda di kedua sisi. Misal, salah satu atap memiliki kemiringan 60 derajat, sementara sisi lain hanya berkisar 40 derajat saja.

Info Menarik Lainnya : Mau Memilih Bahan Atap Rumah? Simak Rekomendasi Berikut

Demikian 5 desain atap rumah miring yang dapat membuat rumah menjadi lebih unik dan nyentrik. 

Asalkan dengan perhitungan dan rancangan yang pas, desain-desain di atas cukup aman untuk diwujudkan. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli konstruksi, agar tetap aman, nyaman, dan minim resiko. 

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "5 Desain Atap Rumah Miring yang Unik dan Nyentrik "