Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Mau Memilih Bahan Atap Rumah? Simak Rekomendasi Berikut

Memilih bahan atap rumah - Pada saat sedang membangun rumah, kebanyakan orang hanya fokus pada kualitas material pondasi dan tembok saja. Padahal seharusnya seluruh bagian dari bahan bangunan harus mendapatkan perhatian. Karena bangunan rumah merupakan satu kesatuan dari berbagai material yang ada. Sehingga jika kualitas semua material bangunan diperhatikan dengan baik, maka tentu bangunan rumah tersebut akan dapat lebih tahan lama.

Jadi jika Anda sedang membangun rumah, hendaknya perhatikanlah kualitas material bangunan Anda. Perhatikan seluruh aspek bahan material tanpa kecuali.

Termasuk dalam memilih bahan atap rumah Anda, maka tetap harus di amati kualitas bahannya.

Apa sebab?

Pasalnya, atap merupakan pelindung utama rumah dari curah air hujan, dan dari teriknya cahaya matahari di musim kemarau. Kalau kualitas bahan atapnya kurang bagus, maka bisa cepat lapuk atau bocor akibat perubahan cuaca.

Namun yang menjadi masalah adalah; terkadang orang bingung memilih bahan apa yang paling tepat dan sesuai untuk atap rumahnya. Bisa jadi hal ini terjadi karena masih sedikitnya informasi yang didapatkan. Sehingga membuat sebagian orang masih awam tentang material atap mana saja yang berkualitas baik. 

Oleh karena itulah penulis ingin berbagi informasi melalui tulisan ini. Semoga saja berkat info yang ada di artikel ini, sehingga dapat membantu Anda dalam memilih bahan atap rumah.

Yuk mari kita ulas lebih lanjut.

Jenis Bahan Atap Rumah 

Sebenarnya cukup banyak jenis bahan atap rumah. Untuk di Indonesia sendiri, biasanya orang menggunakan jenis bahan atap yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Nah, ada beberapa jenis atap rumah yang paling banyak digunakan di negara kita. 

Berikut diantaranya:

1. Atap Tanah Liat 


Mau Memilih Bahan Atap Rumah Simak Rekomendasi Berikut


Di Indonesia, banyak sekali ditemukan kawasan yang memiliki kualitas tanah liat terbaik. Oleh sebab itu, banyak  digunakan untuk membuat alat gerabah. Diantaranya digunakan untuk membuat genteng tanah liat. Dengan beberapa keunggulannya, banyak yang memilih bahan atap rumah untuk jenis genteng ini. 

2. Atap Rumah dari Asbes 


Mau Memilih Bahan Atap Rumah Simak Rekomendasi Berikut


Penggunaan asbes untuk atap rumah seringkali digunakan untuk membuat rumah sangat sederhana. Pasalnya, asbes memiliki harga yang cukup terjangkau. Disamping itu, jenis atap ini dijual dengan harga per meter, tentunya lebih ekonomis untuk digunakan sebagai atap rumah, karena membutuhkan beberapa lembar asbes saja. 

Info Menarik Lainnya : Pasang Ventilasi Udara di Atap Rumah Agar Hunian Jadi Sejuk

3. Atap Rumah dari Seng 

Mau Memilih Bahan Atap Rumah Simak Rekomendasi Berikut

Sama halnya seperti asbes, jenis atap yang terbuat dari seng ini dijual per meter. Namun, bahan seng lebih murah dibandingkan dengan asbes. Disamping itu, atap yang menggunakan bahan ini menimbulkan hawa panas pada ruangan. 

4. Atap Rumah dari Canopy 


Mau Memilih Bahan Atap Rumah Simak Rekomendasi Berikut


Penggunaan atap yang menggunakan bahan ini biasanya hanya digunakan untuk halaman rumah atau mempermanis tampilan rumah saja. Pasalnya, bahan Canopy memiliki warna yang transparan sehingga kurang cocok bila digunakan untuk atap rumah secara keseluruhan. 

Info Menarik Lainnya : Kenali 5 Jenis Atap Rumah Multiroof ini Sebelum Membangun

5. Atap Rumah dari Genteng Keramik 


Mau Memilih Bahan Atap Rumah Simak Rekomendasi Berikut


Jenis genteng yang satu ini sama-sama terbuat dari tanah liat, hanya saja lebih berat dari genteng tanah liat pada umumnya. Pasalnya, genteng ini dilapisi oleh lapisan keramik pada permukaan luarnya. Dengan demikian, rumah yang menggunakan genteng tersebut akan tampak lebih mewah. Memilih bahan atap rumah dari jenis ini memang berharga sedikit lebih mahal, namun sebanding dengan hasil yang didapatkannya. 

Info Menarik Lainnya : Desain Pagar Balkon Minimalis Terbaru Yang Direkomendasikan

Bahan Atap Rumah yang Direkomendasikan 

Dari sejak dulu, tradisi rumah di Indonesia banyak memilih bahan atap rumah dari tanah liat. Penggunaan genteng tersebut, dinilai lebih ekonomis dan juga tahan lama. Terlebih di Indonesia sendiri memiliki bahan baku tanah liat berkualitas terbaik untuk pembuatan genteng tersebut. 

Atap yang terbuat dari tanah liat pun bisa memberikan hawa sejuk pada ruangan, berbeda dengan jenis bahan lainnya yang dapat memberikan kesan panas pada ruangan di dalam rumah. Saat ini terdapat pula genteng keramik yang dapat membuat rumah menampilkan lebih mewah. 

Meski demikian, pada prakteknya pemilihan bahan baku untuk genteng tergantung pada selera pemilik rumah dan bentuk rumah tersebut. Sekalipun genteng untuk atap tersebut sangat direkomendasikan. Namun, tidak menjadikan sebuah keharusan untuk memilih atap rumah dari bahan tersebut. 

Memilih bahan atap rumah sangatlah penting dalam mendirikan sebuah rumah. Berbagai faktor menjadi pertimbangan hal tersebut. Jika masih kebingungan, sebaiknya untuk berkonsultasi dengan ahlinya atau arsitektur untuk memilih bahan yang tepat. 

Semoga info singkat ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "Mau Memilih Bahan Atap Rumah? Simak Rekomendasi Berikut "