Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Wallpaper Plafon Sendiri (Step by Step)

Cara memasang wallpaper plafon - Wallpaper jika diterjemahkan secara bebas ke bahasa Indonesia maka artinya adalah 'kertas dinding'. Wallpaper ini sendiri sudah banyak digunakan orang zaman sekarang. Fungsinya yaitu sebagai alat untuk menutupi dan menghias dinding rumah.


Sebenarnya tidak mengherankan jika wallpaper ini banyak dijadikan pilihan untuk mendekorasi rumah. Hal ini disebabkan karena kertas dinding ini motifnya memang sangat menarik sekali. Banyak sekali variasi wallpaper yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Anda bisa bebas memilih beragam bentuk wallpaper. Mulai dari motif tertentu hingga wallpaper model bergambar pasti tersedia dipasaran.

Namun sudah tahukah bahwa wallpaper tidak hanya terbatas untuk penghias dinding saja?

Yup! Selain untuk dinding, wallpaper ini juga banyak dipasang orang pada bagian plafon rumah. 

Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.

 

Cara Memasang Wallpaper Plafon Sendiri (Step by Step)
Ilustrasi.

 

Namun cara memasang wallpaper di plafon ini sedikit lebih sulit daripada memasangnya ke bagian dinding. Hal ini sebabkan karena posisi plafon memang lebih tinggi daripada dinding. Sehingga diperlukan ketelitian, ketepatan dan keahlian khusus dalam memasangnya.

Bagaimana cara memasang wallpaper plafon?

Jika Anda benar-benar tidak bisa memasangnya sendiri ke bagian plafon, maka Anda bisa memakai jasa orang yang ahli dalam memasang wallpaper ini. Sayangnya, menyewa jasa decorator ini bisa menghabiskan dana ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ya tentu saja ini sudah menjadi konsekuensinya bukan? 😊

Jadi jika Anda punya cukup dana berlebih untuk membayar jasa ahlinya, maka tentu itu tidak menjadi masalah. Yang penting hasil pekerjaannya bagus dan memuaskan.

Namun jika Anda ingin menghemat pengeluaran dan mau mencoba memasangnya sendiri, maka ini juga adalah keputusan yang bagus. Lagipula cara memasang wallpaper plafon tidak terlalu sulit-sulit amat kok. Saya yakin Anda pasti akan bisa jika telah tahu selah, teknik dan cara-cara memasangnya.

Mau tau caranya?

Yuk simak langkah dan cara memasang wallpaper plafon berikut ini.

Cekidot!

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum masuk ke cara memasang wallpaper plafon, langkah awal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan, yaitu:

  • Wallpaper & Lem. Nantinya lem dicampurkan dengan air hangat untuk membuat perekat wallpaper. Jika dirasa terlalu kental, boleh ditambahkan air dingin agar lebih encer.
  • Kape. Bahan yang satu ini bisa didapatkan di toko bahan bangunan. Fungsinya adalah untuk merapikan wallpaper saat dipasang agar tidak ada udara yang terperangkap.
  • Penggaris dan meteran. Dua alat ini berfungsi sebagai pengukur agar tidak terjadi kesalahan saat mengukur dan memotong wallpaper.
  • Cutter. Fungsinya untuk memotong wallpaper. Sebaiknya gunakan pisau cutter baru dan tajam agar hasil potongannya lebih halus.
  • Kuas dan roller. Roller digunakan untuk menyapukan lem pada wallpaper dan plafon. Sementara kuas difungsikan ketika tepi wallpaper atau plafon tidak dijangkau oleh roller.
  • Tangga. Berhubung plafon tidak bisa dicapai hanya dengan jinjit, maka dibutuhkan bantuan tangga untuk mencapainya dan memasang wallpaper.
  • Bak cat. Berfungsi sebagai wadah untuk mencampurkan lem.

2. Lakukan Pengukuran

Setelah mengumpulkan semua alat dan bahan, selanjutnya ukur panjang dan lebar plafon. Pastikan mengukur dengan saksama, agar tidak banyak bahan yang terbuang. Meski begitu, sebaiknya lebihkan sekitar 2.5 cm di setiap sisinya untuk menghindari kesalahan pengukuran atau pemotongan yang mungkin akan terjadi. Lihat foto ilustrasi pengukurannya dibawah ini.

 

Cara Memasang Wallpaper Plafon Sendiri (Step by Step)
Ilustrasi.
 

Selanjutnya, potong wallpaper sesuai ukuran, lihat contohnya pada foto dibawah ini. 


Cara Memasang Wallpaper Plafon Sendiri (Step by Step)
Ilustrasi. Foto by : Courtina.id
 

Jika menggunakan wallpaper bermotif, pastikan untuk menyesuaikan motifnya terlebih dahulu sebelum dipotong. Kemudian urutkan atau tandai potongan-potongan tersebut. Tujuannya untuk memudahkan pemasangan pada langkah selanjutnya nanti.

Info Menarik Lainnya : 5 Model Drop Ceiling Plafon untuk Rumah Minimalis

3. Bersihkan Permukaan Plafon

Agar cara memasang wallpaper plafon rapi, pastikan untuk mempersiapkan area kerja, dalam hal ini plafonnya, siapkanlah dengan baik. Bersihkan plafon dari debu dan cat yang mengelupas agar wallpaper bisa merekat dengan baik. Lihat ilustrasinya dibawah ini.

 

Cara Memasang Wallpaper Plafon Sendiri (Step by Step)
Ilustrasi. Foto by : Provolp.ru

Pastikan juga permukaannya bebas dari benda tajam seperti paku yang memungkinkan wallpaper robek.

Akan lebih baik jika permukaan plafon dicuci untuk memastikan tidak ada minyak dan kotoran menempel. Lalu, jika terdapat permukaan yang tidak rata, sebaiknya ratakan dulu menggunakan kape. Setelah dibersihkan kembali, pastikan atap dalam keadaan kering, kemudian lapisi dengan bubur lem wallpaper.

Info Menarik Lainnya : Desain Plafon Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3x6, Lihat Yuk!

4. Siapkan Wallpapernya

Wallpaper yang sudah dipotong (pada poin nomor 2 tadi) tidak bisa langsung digunakan, karena wallpapernya harus dilapisi lem terlebih dulu. Caranya, ambil satu lembar potongan wallpaper, kemudian posisikan motifnya menghadap ke bawah. Sapukan lem yang telah dibuat pada bagian belakang wallpaper dari arah tengah ke pinggir. 

Lihat ilustrasinya dibawah ini.

 

Cara Memasang Wallpaper Plafon Sendiri (Step by Step)
Ilustrasi. Foto by : Rumahlia.com
 

Sebaiknya gunakan roller agar lebih cepat, kemudian kuas pinggiran yang tidak terkena cat. Setelah itu, lipat lembaran wallpaper jika ukurannya cukup panjang untuk dipasang. Saat melipat, pastikan bagian basah bertemu dengan yang basah.

Info Menarik Lainnya : 5 Desain Plafon PVC Terbaik Untuk Rumah Anda

5. Cara Memasang Wallpaper Plafon

Setelah wallpaper dilapisi lem, angkat ujungnya dan tempelkan mulai dari sudut plafon. Jangan lupa menggunakan kape untuk meratakan lem dan merapikan pemasangan wallpaper. Selain itu, kape juga akan mengeluarkan gelembung udara  yang membuat wallpaper tidak merekat. Mintalah bantuan seseorang untuk menahan ujung wallpaper agar tidak bergeser saat saat dipasang. 

Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.

 

Cara Memasang Wallpaper Plafon Sendiri (Step by Step)
Ilustrasi.
 

Ulangi langkah 4 dan 5 sampai semua permukaan plafon tertutupi wallpaper dengan sempurna. Setelah terpasang, beberapa sisi wallpaper mungkin terlihat kurang rapi. Namun jangan khawatir karena bagian-bagian tersebut bisa dirapikan kembali menggunakan kape. Rapikan pula bagian wallpaper yang berlebih.

Itulah langkah-langkah atau cara memasang wallpaper plafon. Tidak terlalu sulit 'kan? Namun ingat; tetap perhatikan keamanan dan keselamatan pribadi ya, mengingat ada resiko terjatuh saat bekerja di ketinggian.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Memasang Wallpaper Plafon Sendiri (Step by Step)"