Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Model Drop Ceiling Plafon untuk Rumah Minimalis

Model drop ceiling plafon - Drop ceiling plafon merupakan jenis plafon dekoratif yang sedang trend dan banyak diminati orang. Sebenarnya sangat wajar dan tidak mengherankan jika model plafon ini banyak dipilih orang. Sebab model plafon ini bentuknya memang sangat unik dan menarik.

Lalu, apa sih sebenarnya model drop ceiling plafon itu?

Jadi drop ceiling itu adalah semacam plafon yang modelnya 'menggantung'. Sesuai dengan namanya yang terdiri dari 2 suku kata, yakni Drop yang bisa diartikan 'turun' atau 'menggantung', dan Ceiling yang merupakan sebutan (istilah lain) dari plafon. Jadi terjemahan bebas 'drop ceiling' ini adalah; rancangan plafon yang posisinya 'turun', sehingga seolah-seolah bentuk plafonnya sedang menggantung dibagian langit-langit rumah.

Lihat salah satu contoh model drop ceiling plafon tersebut pada foto dibawah ini.  

 

5 Model Drop Ceiling Plafon untuk Rumah Minimalis
Ilustrasi. Foto by : i.ytimg.com
 

Kelebihan dari plafon model drop ceiling ini adalah karena mampu memberikan aksen pantulan cahaya yang unik dari dalam bagian drop ceiling tersebut. Pantulan cahaya itu dapat diperoleh menggunakan teknik indirect lighting.

Sekarang coba Anda perhatikan lagi foto diatas, jelas sekali ada kesan pantulan cahaya dari bagian dalam plafon tersebut bukan? So, hal inilah yang membuat model plafon drop ceiling ini menjadi sangat unik dan artistik. Lihat contoh ilustrasi lainnya pada foto dibawah ini.

 

5 Model Drop Ceiling Plafon untuk Rumah Minimalis
Ilustrasi. Foto by : Selera.id
 

Setelah melihat kedua foto diatas, pasti Anda semua akan sepakat bahwa model plafon seperti ini akan membuat tampilan rumah menjadi lebih mewah dan modern. Nah, dalam pembahasan kali ini, akan ada beberapa inspirasi model drop ceiling plafon yang dapat ditiru untuk memperindah ruangan rumah Anda.

Cara Merawat Plafon

Sebelum mengetahui apa saja model drop ceiling plafon, alangkah lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga plafon rumah, terutama plafon dengan model drop ceiling.

Cara yang pertama adalah untuk menjaga kelembaban ruangan. Kelembaban yang berlebihan di ruangan akan memicu jamur untuk tumbuh di plafon. Penggunaan humidifier merupakan salah satu penyebabnya. Usahakan untuk menjaga ruangan agar tetap bersih dan kering. Dengan begitu, jamur dan bakteri lainnya tidak akan tumbuh di plafon.

Selanjutnya, segera perbaiki masalah kebocoran. Rumah yang bocor merupakan masalah klasik. Namun untuk menjaga plafon tetap cantik dan kondisinya baik, kebocoran harus segera diatasi. Kebocoran yang dibiarkan terlalu lama nantinya akan menyebabkan jamur tumbuh dan jika sudah parah, plafon dapat lapuk dan roboh.

Yang terakhir, bersihkan debu dengan rutin. Di plafon dengan model drop ceiling, debu akan lebih mudah menempel dan tersangkut. Oleh karena itu, pembersihan secara rutin harus selalu dilakukan. Bersihkan debu dengan kemoceng atau jika bisa seka dengan lap agar debu bersih dengan sempurna.

Model Plafon Drop Ceiling

Nah, jika sudah mengetahui cara merawatnya maka di bawah ini adalah beberapa inspirasi model drop ceiling plafon yang dapat dipilih.

Cekidot!

1. Drop Ceiling Kayu Ruang Tamu

 

5 Model Drop Ceiling Plafon untuk Rumah Minimalis
Ilustrasi.

Kayu dapat menjadi dekorasi yang indah di plafon rumah. Kombinasi kayu dengan furniture rumah minimalis akan menambah kemewahan ruangan. 

Bilah-bilah kayu yang diatur sejajar seperti ini akan membuat ruangan terasa lebih luas dan lebar. Terlebih lagi, jika ada lampu-lampu di sela bilah kayu, maka tentu akan memberikan ilusi cahaya yang menarik. 

Pemilihan warna bilah kayu juga akan menentukan tampilan. Sebaiknya pilihlah warna kayu yang gelap agar tampilan lebih menarik.

2. Drop Ceiling Blok Kayu Ruang Makan

 

5 Model Drop Ceiling Plafon untuk Rumah Minimalis
Ilustrasi. Foto by : Archdaily.com

Ruang makan merupakan salah satu ruangan yang paling sering dipakai di rumah. Karenanya, penampilannya sangat penting. Menambahkan potongan kayu tebal dengan tatanan yang modern seperti ini akan membuat ruang makan lebih indah. 

Drop ceiling plafon seperti ini cocok di rumah minimalis dengan banyak aksen natural. Desainnya yang simple dan mudah dipasang menjadi kelebihannya tersendiri.

Info Menarik Lainnya : Desain Plafon Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3x6, Lihat Yuk!

3. Drop Ceiling Variatif Kamar Tidur

 

5 Model Drop Ceiling Plafon untuk Rumah Minimalis
Ilustrasi.

Untuk penyuka desain futuristik dan simple, desain plafon ini pastinya akan menarik. Terkadang, drop ceiling yang full dan besar tidak akan cocok di ruangan yang sempit. 

Contohnya di kamar tidur sempit ini, drop ceiling yang dibuat seperti garis-garis akan memberi ilusi ruangan yang lebih luas. Ketebalan dan jumlah garis dapat disesuaikan dengan ruangan. Jika ruangan sangat sempit, buat garis yang tipis.

Info Menarik Lainnya : 5 Desain Plafon PVC Terbaik Untuk Rumah Anda

4. Drop Ceiling Geometris

 

5 Model Drop Ceiling Plafon untuk Rumah Minimalis
Ilustrasi. Foto by : Gharpedia.com

Drop ceiling dengan model geometris akan menambah unsur artistik di dalam ruangan. Model drop ceiling ini sederhana, sehingga cocok untuk ditempatkan di ruangan mana saja. 

Penambahan lampu led strip di antara celah-celahnya akan menambah keindahan dari model plafon ini. Drop ceiling geometris dapat menjadi sebuah dekorasi utama di ruangan yang ditempati.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Plafon Rumah dari Triplek (Tutorial)

5. Drop Ceiling Motif Bunga

 

5 Model Drop Ceiling Plafon untuk Rumah Minimalis
Ilustrasi. Foto by : Homify.in

Motif bunga sangat jarang ditemukan di plafon rumah-rumah lain. Karenanya, dengan desain drop ceiling ini rumah pemasangnya akan menjadi unik dan berbeda dari yang lain. 

Model kelopak bunga akan memberikan suasana yang tenang dan lembut di ruangan tempat plafon tersebut dipasang. Besar kecilnya kelopak bunga dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan. Semakin besar dan tinggi ruangan, maka kelopak bunga juga disarankan semakin besar.

Sekian pembahasan mengenai model-model drop ceiling plafon yang sekiranya dapat menjadi inspirasi. Sebagai catatan, pilih model plafon yang cocok dengan ruangan. Semoga informasi yang diberikan diatas cukup jelas dan dapat bermanfaat bagi Anda semuanya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "5 Model Drop Ceiling Plafon untuk Rumah Minimalis "