Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5+ Cara Memasang Karpet Lantai Plastik, Simak Yuk!

Cara memasang karpet lantai plastik - Belakangan ini karpet lantai plastik tampaknya mulai banyak digunakan orang. Karpet ini banyak dipilih untuk mempercantik ruangan dengan biaya murah (low budget). 

Maklumlah, sekarang ini lagi zaman krisis akibat pandemi yang masih terus berkepanjangan. Sehingga banyak orang yang berupaya agar dapat memangkas pengeluaran dengan sehemat mungkin.

Mereka terus memutar otak untuk mencari alternatif lain. 

Contohnya seperti ketika membeli produk, maka mereka berupaya mencari produk yang harganya murah, tapi kualitasnya gak murahan. Salah satu contohnya yaitu karpet lantai plastik ini.  

Dan terkait dengan pandemi ini, maka mari kita sama-sama berdoa semoga wabah cepat berlalu. 

Aammiin.

Back to topic.

Karpet lantai plastik ini cukup banyak kelebihannya. 

Keunggulan yang paling utama yaitu harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jenis karpet lain.

Disamping itu, karpet lantai juga memiliki beberapa kelebihan lainnya. 

Diantaranya sbb:

Bersifat Tahan Lama

Karpet plastik bisa tahan lama karena terbuat dari bahan sintetis (buatan). Oleh karena itu, karpet plastik tidak akan lapuk akibat kelembaban. 

Berbeda halnya dengan karpet yang terbuat dari bahan alami (hewan dan tumbuhan). Karpet alamiah tersebut akan bisa lapuk jika terlalu lama terkena air (lembab). Karena bakteri dan jamur paling suka dengan area yang lembab, sehingga lama kelamaan menjadi lapuk.  

Mudah Dibersihkan

Karpet plastik lebih mudah dibersihkan karena permukaannya yang bersifat 'licin' dan rata. Jika dianalogikan, maka permukaan karpet plastik mirip-mirip dengan permukaan keramik. Anda bisa dengan mudah membersihkannya menggunakan kain pel dan cairan pembersih lantai.

Bisa Dipasang Sendiri

Nah inilah kelebihan lainnya pada karpet lantai plastik yang akan diulas secara khusus di artikel ini. Karpet plastik memang bisa dipasang sendiri. Penulis yakin pasti semua orang bisa melakukannnya. 

Namun tentu cara memasang karpet lantai plastik tersebut harus dilakukan dengan baik dan benar. 


5+ Cara Memasang Karpet Lantai Plastik, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Om Doeng TV (Youtube).

Tujuannya agar hasil pemasangan karpetnya terlihat rata dan rapi (tidak terlipat, melengkung, atau bergelombang). Nah untuk mendapatkan hasil maksimal, maka Anda perlu tahu apa saja tips dan tahapan yang perlu dilakukan saat memasang karpet plastik tersebut.

Yuk ikuti penjelasan selengkapnya.

Langkah-Langkah Memasang Karpet Lantai Plastik

Sebelum proses pemasangan, pertama catat alat dan bahannya terlebih dahulu. Contohnya seperti karpet, lem (floor grippers), tiang penahan (stair rods), dan pisau pemotong. 

Setelah itu, simak cara memasang karpet lantai plastik berikut ini.

1. Mengosongkan Ruangan


5+ Cara Memasang Karpet Lantai Plastik, Simak Yuk!
Ilustrasi.


Langkah pertama dari cara memasang karpet lantai plastik adalah mengosongkan ruangan yang akan dipasang karpet. Tujuannya agar pengukuran dan pemasangan bisa dilakukan dengan mudah (tanpa terhalang oleh perabot).

2. Mengukur Luas Lantai


5+ Cara Memasang Karpet Lantai Plastik, Simak Yuk!
Ilustrasi. 


Selanjutnya, ukur keseluruhan lantai ruangan dengan meteran. Hal ini sangat penting untuk mengetahui berapa banyak karpet plastik yang harus disediakan (untuk menutupi keseluruhan permukaan). Pastikan Anda telah mengukurnya dengan tepat. 

Catatan: Sebaiknya lebihkan potongan karpetnya sekitar 10 cm pada tiap sisi. Tujuannya untuk menghindari kesalahan pengukuran. Lebih baik potongannya berlebih sedikit daripada kurang.

Info Menarik Lainnya : Bagaimana Cara Membersihkan Keramik yang Ada Semennya?

3. Membersihkan Lantai


5+ Cara Memasang Karpet Lantai Plastik, Simak Yuk!
Ilustrasi. 


Sebelum memasang karpet, hendaknya bersihkan terlebih dahulu lantainya dari kotoran, debu, atau jamur yang menempel. Pastikan lantai dalam keadaan kering dan bersih sebelum pemasangan. 

Jika kondisi lantainya bergelombang, berlubang, atau kasar, maka sangat disarankan untuk menggunakan pelapis karpet (underlayer).

4. Memasang Karpet Lantai Plastik

Setelah semua permukaan lantai telah bersih dan mulus, silahkan Anda pasang karpetnya. 

Pemasangan karpet lantai plastik diawali dengan membentangkan karpet ke lantai, lalu pastikan tata letaknya telah benar. Setelah posisinya pas, kemudian oleskan lem pada permukaan lantai tersebut. 

Diamkan beberapa detik hingga lemnya agak kering. 

Kemudian tempelkan karpet plastiknya. Lakukan dengan teliti dan seksama agar hasilnya rapi.

5. Merapikan Karpet Lantai Plastik

Terakhir, saatnya untuk merapikan karpet secara keseluruhan. Potonglah ujung karpet yang berlebih menggunakan pisau khusus (agar hasil pinggirannya rapi). Kemudian, manfaatkan tiang penahan karpet untuk mencegah udara yang terperangkap dibawah karpet tersebut. 

Biasanya udara yang terperangkap itu dapat menimbulkan gelombang/gelembung dipermukaan karpet. 

Sehingga sangat penting agar karpetnya bisa terpasang serata mungkin. Gunakan pula stair rods pada anak tangga untuk merapikan karpet. 

Untuk cara meratakan karpet lantai plastik selengkapnya, yuk simak terus pembahasan lanjutannya dibawah.

Info Menarik Lainnya : Cara Pasang Paving Block Sendiri dengan Mudah, Lihat Yuk!

Tips Cara Memasang Karpet Lantai Plastik Agar Rapi

Jadi memasang karpet lantai plastik memang terbilang mudah. Namun bila tidak hati-hati saat memasangnya, maka dapat menimbulkan kerutan, bahkan gelembung pada permukaannya. Tentu saja hal itu akan mengganggu pemandangan. 

Selain itu juga dapat menyebabkan lantai karpetnya cepat rusak. 

Agar hasil akhirnya bisa rapi, cobalah terapkan beberapa tips berikut ini.


5+ Cara Memasang Karpet Lantai Plastik, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Rumah Anak Sipil (Youtube).

1. Kurangi Lipatan atau Lengkungan pada Karpet

Biasanya karpet dibeli dalam satuan meter dan digulung. Nah, gulungan ini bisa menyebabkan karpet melengkung saat dipasang (tidak bisa rata). Lalu kira-kira apa ya solusinya? 

Anda dapat menghilangkan lengkungan tersebut dengan mudah. 

Caranya gulunglah karpet tersebut secara terbalik, kemudian diamkan selama beberapa saat lamanya. Setelah itu coba buka lagi gulungannya. Jika karpetnya sudah bisa diletakkan dengan posisi rata, maka Anda tinggal memasangnya saja ke lantai rumah Anda.

Cara lainnya, yaitu bisa dengan membuka gulungan karpet plastik itu, kemudian jemur di bawah sinar terik matahari. Nanti bahan karpet tersebut akan memuai, sehingga membuatnya menjadi rata kembali.

2. Gunakan Underlay Karpet

Permukaan lantai yang tidak rata adalah salah satu penyebab utama terjadinya gelembung/lengkungan. 

Sehingga Anda perlu untuk memberi alas lantai rumah dengan underlay. 

Penggunaan underlay sebagai dasar karpet akan menghasilkan permukaan yang halus tanpa rongga. Dengan begitu, maka kemungkinan terbentuknya lengkungan pada karpet dapat lebih diminimalisir. 

Selain itu, underlay juga berfungsi untuk menahan karpet agar tidak bergeser.

Info Menarik Lainnya : Cara Membersihkan Keramik Kasar (Agar Halus & Berkilau)

3. Suntikkan Lem

Biasanya karpet plastik ini dipasang pada lantai ubin (semen). Terkadang pada lantai ubin ini ada beberapa tonjolan dipermukaannya, sehingga membuat permukaannya jadi terlihat tidak rata. 

Nah, tonjolan ini dapat menjadikan karpet plastik tersebut terlihat tidak rapi. 

Solusinya, selain menggunakan underlay, maka bisa juga dengan menyuntikkan lem pada bagian tengah tonjolan, kemudian menyebarnya hingga ke bagian tepi. Cabut jarum suntik dan tekan karpet dari tengah ke tepi tonjolan untuk merapikan.

Itulah diatas cara memasang karpet lantai plastik dan beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Jika Anda telah melakukan semua cara diatas dengan benar, maka pasti Anda akan mendapatkan hasil akhir yang memuaskan. Yakni karpet lantai plastik yang bersih, indah dan rapi.

Memasang karpet lantai plastik akan lebih mudah jika dilakukan bersama orang lain. Misalnya dibantu oleh saudara, teman, tetangga, dan lain sebagainya. Selamat mencoba ya!

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5+ Cara Memasang Karpet Lantai Plastik, Simak Yuk!"