Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membersihkan Keramik Kasar (Agar Halus & Berkilau)

Cara membersihkan keramik kasar - Keramik termasuk jenis material yang banyak digunakan pada berbagai bangunan. Fungsi keramik sendiri adalah untuk melapisi bagian dinding dan lantai bangunan. 

Dengan dipasangi keramik, bangunan tersebut jadi tampak lebih indah dipandang mata. Hal ini karena permukaan keramik memiliki bermacam motif dan warna yang sangat cantik. Sehingga tiap rumah dan bangunan yang dipasangi keramik akan terlihat lebih mewah dan elegan.

Pilihan yang disajikan juga terbilang banyak. Baik dari segi bentuk, warna, ukuran, bahan, maupun motifnya yang beraneka ragam. Nah, karena begitu vitalnya fungsi keramik pada keindahan pada sebuah rumah, sehingga informasi tentang cara membersihkan keramik kasar jadi banyak dicari orang.

Kenapa ini bisa terjadi? 

Karena ada beberapa masalah yang sering terjadi saat bangunan baru saja dipasangi keramik. Apa itu? Yaitu terkadang permukaan keramiknya masih kasar. Sehingga jadi terasa kurang nyaman di injak (keramik bagian lantai), dan tidak enak dilihat (keramik bagian dinding).

Cara Membersihkan Keramik Kasar


Cara Membersihkan Keramik Kasar Agar Halus dan Berkilau
Ilustrasi.

Banyak faktor yang membuat keramik masih terasa/terlihat kasar. Diantara penyebabnya yaitu masih adanya-sisa semen, atau bahan nat sela-sela keramik yang menempel di permukaannya. 

Penyebab lainnya, yaitu karena adanya debu dan kotoran yang menempel dipermukaan keramik tersebut. Kombinasi dari semua itu, sehingga membuat permukaan keramiknya jadi kasar (jika tersentuh kulit). Selain itu, keramiknya juga jadi tampak kusam dipandang mata. 

Lalu apa solusinya?

Nah, berikut ini akan di uraikan secara detail tentang cara membersihkan keramik kasar tersebut.

Simak yuk, cekidot!

1. Bersihkan Noda Keramik Sesegera Mungkin



Jika Anda baru saja selesai (finishing) memasang keramik pada rumah Anda, dan ada sisa semen atau nat yang menempel di keramik tersebut, maka Anda harus membersihkannya dengan sesegera mungkin. 

Jangan pernah ditunda-tunda membersihkannya. 

Hal ini bertujuan agar sisa semen atau nat keramik yang menempel itu tidak terlanjur mengeras. Karena jika sudah mengeras, maka akan menyatu dengan unsur permukaan keramik tersebut. Sehingga jadi lebih sulit untuk membersihkannya. 

Selain itu, bila ada sisa makanan, minuman, air cucian, dan berbagai kotoran yang tumpah di atas keramik itu, maka langsung bersihkanlah. Jangan pernah meremehkannya. Karena kotoran yang menempel terlalu lama itu akan meninggalkan noda yang sulit dibersihkan. 

2. Gosok Keramik Tersebut Secara Rutin


Cara Membersihkan Keramik Kasar Agar Halus dan Berkilau
Ilustrasi. Foto by : K. Tatik Wardayati/Intisari.grid.id

Cara membersihkan keramik kasar yang paling efektif adalah dengan menggosok keramik tersebut secara rutin. Cara ini dianjurkan untuk dilakukan setiap hari dan minimal tiga kali dalam kurun waktu sepekan. Supaya hasil yang didapat juga maksimal dan kerak yang menempel diatas permukaan keramik cepat hilang. Maka gosok keramik sesering mungkin.

Sikat untuk menggosok keramik yang dapat digunakan salah satunya terbuat dari bahan nylon. Jika dalam menggosok keramik secara berkala masih belum mendapat perubahan. Maka dalam proses menggosok dapat ditambahkan dengan cairan pembersih keramik.

Namun kalau menggunakan cairan pembersih keramik, perlu adanya kehati-hatian. Pastikan setelah selesai menggosok keramik, langsung bilas keramik tersebut sampai bersih.jangan sampai meninggalkan sisa cairan pembersih.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor & Perawatannya

3. Sering Menyapu Lantai


Cara Membersihkan Keramik Kasar Agar Halus dan Berkilau

Menjaga kebersihan dengan menyapu lantai menjadi salah satu cara membersihkan keramik kasar selanjutnya. Sebab dengan cara ini kotoran yang terdapat di permukaan keramik akan disingkirkan secepat mungkin agar tidak menjadi kerak. Sebab jika kotoran sudah terlanjur menjadi kerak, pembersihan yang perlu dilakukan juga lebih ekstra.

Kotoran yang menempel di lantai walaupun tidak terlihat dapat memicu timbulnya rasa kasar keramik lantai. Kotoran tersebut berasal dari berbagai sumber. Bisa dari tumpahan makanan, air, debu ataupun sisa pasir di tepian keramik. Usaha ini tergolong ringan dilakukan supaya keramik tidak tertutup oleh kotoran yang menimbulkan rasa kasar.

Info Menarik Lainnya : 6 Langkah & Cara Pasang Keramik Kamar Mandi Yang Benar

4. Rutin Mengepel Lantai


Cara Membersihkan Keramik Kasar Agar Halus dan Berkilau
Ilustrasi. Foto by : Blog.kliknclean.com

Banyak orang yang merasa tidak perlu mengepel lantai setiap hari, dengan disapu saja sudah cukup. Namun perlu diketahui bahwa jika keramik di lantai kasar bukan karena model bentuknya, melainkan karena berbagai kotoran yang menempel. Maka pembersihan dengan cara mengepel lantai perlu dilakukan bahkan saat kotoran tidak tampak oleh mata.

Karena dari tidak tampak itulah akan menyebabkan debu bertumpuk dan suatu saat akan menjadi tebal dan berkerak. Usahakan dalam proses mengepel lantai tidak menggunakan cairan pembersih lantai. Sebab cairan pembersih lantai akan menimbulkan kesan lengket dan membuat kotoran mudah untuk menempel.

Info Menarik Lainnya : 8 Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis Terbaik

5. Hindari Penggunaan Cairan Pembersih Yang Memiliki Kadar Asam Tinggi

Mayoritas orang berfikir jika cara membersihkan keramik kasar yang tepat adalah dengan menggunakan cairan pembersih lantai. Cara ini memang tidak salah, namun perlu diperhatikan lebih jauh lagi. 


Cara Membersihkan Keramik Kasar Agar Halus dan Berkilau
Ilustrasi. Foto by : Health.grid.id

Perhatikan jenis cairan pembersih lantai yang sedang digunakan. Jangan memakai cairan pembersih lantai yang memiliki kandungan asam tinggi.

Sebab kandungan asam tinggi yang terdapat pada cairan pembersih lantai bukannya membuat keramik tampak lebih berkilau, justru membuat keramik tampak kusam dan kasar.

Nah, dengan 5 cara membersihkan keramik kasar diatas semoga dapat menjadi solusi. Khususnya bagi pemilik lantai keramik yang masih kasar karena sisa semen, nat, dan kotoran.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Keramik Kasar (Agar Halus & Berkilau)"