Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor & Perawatannya

Cara mengatasi keramik kamar mandi bocor - Pada umumnya rumah masyarakat Indonesia saat ini lantai kamar mandinya sudah terbuat dari keramik. Memang masih banyak juga yang lantai kamar mandinya terbuat dari ubin semen. Biasanya kamar mandi berlantai ubin ini banyak ditemui di daerah-daerah pedesaan. Namun faktanya, kini sudah banyak juga orang-orang di desa yang mulai keramik di lantai kamar mandinya.

Kenapa mulai banyak orang yang lebih suka keramik untuk lantai dan dinding kamar mandinya? 

Jawabannya; karena lantai dan dinding dari keramik itu jauh lebih indah dipandang mata. Saya yakin semua orang sepakat akan hal ini. Jadi faktor utama adalah karena nilai estetika. Oleh karena suasana rumah-rumah bergaya modern saat ini, pasti kamar mandinya melayani oleh keramik. 

Namun disamping kelebihannya, maka tentu keramik ini tentu juga ada sisi kekurangannya. Beberapa kekurangan keramik di antaranya; Tidak tahan terkena benturan benda keras, tidak tahan terkena goncangan (misalnya gempa), tidak elastis dan sulit dipasang dipermukaan melengkung, mudah tergores atau pecah, dll.

Nah bisa jadi salah satu hal diatas sedang diminta oleh kamar mandi Anda. Misalnya keramiknya pecah, retak, atau mengalami kebocoran di sela-sela keramiknya. Penyebabnya tentu beragam. Mungkin pernah terbentur atau kejatuhan benda yang keras (misalnya besi). Atau mungkin juga berulang karena pernah terkena gempa goncangan gempa. Seperti diketahui bahwa kita tahu bahwa ada beberapa daerah di Indonesia yang sering digoncangkan oleh gempa.

Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor


Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor & Perawatannya
Ilustrasi. Foto oleh: Gusz Project (Youtube).

Keramik yang retak atau pecah ini biasanya cukup mengganggu. Jika kamar mandinya terletak di lantai dua rumah Anda. Akibatnya rembesan udara dari kamar mandi jadi mengalir di sela-rela retakan keramik tersebut. Intinya keramik kamar mandi tersebut jadi bocor.

Lalu, bagaimana cara mengatasi keramik kamar mandi bocor tersebut?

Yuk simak uraian berikut ini, cekidot!

1. Pastikan Keramik Telah Menempel Dengan Sempurna

Hal ini sangat penting dilakukan ketika membuat kamar mandi baru. Keramik yang tidak menempel dengan sempurna akan cepat mengalami kebocoran. Untuk dapat mengetahuinya, bisa mencoba dengan cara yang secara perlahan. 


Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor & Perawatannya
Ilustrasi.

Keramik yang tidak menempel sempurna akan ada ruang udara di dalamnya sehingga menghasilkan bunyi. Membongkarnya adalah cara yang efektif jika ini terjadi di kamar mandi.

2. Gunakan Waterproofing

Cara mengatasi keramik kamar mandi bocor ini sebaiknya dilakukan sebelum menempelkan keramik, namun jika hal ini sudah terjadi maka yang harus dilakukan adalah membongkarnya, setelah itu bersihkan lantai dari adukan kering. Setelah bersih, gunakan waterproofing dengan komponen yang berbeda yaitu cair dan bubuk. Campurkan kedua komponen tersebut hingga berbentuk pasta.

Setelah itu sapukan waterproofing secara vertikal ke seluruh area dan tunggu hingga mengering. Begitu kering, dapat menambahkan lapisan kedua secara horizontal lalu diamkan selama 24 jam dan usahakan jangan terkena air. Perhatikan foto ilustrasinya dibawah ini.


Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor & Perawatannya
Foto by : Metodebangunanblog.blogspot.com


Setelah 24 jam, barulah kemudian memasang keramik baru, lalu tunggu selama 3 minggu untuk pengisian nat.

Info Menarik Lainnya : 6 Langkah & Cara Pasang Keramik Kamar Mandi Yang Benar

3. Menambal Nat yang Rusak

Nat, atau pengisi antar keramik biasanya mengalami kerusakan, hal tersebut bisa terjadi karena beberapa hal, mulai dari usia, kelembaban, hingga karena cacing yang membuat lubang di sela-sela nat. Jadi, sebelum menambal nat, sebaiknya pastikan terlebih dahulu apa penyebab utamanya.

Jika nat di kamar mandi sudah retak karena cacing, yang harus dilakukan adalah mengusir cacing tersebut terlebih dahulu dengan menyiramkan air yang sudah dilarutkan dengan garam dan diamkan beberapa saat hingga cacing keluar dari lubang dan mati.

Setelah itu, penambalan pun bisa dilakukan. Sebelum dilakukan penambalan ada baiknya untuk membersihkan terlebih dahulu nat lama dengan menggunakan sendok semen. Setelah bersih, buat adonan yang terdiri dari semen instan, air dan pasir. Untuk takaran berbeda-beda tergantung produknya.

Setelah itu gunakan karet busa untuk  menuangkan adonan tersebut dan ratakan lalu diamkan selama 5-10 menit. Jika sudah mengering bersihkan sisa-sisa adonan nat yang menempel pada keramik dengan menggunakan lap basah. Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor & Perawatannya
Foto by : Promindo.org


Info Menarik Lainnya : Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kusam

4. Pilih Jenis Nat Sesuai Kebutuhan

Beda tempat, beda juga kebutuhannya. Nat untuk kamar mandi tentu berbeda dengan Nat untuk dapur. Untuk kamar mandi, pilihlah Nat yang tahan terhadap tekanan air dan juga cairan kimia sehingga tidak mudah retak. Hal ini dapat Anda konsultasikan pada kontraktor bangunan terlebih dahulu.

Berikut contoh foto ilustrasi produk nat (sesuai peruntukannya masing-masing).


Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor & Perawatannya
Foto by : Indobondall.co.id


Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Yang Paling Ampuh

5. Jaga Agar Nat Awet

Caranya mudah, yaitu segera bersihkan nat setelah kering. Lalu, bisa mencoba membersihkannya dengan cairan desinfektan, soda kue, atau cuka. Aplikasikan menggunakan sikat gigi, kanebo, atau karet busa lalu gosok perlahan hingga bersih.


Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor & Perawatannya
Ilustrasi. Foto by : Arafuru.com

Beberapa hal diatas memang tidak tergolong mudah, terutama jika bukan termasuk orang yang paham akan bahan bangunan. Namun cara mengatasi keramik kamar mandi bocor diatas sangat berguna dan dapat dijadikan sebagai langkah pencegahan sebelum kebocoran terjadi, terutama jika sedang membangun rumah yang baru.

Selain menghindari kebocoran yang mengakibatkan kerusakan pada rumah, hal di atas juga untuk menghindari konsleting yang bisa terjadi jika ada kebocoran di lantai atas rumah.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor & Perawatannya"