Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

6 Langkah & Cara Pasang Keramik Kamar Mandi Yang Benar

Cara pasang keramik kamar mandi - Memasang keramik kamar mandi mungkin cukup sulit bagi orang yang tidak punya basic dalam ilmu bangunan. Namun bukan berarti sama sekali tidak bisa mengerjakannya secara otodidak. Kuncinya adalah keinginan yang kuat untuk mempelajari cara-cara memasang keramik tersebut secara mandiri. Minimal mempelajari ilmu dasarnya.

Kenapa disarankan untuk belajar ilmu dasar cara memasangnya?

Karena biasanya ilmu-ilmu dasar ini bisa dipelajari secara otodidak. Sehingga orang biasa yang tidak memiliki latar belakang ilmu bangunan, akan bisa memasang sendiri keramik dirumahnya.

Cara Pasang Keramik Kamar Mandi


6 Langkah & Cara Pasang Keramik Kamar Mandi Yang Benar
Ilustrasi. Foto by : Gusz Project (Youtube).


Dasar-dasar yang perlu dipelajari antara lain; Apa saja tahapan dalam memasang keramik kamar mandi tersebut. Bagaimana cara mengukur, dan apa saja alat untuk mengukur lantai dan keramiknya. 

Kemudian Anda perlu mempelajari beberapa langkah-langkah yang lainnya. Nah setelah selesai mempelajarinya, dan Anda merasa sudah siap untuk memasang keramiknya sendiri, maka tinggal langsung dipraktekkan saja semua cara-cara tersebut.

Mungkin Anda akan bertanya: "Lalu, bagaimana tahapan-tahapan dan cara pasang keramik kamar mandi tersebut?" 

Yuk langsung saja kita ulas tahapan dan semua cara-caranya secara detail. Simaklah dengan seksama setiap penjelasan berikut ini.

Cekidot!

1. Siapkan Alat dan Bahan

Tentu saja langkah paling awal yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan untuk memasang keramik. Pada tahap persiapan ini, para pemasang keramik dituntut untuk memilih keramik dengan kualitas terbaik dan pastinya sesuai dengan keinginan.


6 Langkah dan Cara Pasang Keramik Kamar Mandi
Ilustrasi alat-alat dan bahan keramiknya.

Nah, perlu sekali menyiapkan keramik dengan jumlah yang lebih banyak daripada kebutuhan. Hal tersebut dilakukan untuk berjaga-jaga saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti keramik pecah ketika proses pemotongan. Selain itu, juga harus menyiapkan bahan lainnya, seperti semen khusus keramik, nat keramik dan juga papan applicator.

2. Ukur Luas Lantai Kamar Mandi

Setelah menyiapkan semua alat dan bahan untuk memasang keramik, cara pasang keramik yang kedua adalah mengukur luas lantai kamar mandi. Pada langkah kedua ini, diharuskan untuk mengukur lantai kamar mandi dengan menggunakan alat ukur atau meteran.


6 Langkah dan Cara Pasang Keramik Kamar Mandi


6 Langkah dan Cara Pasang Keramik Kamar Mandi
Ilustrasi. Foto by : Properti.kompas.com

Mulailah mengukur lantai kamar mandi dengan menarik meteran dari dinding yang satu ke arah dinding yang berhadapan langsung. Berilah tanda yang sekiranya bisa dilihat dengan jelas dan pastikan tanda tersebut akan bertemu pada satu titik di tengah ruangan. Selanjutnya, tempelkan benang mengikuti garis dari pengukuran yang telah dilakukan.

Mengapa harus benang? Pasalnya, benang merupakan salah satu alat yang penting dalam pemasangan keramik. Adanya alat ini digunakan untuk garis acuan ketika proses pemasangan dimulai. Setelah semua benang sudah terpasang, akan terlihat kamar mandi terbagi menjadi empat area.

3. Coba Pasang Keramik Tanpa Semen

Jangan terburu-buru memasang keramiknya, karena harus dicoba terlebih dahulu tanpa menggunakan semen. Pasang keramik dari bagian tengah terlebih dahulu, kemudian gunakan tile spacer untuk memberikan jarak antar keramik. 

Lihat contoh ilustrasi dibawah ini.


6 Langkah dan Cara Pasang Keramik Kamar Mandi
Ilustrasi. Foto by : Bangunrenov.com

Langkah diatas perlu dilakukan. Tujuannya agar Anda bisa tahu adanya kemungkinan terdapat bagian lantai yang tidak bisa dipasang keramik secara penuh.

Info Menarik Lainnya : Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kusam

4. Rendam Keramik

Tahap keempat ini merupakan tahapan paling penting dalam proses pemasangan keramik kamar mandi. 


6 Langkah dan Cara Pasang Keramik Kamar Mandi
Ilustrasi. Foto by : Jagobangunan.com


Sebelum dipasang, yang harus dilakukan adalah proses perendaman keramik di dalam air selama beberapa saat. Hal ini dilakukan agar pori-pori keramik dapat menyerap air, sehingga dapat membuat keramik menjadi lentur.

5. Pasang Keramik dengan Hati-Hati

Nah, setelah melakukan beberapa rangkaian proses di atas, barulah dapat memasang keramik dengan semen alias pemasangan permanen. 


6 Langkah dan Cara Pasang Keramik Kamar Mandi
Ilustrasi. Foto by : Bibisnis.com

Mulailah dengan salah satu area lain terlebih dahulu dan pastikan air dan semen sudah tercampur rata. Oleskan semen pada lantai dengan tinggi sama rata, kemudian tempelkan keramik secara hati-hati.

Info Menarik Lainnya : 9 Rekomendasi Cermin Kamar Mandi Minimalis Terbaik

6. Oleskan Nat Keramik

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mendiamkan keramik yang sudah dipasang hingga benar-benar kering. Setelah itu, barulah bisa mengoleskan nat keramik dan jangan lupa untuk mencampurkan nat keramik dengan air terlebih dahulu. Nat keramik ini berfungsi sebagai pengisi sela-sela atau jarak antar keramik.


6 Langkah dan Cara Pasang Keramik Kamar Mandi
Ilustrasi.

Cara pasang keramik kamar mandi di atas merupakan salah satu rangkaian yang mudah untuk dilakukan. Lakukan langkah demi langkah dengan baik dan benar, jangan pernah lewatkan satu langkah pun, karena dapat berdampak buruk pada keramik.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "6 Langkah & Cara Pasang Keramik Kamar Mandi Yang Benar"