Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kusam

Membersihkan keramik kamar mandi yang kusam - Apakah Anda sedang mengalami masalah keramik kamar mandi yang terlihat kusam?

"Sementara saya cukup rutin membersihkannya tiap periode waktu tertentu, tapi kok masih terlihat kusam aja ya?"

Mungkin kurang lebih seperti diatas pertanyaan yang menggelayut di benak Anda.  

Sebenarnya hal yang wajar jika keramik kamar mandi berwarna kusam. Jika keramik tersebut telah dipakai dalam jangka waktu yang lama. Biasanya warna kusam ini bersumber dari noda-noda kotoran yang keramik menyerap ke dalam pori-pori, kemudian mengeras. 

Jadi pada saat Anda membersihkan keramik tersebut, masih ada sisa-sisa zat kotoran yang menempel. Lama kelamaan sisa zat kotoran itu menumpuk, lalu mengeras. Nggak ada kesan yang menimbulkan kesan warna kusam pada keramik tersebut. 

Lalu, bagaimana cara membersihkan keramik kamar mandi yang kusam tersebut?

Noda kotoran keramik yang sudah dibersihkan harus dibersihkan dengan langkah-langkah yang lebih ekstra. Artinya tidak cukup dibersihkan hanya 'tok' dengan cara menyikat saja. Harus ada bantuan zat dan cairan pembersih khusus yang mampu mengikis, dan merontokkan sisa-sisa noda tersebut.

Kenapa harus dibersihkan dengan bantuan zat dan pembersih khusus?


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kusam
Ilustrasi. Foto oleh: Rukita.co

Seperti yang telah saya singgung sekilas diatas, bahwa sisa-sisa zat kotoran ini bersifat halus (baca; sangat kecil) dan sudah mengeras. Nah partikel-partikel zat kotoran itu sudah masuk dan meresap ke dalam pori-pori keramiknya. 

Jadi harus ada cairan pembersih khusus untuk melunakkan zat kotoran yang mengeras tersebut. Sehingga dengan adanya perpaduan antara sikat dan zat cairan pembersih tersebut, maka keramik Anda bisa bersih dan kinclong kembali.

Kemudian, apa saja zat dan cairan pembersih yang direkomendasikan untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kusam ini? 

Ada beberapa diantaranya yang dapat Anda pilih, yakni :

1. Menggunakan cairan pembersih dari brand terkenal.

Menggunakan cairan pembersih adalah opsi termudah untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kusam. Berbagai merk produk pembersih bisa didapatkan dengan mudah di swalayan. Selain itu, penggunaannya pun terbilang efektif dan efisien karena hasilnya dapat terlihat bahkan setelah pemakaian pertama.

Umumnya, cairan pembersih hanya perlu dituangkan pada lantai kamar mandi yang kering, kemudian sikat dan bilas setelah 10-15 menit. Tata cara ini bisa saja berbeda. Namun jangan khawatir karena petunjuk penggunaannya sudah tertera pada kemasan.


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kusam
Ilustrasi. Foto by : Bramblefurniture.com

Tentang merek terkenal, maka ini hanya opsional saja. Anda boleh membeli cairan pembersih dari merek yang sudah terkenal, dan juga boleh-boleh saja membeli dari merek yang biasa. Semua terserah Anda. Hanya saja, merek terkenal biasanya memang berkualitas bagus, oleh karena itulah disarankan untuk memilihnya.

2. Larutan Cuka

Siapa sangka bahan yang sering ditemukan di dapur dan warung ini ternyata bisa digunakan untuk membersihkan keramik. Sifat asam dari cuka mampu menghilangkan kerak bandel yang menempel di keramik. Selain itu, cuka juga mencegah tumbuhnya kuman, jamur, dan lumut pada ubin kamar mandi.


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kusam
Ilustrasi. Foto by : Centroceramic.com

Untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kusam, campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1 lalu semprotkan ke keramik. Diamkan selama 10 menit, kemudian bersihkan dengan air panas. Terakhir, lap keramik dengan spons basah.

Info Menarik Lainnya : 7 Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi, Lihat Yuk!

3. Kaporit

Selain sebagai desinfektan, ternyata kaporit juga bisa digunakan untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kusam akibat kerak. Bukan hanya itu, kaporit bahkan bisa mengembalikan kilau keramik kamar mandi seperti semula. Kaporit bisa didapatkan secara bebas di toko bahan kimia dengan harga yang terjangkau.


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kusam
Ilustrasi.

Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Pertama, siram keramik kamar mandi dengan air panas, kemudian taburkan bubuk kaporit di permukaannya. Beri waktu sekitar 30 menit bagi kaporit bekerja mengangkat kerak. Setelah itu, gosok keramik menggunakan sikat dan bilas hingga bersih.

Info Menarik Lainnya : 9 Ide Desain Kamar Mandi Kloset Jongkok, Simak Yuk!

4. Garam

Selain cuka, garam juga merupakan bumbu dapur yang ampuh membersihkan keramik. Garam membantu menghilangkan jamur, dan lumut  yang membandel di kamar mandi.

Caranya, larutkan 3 sendok garam ke dalam air panas kemudian segera siramkan ke permukaan keramik. Diamkan beberapa saat lalu sikat permukaan hingga bersih. 


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kusam
Ilustrasi. Foto by : Nakita.grid.id

Semakin lama garam menempel pada keramik, semakin efektif pula ia menghilangkan noda. Jika hasil pemakaian pertama dirasa belum memuaskan, silahkan mengulangi langkah ini untuk mendapatkan hasil maksimal.

Info Menarik Lainnya : Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk (Nyaman & Menarik)

5. Belimbing Wuluh

Cara terakhir membersihkan kamar mandi yang kusam adalah dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Seperti cuka, belimbing wuluh juga memiliki kandungan asam yang mampu mengangkat kerak pada keramik. Caranya, siapkan belimbing wuluh lalu gosokkan pada ubin kamar mandi yang berkerak. Setelah keraknya berkurang, bilas dengan air hingga bersih.


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kusam
Ilustrasi. Foto by : Black Rose (Youtube).

Trik ini sangat cocok untuk anak kos akhir bulan yang harus tetap menjaga kebersihan kamar mandi tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Sayangnya, belimbing wuluh kurang efektif dalam membersihkan kerak yang sudah lama menumpuk. Selain itu pemakaiannya pun lumayan menguras tenaga.

Demikianlah info singkat tentang cara membersihkan keramik kamar mandi yang kusam.

Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kusam "