Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi, Lihat Yuk!

Cara menghilangkan cacing di kamar mandi - Apakah Anda termasuk orang yang merasa sangat geli dan jijik kalau melihat cacing? Biasanya, (kebanyakan) yang sangat jijik melihat hewan melata ini adalah dari kaum wanita. Betul apa betul? Hehee 😁

Sebenarnya rasa geli itu adalah hal yang wajar, karena 'penampakan' makhluk bertubuh lunak ini memang sangat memancing perasaan tersebut. Terlebih kalau tubuh lunaknya itu bergerak meliuk-liuk dan menjalar dalam jumlah banyak didepan mata kita, hiiiyyy,,,, siapa sich yang gak jijik ngeliatnya. 😵

Nah, yang menjadi masalah; terkadang hewan melata ini suka muncul di kamar mandi kita. Apalagi jika musim hujan tiba, kadang ada beberapa cacing 'nyasar' yang dengan pedenya merayap di depan mata kita. Biasanya mereka ini masuk melalui sela-sela atau saluran drainase yang ada di kamar mandi. Tentu saja kondisi ini sangat mengganggu sekali, terutama bagi mereka yang sangat jijik dan geli melihat cacing tersebut.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan cacing di kamar mandi ini?


7 Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Bunda Kabari (Youtube).

Cacing-cacing ini bisa di usir dengan memberikan zat atau cairan tertentu yang bersifat tajam. Dengan adanya zat atau cairan tersebut membuat cacing-cacing tersebut menjadi tidak nyaman. Sehingga akhirnya semua cacing itu segera pergi dari ruangan kamar mandi kita, dan tidak berani untuk datang lagi.

Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan cacing di kamar mandi dengan menggunakan zat/cairan tertentu.

Cara-cara dibawah ini sudah terbukti ampuh, jadi Anda boleh mencobanya. 

Cara tersebut diantaranya:

1. Gunakan Cairan Karbol

Ini adalah cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan cacing di kamar mandi. Caranya cukup larutkan 1 lt air dengan 2 tutup botol cairan karbol lalu siram ke tempat-tempat yang berpotensi menjadi jalan masuknya cacing, setelah itu sikat dan bilas hingga bersih.

Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


7 Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : SehatQ.com

Disarankan untuk melakukan ini secara berkala, karena selain mencegah cacing masuk ke kamar mandi cairan kimia yang terdapat pada karbol dapat membunuh larva dan telur cacing.

2. Beri Larutan Garam

Cara menghilangkan cacing di kamar mandi yang satu ini adalah yang paling mudah dan juga murah! Mengapa? Alasannya karena bahan yang dibutuhkan pasti tersedia di dapur rumah. Kalaupun tidak ada, bisa langsung membelinya dengan mudah.


7 Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Bintoropest.co.id

Yang dibutuhkan hanyalah 500 gram garam kasar, deterjen, dan air. Caranya, larutkan garam dan deterjen dengan air kedalam satu wadah, lalu setelah itu siramkan larutan tadi ke keramik kamar mandi dan sikat hingga bersih.  Lakukan ini secara berkala, maka cacing tidak akan kembali lagi.

3. Bersihkan Tandon Air

Tandon, atau tempat penyimpanan air adalah satu fasilitas yang paling nyaman untuk cacing berkembang biak, terutama bagi yang menggunakan air tanah untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini terjadi karena air tanah tidak melalui proses yang dapat mencegah berkembangnya telur dan larva cacing. 

Membersihkannya secara berkala dapat menghilangkan larva dan telur yang ada di dalamnya dan juga mencegahnya masuk ke saluran pipa. Anda bisa membersihkannya menggunakan sikat atau kain pel.

Lihat contohnya dibawah ini.


7 Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Ahyan Arif (Youtube)



4. Isi Nat atau Sela-sela Lubang Keramik

Nat, atau sela-sela pada keramik yang disemen biasanya akan hilang termakan usia. Ini terjadi pada kamar mandi yang ada di rumah tua ataupun bangunan lama. Lubang-lubang tersebut pun dapat menjadi jalur masuknya cacing, sehingga amat disarankan untuk menutup lubang-lubang tersebut dengan semen sehingga cacing tidak dapat masuk ke kamar mandi.

Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


7 Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : id.wikihow.com


5. Menutup Saluran Pembuangan dengan Saringan

Saluran pembuangan kamar memang sangat penting, namun harus diingat, saluran tersebut ada di bawah tanah rumah. Menutupnya lubang pembuangan dengan saringan bisa menjadi solusi menutup jalan cacing memasuki kamar mandi. Selain itu, menggunakan saringan juga mencegah saluran kamar mandi mampet karena benda asing yang masuk dan menyebabkan terjadinya penyumbatan. 

Lebih afdol lagi kalau diatas saringannya juga ditaruh kamper kamar mandi. Dijamin cacing tidak akan berani lagi masuk ke kamar mandinya. Lihat contoh ilustrasinya dibawah ini.


7 Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Idea.grid.id


Info Menarik Lainnya : 9 Ide Desain Kamar Mandi Kloset Jongkok, Simak Yuk!

6. Ubah Kamar Mandi Basah Menjadi Kamar Mandi Kering

Cara yang ini mungkin yang paling mahal, karena memakan banyak biaya dan waktu sehingga banyak yang berpikir berulang kali untuk melakukannya. Namun jangan salah, cara yang satu ini bisa berdampak jangka panjang. Memisahkan bagian basah dan kering merupakan salah satu cara untuk menghilangkan cacing dari kamar mandi yang paling efektif, mengingat cacing tidak menyukai area yang kering.

Lihat foto ilustrasi kamar mandi kering tersebut dibawah ini.


7 Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Fimela.com


7. Ganti Keramik yang Pecah

Selain mengganggu keindahan dan juga berbahaya, keramik yang pecah pada lantai kamar mandi juga bisa menjadi jalan untuk cacing. Menggantinya dengan yang baru adalah solusinya. Selain itu, tidak adanya keramik yang pecah juga membuat kamar mandi menjadi lebih indah dan terhindar dari cedera yang disebabkan pecahan keramik tersebut.

Lihat foto ilustrasi pengerjaannya dibawah ini.


7 Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Jumpinjack-design.blogspot.com


Itulah beberapa cara menghilangkan cacing di kamar mandi yang sudah terbukti ampuh. Lakukan secara berkala untuk mencegahnya, karena lebih baik mencegah sedini mungkin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "7 Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi, Lihat Yuk! "