Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Berkerak

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak - Mungkin ada diantara Anda yang baru saja membeli rumah bekas hunian orang lain. Nah terkadang ada bagian-bagian tertentu dari ruangan rumah itu yang jarang dibersihkan, sehingga permukaannya jadi berkerak. Salah satu bagian rumah yang seringkali dijumpai ada keraknya yaitu ruangan kamar mandi (terutama bagian keramiknya). 

Kerak di dalam kamar mandi ini akan membuat ruangan tersebut jadi terlihat kotor dan kumuh. Selain itu, kerak yang sudah tebal dan bau juga dapat menjadi sarang kuman dan penyakit. Tentu saja kondisi ini sangat mengganggu dan membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman. Oleh karena itulah artikel kali ini akan membahas tentang cara membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak tersebut. 

Yuk mari simak uraian selengkapnya. 😉

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak.


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Berkerak
Ilustrasi. Foto by : Kreasi Hendrawan (Youtube)

Sebelum membahas lebih lanjut, yuk kita ulas terlebih dulu; apa sih penyebab yang membuat kerak tersebut bisa muncul?

Cekidot!

Penyebab Timbulnya Kerak pada Keramik Kamar Mandi.

Tentu tidak ada seorangpun yang menginginkan kerak ini muncul dikamar mandinya. Namun terkadang ada sebagian orang yang lalai dalam mencegah dan mengantisipasinya. Sehingga kerak tersebut lama kelamaan jadi menebal, sehingga menjadi sulit untuk dibersihkan.

Penyebab kerak ini muncul adalah karena banyaknya kotoran, jamur, sisa sabun, dan lumut yang menempel pada permukaan kamar mandi. Bagian kamar mandi yang cenderung banyak kerak adalah dibagian lantai keramiknya. Tapi kerak ini biasanya tidak hanya muncul dilantai kamar mandi saja. Bahkan bagian dinding kamar mandi pun juga bisa muncul kerak. Biasanya hal ini akan terjadi jika kamar mandinya tidak pernah atau jarang sekali dibersihkan.

Oleh karena itu, cara yang paling baik untuk mencegah kerak ini muncul, adalah dengan cara rutin menyikat permukaan kamar mandi setiap beberapa waktu sekali.

Cara Membersihkan Kerak yang Menumpuk di Keramik Kamar Mandi.

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang yuk kita fokus membahas cara membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak tersebut. Sebenarnya membasmi kerak pada kamar mandi ini cukup mudah jika kita tahu teknik dan cara membersihkan yang tepat.

Berikut beberapa caranya:

1. Membersihkan Kerak dengan Cairan Cuka


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Berkerak
Ilustrasi. Foto by : Rumahminimalis2016.com

Jika selama ini cuka dapur hanya dikenal sebagai bumbu dapur, ternyata cuka dapat digunakan juga untuk membersihkan kerak. Cairan cuka yang bersifat asam terbukti ampuh untuk membersihkan kerak-kerak membandel di kamar mandi.

Langkah pertama adalah untuk memasukkan cairan cuka ke dalam botol penyemprot agar lebih mudah diaplikasikan. Setelah itu tinggal semprot cuka ke daerah di mana kerak-kerak bermunculan.

Selanjutnya, tunggu beberapa menit dan bilas cairan cuka dengan air panas. Air panas akan membantu cuka untuk melarutkan kerak. Usap daerah tadi dengan spons untuk membuat kerak lebih mudah dilepas.

Info Menarik Lainnya : Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk (Nyaman & Menarik)

2. Memberi Kaporit ke Daerah Kerak


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Berkerak
Ilustrasi. Foto by : Mamikos.com

Kaporit ternyata bisa juga dipakai sebagai pembersih kerak selain untuk membersihkan air. Kaporit ini dapat ditemukan di toko-toko kimia dengan mudah.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah untuk menyiram lantai dan dinding kamar mandi dengan air panas. Setelah itu taburkan bubuk / cairan kaporit di daerah yang terdapat kerak membandel.

Biarkan cairan kaporit bekerja dan tunggu selama kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit, gosok dinding dan lantai dengan sikat. Maka kamar mandi akan bersih dan kinclong tanpa kerak.

Info Menarik Lainnya : 6 Motif Keramik Kamar Mandi Minimalis Yang Elegan, Lihat Yuk!

3. Menggunakan Produk Pembersih Kerak

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Berkerak
Ilustrasi Produk Pembersih Kamar Mandi.

Jika tidak mau repot-repot, pemilik rumah dapat membeli cairan khusus untuk membersihkan kerak. Cairan ini banyak dijual di toko-toko dan tersedia banyak varian pilihannya.

Caranya juga sangat mudah. Tinggal menuang cairan pada daerah yang ingin dibersihkan dari kerak. Lalu diamkan selama beberapa menit agar cairan dapat bekerja dengan baik. Setelah beberapa menit, sikat dan bilas daerah tadi. Atau bisa juga untuk melihat dan mengikuti panduan atau cara membersihkan yang tertera di kemasan produk.

Info Menarik Lainnya : 9 Ide Desain Kamar Mandi Kloset Jongkok, Simak Yuk!

4. Menuangkan Soda pada Area yang Ingin Dibersihkan


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Berkerak
Ilustrasi. Foto by : Rukita.co

Beberapa waktu lalu, metode membersihkan kerak kamar mandi dengan soda sedang trend. Cara ini terbukti ampuh untuk membersihkan kerak yang cukup membandel. Bahkan cara ini juga digunakan untuk membersihkan kerak membandel pada panci dan peralatan lainnya.

Minuman soda dituang ke daerah yang ingin dibersihkan. Setelah itu seperti beberapa cara lainnya, cairan soda dibiarkan meresap dan bekerja untuk membersihkan kerak selama beberapa menit.

Lalu tinggal sikat dan bilas daerah yang tadi sudah dibersihkan dengan air bersih. Jika kerak tidak menghilang dalam sekali coba, cara ini dapat diulangi lagi beberapa hari setelahnya.

Info Menarik Lainnya : 5 Desain Tempat Cuci Piring Sederhana ini Unik Sekali

5. Menggunakan Larutan/Cairan Asam Sitrat


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Berkerak
Ilustrasi. Foto by : Mari Berbagi (Youtube)

Asam sitrat merupakan salah satu bahan untuk membuat kue. Namun sama seperti cuka, cairan ini memiliki kandungan asam yang dapat membersihkan kerak.

Pertama-tama, bersihkan dahulu keramik yang ingin dibersihkan dengan spons dan sabun. Setelah dibilas, maka selanjutnya tuangkan asam sitrat ke daerah tersebut. Tunggu selama 1 jam dan bilas.

Sekian pembahasan mengenai cara membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak dengan ampuh. 

Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Berkerak "