Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Yang Paling Ampuh

Cara menghilangkan bau kamar mandi - Salah satu ruangan rumah yang penting untuk diperhatikan kebersihannya adalah bagian kamar mandi. Sebab dari kamar mandi inilah yang menjadi tolok ukur kebersihan sang tuan rumah. Jika sang tuan rumah adalah orang yang senantiasa menjaga kebersihan, maka dapat dipastikan bahwa ruang kamar mandinya pasti bersih. Sebaliknya jika si tuan rumah adalah orang yang jorok, maka biasanya kamar mandinya pasti juga jorok dan jarang dibersihkan.

Lalu darimana orang lain bisa tahu kondisi kamar mandi sebuah rumah itu bersih atau jorok? Biasanya akan ketahuan ketika ada orang lain yang sedang bertamu dan kebetulan sedang kebelet ingin buang air kecil. Biasanya tuan rumah akan mempersilahkan tamu tersebut untuk buang air kecil ke kamar mandi. 

Nah, darisana-lah akan ketahuannya. 

Oleh karena itulah diatas saya tegaskan, bahwa kebersihan kamar mandi ini sangat penting untuk diperhatikan. Karena hal ini akan menyangkut citra pemilik rumah dalam pandangan orang lain. Jika sampai kita di cap sebagai orang yang jorok, tentu akhirnya kita juga yang akan malu. Iya kan? Tapi saya yakin para pembaca semua pasti kamar mandi rumahnya senantiasa dalam keadaan bersih ya. 😉 

Jadi kamar mandi yang ideal adalah yang kondisinya selalu bersih, soal ini pasti semua orang sudah sepakat. Namun terkadang yang menjadi masalah adalah; kita sudah rajin membersihkan kamar mandi tersebut, tapi kok aromanya masih tetap bau ya?

Cara menghilangkan bau kamar mandi

Kamar mandi yang aromanya bau, tentu akan membuat tidak nyaman siapapun yang memakainya. Biasanya sumber bau ini muncul dari sisa-sisa bakteri yang terdapat di lubang kloset dan saluran buangan air. Jadi walau kamar mandinya telah dibersihkan, namun sisa-sisa bakteri yang menempel di sekitar area kamar mandi itu tetap akan meninggalkan aroma bau yang tidak enak. 

Lantas, bagaimana ya solusinya?

Tak perlu merasa bingung, karena penulis akan menguraikan beberapa cara menghilangkan bau kamar mandi yang paling ampuh.

Cekidot!

1. Menaruh Tanaman di Dalam Kamar Mandi

Tanaman dapat menyerap bau dan udara kotor yang ada di dalam kamar mandi. Selain itu, jika tanaman yang dipilih merupakan tanaman berbunga yang memiliki wewangian, akan lebih baik lagi.


Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Yang Paling Ampuh
Ilustrasi. Foto by : m.dailymoslem.com

Tanaman akan memberikan udara yang segar dan lebih bersih ke dalam kamar mandi. Namun pastikan jika tanaman yang digunakan merupakan tanaman yang tepat. Alasannya karena tidak semua tanaman dapat tahan dengan kondisi kamar mandi yang lembab dan tertutup.

2. Gantung atau Letakkan Pewangi Kamar Mandi

Cara ini tentunya cara yang paling mudah dan efisien. Pewangi kamar mandi dapat berupa kamper maupun batangan yang tinggal digantung, atau taruh di dalam kamar mandi.

Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Yang Paling Ampuh

Pewangi kamar mandi biasanya memiliki banyak varian wangi. Sehingga pemilik rumah dapat memilih sendiri wangi yang diinginkan. Cara ini sudah terbukti ampuh dan mudah dilakukan.

Info Menarik Lainnya : Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kusam

3. Membersihkan Bau dengan Baking Soda

Selain sebagai bahan pengembang untuk kue, baking soda ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau dari dalam kamar mandi.

Yang diperlukan hanyalah bubuk baking soda dengan air bersih. Tinggal taburkan baking soda ke daerah-daerah yang menjadi sumber bau. Biasanya bau berasal dari dalam kloset atau saluran pembuangan air.


Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Yang Paling Ampuh
Ilustrasi. Foto by : Pinhome.id

Setelah ditaburkan maka hanya tinggal menunggu beberapa menit agar baking soda dapat menyerap bau dari kamar mandi. Lalu bilas kamar mandi hingga bersih.

4. Gunakan Lilin Aromaterapi

Cara ini sangat direkomendasikan untuk yang menginginkan suasana rileks di dalam kamar mandi. Biasanya lilin diletakkan di sepanjang pinggiran bathtub dan dinyalakan jika ingin mandi.


Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Yang Paling Ampuh
Ilustrasi. Foto by : Blog.livaza.com

Namun untuk yang tidak memiliki bathtub, lilin juga dapat diletakkan di sekitar wastafel atau rak-rak di dalam kamar mandi. Lilin aromaterapi ini sangat ampuh untuk mengganti bau kamar mandi menjadi wewangian yang khas.

Info Menarik Lainnya : 7 Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi, Lihat Yuk!

5. Memasang Ventilasi di Dalam Kamar Mandi

Penyebab utama kamar mandi yang bau dan sumpek adalah karena tidak adanya pertukaran atau sirkulasi udara. Dengan begitu, maka bau-bau dari dalam kamar mandi terperangkap dan sulit keluar walau pintu kamar mandi sudah dibiarkan terbuka.

Memasang ventilasi juga memungkinkan sedikit sinar matahari untuk masuk ke dalam. Sinar matahari ini sangat berguna untuk membunuh kuman-kuman yang terperangkap di dalam kamar mandi.


Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Yang Paling Ampuh
Ilustrasi. Foto by : Kumparan.com

Jika tidak ada tempat untuk memasang ventilasi, kipas hexos dapat menjadi penggantinya. Hexos merupakan kipas yang bertujuan untuk menghisap udara kotor dari kamar mandi. Dengan ini bau dari kamar mandi akan hilang jauh lebih cepat daripada dengan cara lainnya.

6. Sikat Kamar Mandi Secara Rutin

Cara menghilangkan bau kamar mandi yang terakhir adalah dengan menyikat kamar mandi secara rutin. Cara ini merupakan cara yang terpenting dan harus dilakukan.


Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Yang Paling Ampuh
Ilustrasi.

Bau tidak sedap di dalam kamar mandi dapat berasal dari kotoran, jamur, atau bakteri yang berkumpul. Apalagi mengetahui bahwa kamar mandi merupakan tempat yang sangat lembab dan menjadi sarang yang nyaman untuk mereka.

Info Menarik Lainnya : Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Berkerak

Menyikat kamar mandi dapat dilakukan sekurangnya setiap 2 minggu sekali. Jika tidak, maka kerak dan jamur akan bermunculan di mana-mana. Tentunya tidak ada yang menginginkan hal itu bukan?

Sekian pembahasan mengenai cara menghilangkan bau kamar mandi dengan mudah. Semoga cara-cara yang disebutkan di atas jelas dan dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Yang Paling Ampuh "