Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Wallpaper Video di HP Oppo (Mudah dan Keren)


Oppo merupakan brand smartphone yang memiliki jumlah pengguna cukup banyak di Indonesia. Terkenal dengan kualitas kameranya yang mumpuni serta dilengkapi dengan sistem OS yang canggih. Biasanya, cara membuat wallpaper video di hp Oppo juga sering dikulik untuk membuat tampilan ponsel makin keren.

Sayangnya, pada beberapa smartphone android, dukungan untuk membuat wallpaper video belum sempurna. Oppo pun mengalami kendala yang sama. Itulah sebabnya jika hanya mengandalkan fitur bawaan, pengguna tidak bisa membuat live wallpaper. 

Lalu bagaimana caranya? Simak artikel ini hingga tuntas yuk!

Apa itu Wallpaper Video

Dulu, yang bisa dijadikan wallpaper hanyalah gambar diam. Baik yang berasal dari jepretan kamera pengguna, atau koleksi bawaan dari handphone. Sekarang, dengan teknologi yang semakin canggih, video pun bisa dijadikan wallpaper. Ponsel-ponsel dengan OS Android sudah mendukung pembuatan live atau video wallpaper ini.

Tetapi sayangnya, teknologi Android tidak lantas bisa otomatis mengubah video menjadi wallpaper yang bergerak. Diperlukan tambahan aplikasi atau software untuk bisa mengubah video yang ada di galeri jadi wallpaper. 

Tidak terlalu jelas mengapa tidak ada dukungan dari perangkat untuk ini, namun konsumsi daya yang besar ditengarai jadi sebabnya.

Kejadian seperti ini tidak hanya menimpa Oppo saja sebagai ponsel yang dibangun pada platform Android. Merek-merek besar lainnya seperti Samsung, Lenovo, dan juga VIVO ternyata mengalami masalah yang sama. Mau tidak mau, pembuatan harus dikerjakan lewat unduhan aplikasi dari Play Store, atau secara online di web-web creator.

Cara Membuat Wallpaper Video di HP Oppo

Rekaman-rekaman yang ada di gallery penyimpanan sangat mungkin dikonversi menjadi wallpaper, bahkan bisa diubah menjadi GIF. Menariknya lagi, tidak diperlukan keahlian seorang movie maker profesional, karena aplikasi dan situs online sudah menyediakan semua toolsnya. 

Pengguna hanya perlu memilih-milih menu saja. 

Lalu, bagaimana caranya? 

Berikut ini adalah pilihan aplikasinya:

1. Mengunduh Video Wallpaper App


Cara Membuat Wallpaper Video di HP Oppo (Mudah dan Keren)
Ilustrasi.

Sudah banyak orang yang membuktikan kehandalan aplikasi yang satu ini. Karena bisa mengubah video menjadi wallpaper (baik dari rekaman langsung atau video yang sudah tersimpan sebelumnya). 

Beruntung semua tipe ponsel Oppo sudah support (mendukung) untuk menjalankan software ini.

Caranya juga sangat mudah. Setelah diunduh jangan lupa berikan Otorisasi agar app bisa mengakses File Media dan Foto yang tersimpan di ponsel Anda. Lalu, masuk ke laman utama dan pilih video mana yang akan di convert. Lanjutkan dengan mengatur apakah akan diberikan audio pada tampilan akhirnya nanti.

Agar wallpaper bisa diatur kapan akan dinyalakan atau dihentikan sejenak, aktifkan juga lewat toggle Double tap to start/pause video. Lanjutkan dengan Launch Wallpaper yang tadi sudah diatur jeda dan suaranya. Tentukan juga akan diletakkan di Home Screen Saja atau pada Home Screen dan Lock Screen

Selesai. Kini tampilan layar ponsel Anda jadi terlihat semakin keren.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengganti Background Video di HP dengan Aplikasi

2. Melalui Panoramic Screen App


Cara Membuat Wallpaper Video di HP Oppo (Mudah dan Keren)
Ilustrasi.

Ingin memiliki home screen dengan tampilan 3D? Aplikasi ini bisa dipilih sebagai tools pembuatnya. 

Cara membuat wallpaper video di hp Oppo juga bisa dilakukan lewat software yang satu ini. File yang digunakan bisa memakai hasil rekaman sendiri. File-file di luar ruangan apalagi yang bertema alam akan tampil lebih ciamik dengan bantuan app ini.

Caranya pun juga mudah, karena interface dari aplikasi ini sangat menarik dan gampang dipahami pemula. Setelah mengunduh, pilih file mana yang akan dijadikan wallpaper. Atur screen mana saja yang akan menggunakan live wallpaper apakah hanya home screen atau sekaligus lock screen juga. 

Setelah diaktifkan, buka home screen kemudian lihat tampilannya sudah berganti.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengompres Video di Hp Tanpa Aplikasi, Simak Yuk!

3. Mengubah Video Menjadi Live Wallpaper 4D lewat Walloop


Cara Membuat Wallpaper Video di HP Oppo (Mudah dan Keren)
Ilustrasi.

Pengguna Oppo kini sudah bisa dengan mudah mengatur video-video koleksi pribadi menjadi wallpaper video. Yaitu lewat bantuan aplikasi Walloop. Fitur andalan yang diusung aplikasi ini adalah bisa mengubah tampilan wallpaper menjadi HD, 3D, bahkan 4D.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Play Store dan support untuk ponsel-ponsel keluaran Oppo. 

Fitur-fiturnya juga bisa digunakan untuk membuat animasi dari rekaman video yang ada. Untuk bisa menggunakannya, maka caranya yaitu dengan mendapatkan credit lewat menonton iklan yang ada di aplikasi sebanyak 2 kali (untuk memperoleh 6 credit).

Info Menarik Lainnya : Cara Merekam Layar HP Vivo Secara Mudah (Rinci & Lengkap)

4.  Membuat Wallpaper Video Tanpa Aplikasi di Plotaverse.com


Cara Membuat Wallpaper Video di HP Oppo (Mudah dan Keren)
Ilustrasi.


Kalau khawatir memori ponsel menjadi penuh karena sudah banyak aplikasi yang diunduh, maka untuk membuat live wallpaper bisa dikerjakan secara online lewat situs creator. .

Untuk dapat menggunakan website yang satu ini, maka Anda perlu membuat akun terlebih dulu (supaya bisa Sign In). Jangan khawatir dengan isu keamanan karena file Anda tidak akan disimpan di web ini.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah Create a Free Account (jika Anda belum pernah membuat akun). Setelah itu aktifkan akun, lalu Log In. Di laman utama, akan ditemukan tombol + (klik simbol plus tersebut, kemudian pilih Plotagraph). Edit dan lakukan Adjustment pada file yang dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Tambahkan Animasi Point lalu klik File kemudian lanjutkan dengan mengeksport berkas pada menu Export as Custom Export. Setelah proses selesai, unduh video yang tadi di export kemudian simpan dan atur sebagai wallpaper pada screen yang diinginkan.

Itulah diatas beberapa cara membuat wallpaper video di hp Oppo. Baik dengan mengunduh aplikasi atau lewat situs online. Anda bisa mencoba salah satu diantara kedua metode tersebut.

Tambahan: Perlu diperhatikan bahwa live wallpaper ini juga memiliki pengaruh negatif terhadap perangkat. Salah satunya yaitu ponsel bisa mengalami lagging, baterai drop, kerja perangkat jadi berat mengakibatkan hp jadi panas, serta reboot dengan sendirinya. Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah secara bijak dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membuat Wallpaper Video di HP Oppo (Mudah dan Keren)"