Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Merekam Layar HP Vivo Secara Mudah (Rinci & Lengkap)

Cara Merekam Layar HP Vivo - Merekam layar dari perangkat ponsel sebenarnya telah biasa dilakukan orang sejak era HP Blackberry dulu. Bedanya, pada zaman dulu itu hasil rekaman layar masih dalam bentuk sederhana. 

Sedangkan pada saat ini hasil rekaman layar sudah semakin canggih. Sekarang tidak hanya gambar saja yang bisa diambil rekaman layarnya. Bahkan juga sudah bisa merekam berbentuk video, lengkap berisi gambar dan suaranya.  

Oleh karena itu, kini fitur rekaman layar ini telah banyak dimanfaatkan orang. 

Untuk apa? 

Yakni dimanfaatkan untuk membuat konten video. Biasanya kebanyakan orang menggunakannya untuk membuat video tutorial tentang game atau gadget (ios dan android). 

Nantinya hasil video itu akan di unggah ke berbagai platform media sosial milik mereka, seperti Youtube, Facebook, Instagram, dll. Saya yakin pasti kamu pernah menemukan konten video yang dihasilkan dari rekaman layar. Seperti di Channel Youtube dan beberapa platform lainnya. 

Nah, apakah ada diantara kamu yang memiliki HP Vivo?

Jika ada, maka ada sebuah kabar baik untuk kamu. 

Apa sebab? 

Karena Vivo termasuk salah satu gadget yang menyediakan fitur tangkapan layar secara default (bawaan).

Tampaknya Vivo menyadari produknya mulai banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Sehingga terus berusaha beradaptasi mengikuti perkembangan teknologi. 

Salah satu upaya yang dilakukannya yaitu menyediakan fitur rekaman layar di dalam gadget tersebut. Nah karena fitur itu sudah ada secara bawaan di HP Vivo, maka kamu sudah tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga di Play Store.  

Namun biasanya ada kendala lainnya bagi pemilik HP Vivo ini, yaitu belum tahu cara menggunakannya. Hal ini biasanya di alami oleh kamu yang masih baru membeli dan menggunakan HP tersebut.

Tapi kamu tenang saja, karena artikel ini akan mengulas secara khusus tentang cara merekam layar HP Vivo. Nanti saya akan menguraikan secara rinci tentang 2 cara merekam layar HP. Yaitu merekam layar menggunakan fitur bawaan, dan juga cara merekam layar melalui aplikasi pihak ketiga.

Cara Merekam Layar HP Vivo Menggunakan Fitur Bawaan (Default)

 

Cara Merekam Layar HP Vivo Secara Mudah (Rinci & Lengkap)
Ilustrasi. Foto by : VK Progress (Youtube).
 

HP Vivo kebanyakan digunakan oleh para remaja, terutama mereka yang suka bermain game online. Nah jika kamu memiliki channel Youtube, maka kamu bisa memanfaat fitur rekaman layar dari HP Vivo untuk membuat konten video. Sehingga hobi kamu bermain game online tidak hanya dinikmati oleh diri sendiri, tapi juga akan bisa ditonton oleh orang lain. 

Bahkan konten video itu juga bisa menjadi ladang uang jika kamu mengunggahnya ke Youtube. Syaratnya kamu harus fokus, serius dan konsisten mengunggah video hasil rekaman layar tersebut. Sehingga channel Youtube kamu menjadi ramai penonton. Nah dari situlah sumber uang yang akan kamu peroleh.  

Info Menarik Lainnya : Cara Merekam Layar Dengan Suara di Smartphone Terbaru

Lalu bagaimana cara merekam layarnya?

Yaitu dengan mengaktifkan fitur perekam layar saat kamu sedang bermain game tersebut. 

Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara merekam layar HP Vivo sebenarnya sangat mudah sekali. Pertama, silahkan buka HP kamu. Kemudian usap layar ke atas. Nanti di ponsel kamu akan muncul menu Tangkapan Layar Super. Nah kamu bisa memilih menu tersebut untuk melakukan rekaman layar. 

Setelah kamu memilih menu tersebut, secara otomatis rekaman pun sedang berlangsung. Jika kamu sudah merasa cukup dengan hasil rekamannya, maka kamu bisa menekan tombol berwarna merah (atau tombol Stop yang sudah disediakan). 

Untuk melihat hasilnya, kamu bisa langsung pergi ke bagian galeri di HP Vivo milikmu. Cari folder "perekam layar" dan temukan video yang telah kamu buat tadi. 

Selesai. 

Info Menarik Lainnya : Cara Mengubah Resolusi Foto di Hp, Simak Hingga Tuntas Yuk!

Cara Merekam Layar HP Vivo Dengan Bantuan Aplikasi

Cara merekam layar HP Vivo yang kedua adalah dengan bantuan aplikasi. 

Jika kamu merasa cara yang pertama kurang worth it, maka kamu juga bisa merekam layar dengan metode yang lain. Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. 

Sebenarnya banyak sekali aplikasi rekaman layar yang bisa kamu temukan di Play Store. Namun di artikel ini akan fokus membahas salah satu aplikasi rekam layar yang cukup populer, yaitu DU Recorder. Kamu bisa mendownload aplikasi ini di Play Store

Jika sudah terinstall dengan sempurna, maka langsung saja buka aplikasinya. Nanti kamu akan menemukan tombol Play di aplikasi DU Recorder tersebut.

Silahkan kamu tekan tombol Play itu, maka aplikasi tersebut langsung melakukan proses rekaman layar. Kamu bisa menghentikan rekamannya bila kamu sudah merasa cukup dengan hasilnya. Cara menghentikannya yaitu dengan kembali menekan tombol Play tadi, maka rekaman layar pun segera berhenti.

Selesai.

Sangat mudah sekali bukan? 

Yup! Sesederhana itulah cara merekam layar HP Vivo menggunakan aplikasi pihak ketiga. 

Info Menarik Lainnya : Cara Menghidupkan HP yang Mati Secara Tiba-tiba, Simak Yuk!

Pada umumnya, semua aplikasi perekam layar memiliki cara kerja yang tidak jauh berbeda. Jika kamu sudah selesai merekam layar, maka kamu bisa menekan tombol play itu. Nanti secara otomatis tombol Play itu akan berubah menjadi tombol "Stop". 

Agar hasil rekaman layar kamu bisa lebih sempurna, maka ada baiknya kamu atur aplikasinya terlebih dahulu. Caranya dengan memanfaatkan menu Pengaturan. Di sana kamu bisa mengatur beberapa bagian penting, salah satunya yaitu bagian Resolusi

Setelah melakukan rekaman, kamu bisa menemukan hasilnya di Galeri HP Vivo kamu. Dan biasanya video kamu itu akan tersimpan di folder dengan nama aplikasi perekam layar yang sedang kamu gunakan. Misalnya kamu menggunakan aplikasi DU Recorder, maka folder itu namanya juga "DU Recorder".

Demikianlah dua cara merekam layar HP Vivo yang cukup mudah untuk dilakukan. Kamu bebas menggunakan cara mana saja yang paling kamu sukai. Apakah mau menggunakan aplikasi pihak ketiga dari Play Strore, atau menggunakan fitur bawaan dari HP Vivo. Semua terserah kamu.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik berikutnya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Merekam Layar HP Vivo Secara Mudah (Rinci & Lengkap)"