Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Mengubah Resolusi Foto di Hp, Simak Hingga Tuntas Yuk!

Cara Mengubah Resolusi Foto di Hp - Apakah kamu termasuk orang yang mencintai dunia fotografi? Jika iya, maka biasanya pasti kamu juga hobi mengoleksi berbagai macam gambar yang terkait dengan seni fotografi. Ada koleksi foto hasil jepretan sendiri, sedangkan sebagian lainnya merupakan hasil download dari situs foto bebas lisensi. Dan biasanya semua koleksi foto itu di simpan di Hp kamu. 

Betul 'kan? 😊

Sebagai seorang penggemar fotografi, tentu kamu hanya mau menyimpan foto yang berkualitas (resolusinya tinggi). Sebaliknya kamu tidak suka menyimpan foto yang beresolusi rendah.

Timbul pertanyaan: " Emang apa sih ciri-ciri foto yang resolusinya rendah itu?

Foto yang resolusinya rendah biasanya punya ciri khas gambar yang buram. Selain itu, foto beresolusi rendah juga akan terlihat 'pecah' saat di zoom.

Kenapa gambar fotonya jadi pecah?

Penyebabnya karena ukuran (pixel) foto itu sudah kecil (jadi pada asalnya gambar foto tersebut sudah buram). Nah ketika di zoom (diperbesar) tentu bikin ukuran foto itu jadi semakin terbagi lagi. Hal itulah yang membuat gambar fotonya jadi terlihat 'pecah'.

Lalu bagaimana cara mendapatkan foto berkualitas tinggi dan gambarnya tidak pecah?   

Caranya tentu saja dengan mengubah resolusinya. Kamu bisa mengedit semua koleksi foto yang tersimpan di Hp kamu. Kalau kamu memiliki software Adobe atau Photoshop di komputer, maka kamu bisa mengeditnya di situ. Tentu saja kamu harus memiliki skill yang cukup untuk mengeditnya.

Namun bagaimana jika kamu belum tau cara mengedit foto melalui perangkat komputer? 

Tenang saja, karena ada beberapa alternatif lain yang bisa kamu coba. Salah satu cara yang termudah yaitu mengedit menggunakan aplikasi yang ada di Hp kamu. Sehingga tidak perlu lagi mengedit foto secara manual di komputermu.

Cara Mengubah Resolusi Foto di Hp

 

Cara Mengubah Resolusi Foto di Hp, Simak Hingga Tuntas Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Kepoin IT (Youtube).

 

Kamu bisa menginstal aplikasi untuk mengedit foto tersebut di Play Store yang ada di Hp kamu. Ada beberapa aplikasi yang sudah banyak digunakan orang, sehingga layak untuk saya rekomendasikan kepada kamu semua. 

Berikut daftar aplikasi tersebut:

1. Photo & Picture Resizer

Cara mengubah resolusi foto di Hp yang pertama yaitu menggunakan aplikasi Photo & Picture Resizer

Aplikasi yang bisa mengubah resolusi foto ini cukup ringan disimpan di ponsel. Karena hanya membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 7,4 MB. Sehingga aplikasi ini cocok bagi kamu yang masih memakai HP "kentang" (kapasitas memorinya terbatas). 

Mungkin kamu baru mendengar tentang aplikasi Photo & Picture Resizer ini, sehingga belum tahu cara menggunakannya. Maka dari itu, yuk langsung saja simak cara mengedit resolusi foto menggunakan aplikasi tersebut.  

Langkah pertama silahkan download aplikasinya terlebih dahulu. Kamu bisa menginstalnya di Google Play Store. Setelah proses instal sudah selesai, maka langsung saja buka aplikasinya. 

Pada halaman depan silahkan kamu klik menu Select Photos. Kemudian pilih foto yang akan kamu ganti resolusinya. Kemudian lihat pada bagian bawah, di sana ada menu Resize. Klik menu tersebut. 

Setelah itu, aplikasi Photo & Picture Resizer ini akan menampilkan beberapa pilihan ukuran. Nah kamu bisa memilih salah satu dimensi atau ukuran foto yang paling kamu sukai. 

Selesai. 

Sekarang foto kamu sudah berhasil diganti resolusinya. Foto tersebut juga secara otomatis telah tersimpan ke Gallery Hp kamu. Bagaimana menurutmu? Cara mengubah resolusi foto di HP yang satu ini super mudah bukan? Saya yakin pasti kamu semua bisa melakukannya. 😉

Info Menarik Lainnya : Cara Menghidupkan HP yang Mati Secara Tiba-tiba, Simak Yuk!

2. Memperbesar Resolusi Foto Menggunakan Aplikasi Photo Compress

Cara mengubah resolusi foto di HP yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Photo Compress

Aplikasi ini juga sudah populer dan banyak digunakan orang. Yuk langsung saja simak cara menggunakannya. Langkah pertama instal dulu aplikasi ini ke ponsel kamu. Yaitu dengan mendownloadnya di Google Play Store. Setelah terinstal, maka silahkan buka aplikasinya. 

Selanjutnya klik menu Pick an Image Form Gallery. Kemudian cari dan pilih foto yang akan kamu ubah resolusinya. Setelah itu pilih menu yang ada di bagian tengah (bertuliskan Resize Image). 

Langkah berikutnya pilih menu Pixel, kemudian buka Percentage, silahkan atur ukurannya sesuai dengan yang kamu inginkan. Jika kamu ingin hasilnya masksimal, maka kamu bisa memilih ukuran 1280*600. Kemudian pilih Resize, maka foto kamu pun langsung diproses. Tunggu sampai proses resize-nya selesai.

3. Mengubah Resolusi Foto Secara Online

Cara mengubah resolusi foto di HP berikutnya yakni dengan cara online. 

Karena cara mengubah resolusi foto di HP ini hanya bisa kamu lakukan secara online, maka sebaiknya kamu memiliki koneksi internet yang baik ya. 

Ada beberapa situs yang memiliki tools untuk merubah resolusi foto secara online. Salah satu situs tersebut yaitu IMG2GO. Kamu dapat mengubah resolusi fotomu menggunakan website ini dengan cara yang cukup mudah. 

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Akses dulu website IMG2GO tersebut di https://www.img2go.com/resize-image. Setelah situsnya terbuka, maka silahkan klik Choose File, kemudian pilih foto yang akan kamu ubah resolusinya. 

Selanjutnya lakukan Kustomisasi. Disini kamu bisa mengubah beberapa hal yang kamu inginkan. Misalnya mengubah ukuran dan berbagai pengaturan yang lainnya. Setelah selesai melakukan kustomisasi, lanjut klik Start, lalu Download

Selesai deh. Gampang banget kan?

Info Menarik Lainnya : Cara Mengetahui Nomor Indihome Secara Mudah, Simak Yuk!

4. Menggunakan Situs Waifu2x

Cara mengubah resolusi foto di HP yang terakhir yakni dengan memanfaatkan situs Waifu2x

Situs ini juga bisa mengubah resolusi foto kamu dengan mudah. Tampilan dan fitur situs yang dikembangkan oleh developer dari Jepang cukup sederhana. Sehingga sangat mudah dalam menggunakannya. 

Yuk langsung saja simak caranya.

Silahkan kamu kunjungi situsnya di http://waifu2x.udp.jp 

Setelah situsnya terbuka, maka masukkan saja foto yang ingin kamu tingkatkan nilai resolusinya. Caranya dengan mengklik Choose File. Selanjutnya lakukan pengaturan di menu Setting. Pada bagian Style kamu bisa memilih Foto. Lalu pilih High tepat di bagian Noice Reduction

Berikutnya di bagian Upscalling pilih 2x, kemudian Convert. Nanti foto yang sudah kamu resize akan ditampilkan di halaman baru. Di sana kamu bisa mendownload foto yang sudah di resize tersebut, yaitu dengan cara mengklik Save as

Selesai.

Sekarang semua koleksi foto kamu sudah tampil dengan gambar yang lebih tajam, alias tidak buram lagi. 😉  

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak Nomor Telepon Penipuan, Kita Ulas Tuntas Yuk!

Demikianlah beberapa cara mengubah resolusi foto di HP. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik berikutnya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Mengubah Resolusi Foto di Hp, Simak Hingga Tuntas Yuk!"