Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghidupkan HP yang Mati Secara Tiba-tiba, Simak Yuk!

Cara Menghidupkan HP yang Mati - Ada satu kejadian tak terduga yang bisa dialami oleh setiap pengguna smartphone. Yaitu kondisi ketika gadget atau HP yang mendadak mati total. Hal ini terkadang cukup bikin jengkel. Terlebih jika HP itu mati mendadak justru pada saat sang pemilik sedang membutuhkannya.


Di zaman modern sekarang ini, bisa dikatakan hampir seluruh aktifitas seseorang tidak bisa terlepas dari HP. Semua orang pasti membutuhkan HP dalam kehidupan sehari-harinya. Baik orang dewasa maupun kawula muda.

Orang dewasa pasti membutuhkan HP saat melakukan aktifitasnya (bekerja, berbisnis, dll). Terlebih lagi bagi anak muda (kaum milenial), bagi mereka HP adalah perangkat wajib yang harus ada ditangannya. 

Anak milenial ini kemana-mana pasti bawa HP, baik ke sekolah, saat nongkrong, dll. Bahkan ada sebagian dari mereka yang ke WC pun tetap megang HP. Xixixixi 😂

Nah, bisa dibayangkan gimana kesalnya mereka saat HP miliknya tiba-tiba mati. Serasa seakan ada yang hilang dan hampa gitu, salah tingkah gak tau harus mau ngapain. Hheehe 😁

Cara Menghidupkan HP yang Mati

 

Cara Menghidupkan HP yang Mati Tiba-tiba Secara Mandiri
Ilustrasi. Foto by : Vlog Bang Solder (Youtube).

Nah jika ada diantara Anda ada yang HP nya tiba-tiba mati, maka sebaiknya bersikap tenang saja. Gak usah panik. Karena HP yang tiba-tiba mati itu hal yang biasa terjadi kok. Jadi tidak perlu terlalu khawatir.

Dan juga jangan terlalu terburu-buru memutuskan membeli gadget baru. Sebaiknya periksa terlebih dahulu kondisi HP yang mati tersebut secara mandiri. Karena ada sebagian kasus HP yang mendadak mati total, eh ternyata bisa dihidupkan kembali oleh pemiliknya.  

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tahu seperti apa ciri-ciri HP yang masih bisa dihidupkan kembali. Dan seperti apa ciri HP yang sudah tidak dapat diselamatkan lagi (sudah mati total selama-lamanya). Selain itu, sebaiknya kamu juga harus tahu apa dugaan terkuat yang menjadi penyebab HP tersebut tiba-tiba mati.

Semua hal diatas sangat penting untuk kamu ketahui. Sebab cara menghidupkan HP yang mati akan lebih mudah dilakukan jika kamu tahu apa penyebabnya. 

Jadi ada empat kondisi yang membuat sebuah HP dinyatakan mati total, yakni:

  • HP yang mati dan sama sekali tidak bisa bergetar lagi 
  • HP yang masih bergetar, namun ketika dihidupkan langsung masuk ke recovery menu berkali-kali. 
  • HP yang mati dan sama sekali tidak bisa dihidupkan (meskipun telah dicas). 
  • HP yang mati dan tatkala dihidupkan hanya bergetar, tapi tidak merespon apapun.


Secara umum, ada beberapa faktor yang menyebabkan HP tiba-tiba mati total. Dan hal tersebut bisa saja diakibatkan oleh sistem dari HP tersebut yang mulai bermasalah. 

Beberapa penyebab umum yang membuat HP mendadak mati adalah:

1. Umur

Salah satu penyebab HP mati yang paling sering dijumpai adalah umur yang sudah tua. Yap, HP yang sudah tergolong jadul tentu akan mempengaruhi kinerjanya. Apabila HP kamu sudah berusia di atas 2 tahun dan sering mati mendadak, maka bisa jadi penyebabnya adalah karena usianya yang sudah tua.

2. Bug

Penyebab lainnya bisa jadi karena sistem ponsel kamu yang sudah tidak stabil. Sehingga menyebabkan HP kamu tidak dapat merespon apapun. Jadi HP mu sulit dihidupkan dan hanya ada reaksi dalam bentuk getaran.

4. Terjatuh atau Terkena Air

Jika HP kamu baru saja terjatuh atau terkena air, maka ini juga dapat menyebabkan HP tersebut mati total. Nah bedanya, kalau HP mati karena terjatuh biasanya masih ada harapan untuk dihidupkan kembali. Namun jika mati totalnya karena kecebur air, maka biasanya sulit untuk diperbaiki. 

Kalaupun bisa diperbaiki, biayanya akan sangat mahal. Sebab HP yang kecebur air akan membuat IC-nya jadi konslet. Sedangkan harga komponen IC hampir sama dengan harga HP barunya. Kalau kasusnya sudah begini, maka mendingan kamu beli HP baru saja. 

4. Baterai

Baterai termasuk salah satu komponen utama sebuah HP. Tanpa adanya baterai, maka HP kamu tidak akan bisa menyala. Oleh karena itu, menggunakan baterai yang tepat (berkualitas) adalah cara cerdas untuk merawat HP kamu. 

Jadi sebaiknya jangan suka membeli baterai HP imitasi alias tiruan. Belilah baterai HP original sesuai mereknya. Tak mengapa harganya sedikit lebih mahal, tapi 'kan juga tahan lebih lama. Daripada kamu beli baterai imitasi (yang beresiko bocor), sehingga dapat berakibat fatal terhadap HP kamu. Hal itulah yang membuat HP kamu tiba-tiba mati total.

Selain hal-hal di atas, masih ada beberapa faktor yang menjadi penyebab HP kamu mati total. Tapi cukup saya sampaikan 4 saja, karena itulah penyebab umum yang paling sering terjadi. Paling tidak, kamu sudah memiliki beberapa gambaran apa penyebab sebuah HP jadi mati total. 

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak Nomor Telepon Penipuan, Kita Ulas Tuntas Yuk!

Cara Menghidupkan HP yang Tiba-tiba Mati

Setelah mengetahui penyebab HP mati total, maka kini kita akan mempelajari cara menghidupkan HP yang mati. Sebelum memperbaiki kondisi ini, ada hal yang harus kamu ketahui. HP yang mati total tidak harus langsung kamu perbaiki ke tempat service. Jadi kamu bisa memeriksa dan mencoba memperbaiki sendiri terlebih dulu. 

Apa sebab?

Karena bisa jadi ponsel kamu mati bukan karena masalah pada komponen, tapi karena adanya kesalahan dari sistem (bug). Dan pada kondisi tertentu, kesalahan sistem masih bisa kita perbaiki sendiri. Oke, berikut ini ada beberapa cara menghidupkan HP yang mati. (Kamu bisa mencobanya terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat service).

Menggunakan Charger Desktop

Cara menghidupkan HP yang mati bagian pertama yaitu dengan menggunakan charger desktop. 

Mungkin ada diantara kamu yang belum tahu tentang pengertian charger desktop. Jadi ini adalah charger yang dirancang secara khusus untuk melakukan pengisian baterai di luar casing HP. Sehingga charger desktop ini bisa membantu kamu mengatasi permasalahan HP yang mati total (alias sama sekali tidak dapat dicas). 

Cara penggunaannya juga mudah. Pertama, silahkan buka casing HP kamu terlebih dahulu. Kemudian lepas baterainya dari dalam, dan pasang baterainya ke charger desktop. Tunggu beberapa saat hingga baterai ponsel kamu terisi penuh. 

Jika sudah penuh, selanjutnya cabut charger desktop tersebut dan pasang kembali baterainya ke HP kamu. 

Info Menarik Lainnya : Cara Mengetahui Nomor Indihome Secara Mudah, Simak Yuk!

Melakukan Pengisian Baterai

Cara menghidupkan HP yang mati berikutnya adalah dengan melakukan pengisian baterai. Cara ini bisa kamu lakukan jika sebelumnya kamu merasa bahwa HP masih dalam keadaan normal, namun tiba-tiba mati mendadak. 

Jadi hal ini bisa saja karena isi baterainya telah habis tanpa kamu sadari. Jika ponsel kamu mengalami kondisi seperti ini, maka kemungkinan besar gadget milikmu itu tidaklah rusak (baik pada sistem maupun komponennya). Mungkin baterainya sedang habis. Sesederhana itu. 

Untuk mengatasinya cukup dengan melakukan pengisian baterai dengan baik dan benar. Tunggu hingga baterainya terisi penuh, lalu coba hidupkan kembali. 

Ganti Baterai Baru

Bila HP kamu tiba-tiba mati mendadak, maka itu bisa jadi karena daya baterainya mulai melemah. Biasanya baterai HP yang mulai melemah ini ada gejalanya, seperti tiba-tiba suka mati, namun masih bisa hidupkan lagi. 

Untuk mengatasi hal ini, maka bisa dengan cara ganti baterai. Gantilah baterai yang sudah usang itu dengan yang baru. Dan ingat! Pastikan baterai yang kamu beli adalah baterai yang ori ya. Tujuannya agar baterai tersebut bisa tahan lama. 

Info Menarik Lainnya : Cara Cek KTP Elektronik Terlengkap ini Perlu Kamu Tahu

Melakukan Wipe System di Recovery

Cara menghidupkan HP yang mati berikutnya ialah dengan melakukan wipe system di recovery. 

Apa itu?

Jadi wipe ini merupakan salah satu fitur yang bisa menghapus sistem yang sebelumnya telah kamu install. 

Jika kamu belum tahu caranya, maka yuk ikuti langkah-langkah berikut ini: 

Pertama, silahkan masuk ke recovery dengan memanfaatkan tombol kombinasi. Kemudian cari menu yang bertuliskan Wipe, kemudian pilih Wipe Sytem. Nanti akan ada muncul notifikasi, maka silahkan kamu pilih Yes

Selanjutnya tunggu hingga prosesnya selesai. 

Apabila semua sistem di HP kamu sudah berhasil dihapus, maka kamu bisa menginstall ulang sistemnya. Yaitu dengan memasang file.zip yang isinya adalah ROM Firmware

Cara menghidupkan HP yang mati satu ini terbilang sangat efektif lho. Jadi nggak adalah salahnya jika kamu ingin mencobanya.

Catatan: jika semua langkah diatas telah kamu coba, namun HP mu tidak juga berhasil dihidupkan kembali, maka silahkan kamu bawa HP tersebut untuk diperbaiki oleh ahlinya (tukang service HP terdekat). 

Semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik berikutnya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Menghidupkan HP yang Mati Secara Tiba-tiba, Simak Yuk!"