Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merekam Layar Dengan Suara di Smartphone Terbaru

Cara Merekam Layar Dengan Suara - Belakangan ini alat perekam layar di ponsel pintar tampaknya semakin canggih saja. Pada masa lalu hasil rekaman layar hanya berupa foto atau gambar. Nah, kini telah muncul teknologi baru yang bisa menangkap tampilan layar dan juga dapat merekam suara.

Teknologi baru ini pun langsung diminati oleh banyak orang. Melihat adanya peluang besar, sehingga kini mulai banyak produsen smartphone yang merancang aplikasi tersebut. Nantinya fitur perekam layar dan suara itu tersedia secara default di produk smartphone mereka.  


Kini jenis smartphone yang bisa merekam layar dan suara itu sudah banyak digunakan oleh konsumen. Bahkan fitur itu sudah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh mereka. Kamu bisa melihat hasil rekaman layar dan suara itu di beberapa platform video.

Youtube adalah salah satu platform yang paling banyak berisi unggahan rekaman layar. Kalau nggak percaya, coba aja kamu cek langsung ke sana. Saya yakin pasti kamu telah sering melihat video rekaman layar di platform milik Google tersebut.  

Jadi smartphone yang memiliki fitur rekaman layar dan suara itu sangat bermanfaat sekali bagi penggunanya. Terutama jika penggunanya adalah seorang Youtuber.

Apa sebab?

Karena teknologi baru itu sangat membantu mereka dalam membuat konten video. Sehingga tidak mengherankan jika kini banyak  anak muda yang berusaha mencari ponsel dengan fitur rekam layar dan suara. Namun ada sebagian mereka yang malah kebingungan setelah memiliki smartphone dengan fitur baru tersebut.

Apa pasalnya? 

Karena masih banyak yang belum tahu cara menggunakan fitur perekam layar dan suara itu. Diantara mereka ada yang mengaku hanya berhasil merekam videonya saja, sedangkan suaranya tidak. Begitu juga sebaliknya. 

Nah, apakah kamu juga sedang mengalami masalah yang sama? Jika iya, yuk simak isi artikel ini hingga tuntas.

Cara Merekam Layar Dengan Suara 

 

Cara Merekam Layar Dengan Suara di Smartphone Terbaru
Ilustrasi. Foto by : Agus Ruswandi (Youtube).
 

FYI, sebenarnya kini hampir semua smartphone keluaran terbaru telah menyediakan aplikasi perekam layar dan suara. Oleh karena itu, sebelum kita membahas lebih lanjut, maka ada satu hal yang perlu kamu ketahui.

Jadi walau tiap smartphone itu sama-sama memiliki fitur dengan fungsi yang sama, namun bisa jadi cara mengoperasikannya berbeda-beda. Sehingga sangat penting untuk mengetahui perbedaan caranya pada masing-masing merek smartphone tersebut. 

Berikut ini akan di ulas cara mengambil rekaman layar + suara pada beberapa merek smartphone terkenal. 

Simak ulasannya hingga tuntas yuk.

Cekidot!

Mengaktifkan Layar dengan Suara di HP Vivo

Sebenarnya HP keren ini sudah mengatur suara otomatis ketika kamu melakukan rekaman layar. Namun jika tiba-tiba kamu mengalami masalah ‘suara’ yang tidak ikut terekam, maka bisa diatasi dengan cara berikut:

Langkah pertama, silahkan buka Setting atau Pengaturan di HP kamu. Kemudian scrool hingga kamu temukan menu Tangkapan Layar Super. Nah, kamu harus memastikan bahwa ‘rekaman suara’ yang ada di menu tersebut sudah Aktif. Hal ini bertujuan agar saat sedang merekam layar, maka suara kamu secara otomatis juga ikut terekam. 

Setelah pengaturan diatas kamu lakukan, maka coba deh kamu merekam layar sekarang, pasti sudah ada suaranya.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengubah Resolusi Foto di Hp, Simak Hingga Tuntas Yuk!

Mengaktifkan Layar dengan Suara di HP Oppo

Cara ini hampir sama seperti ponsel Vivo diatas. Jadi ketika kamu merekam layar di HP Oppo namun hasil rekaman layarnya tidak ada, maka kamu bisa mengatasinya dengan membuka menu Setting atau Pengaturan

Setelah bagian setting terbuka, kemudian geser terus ke bawah sampai kamu temukan Aplikasi System. Selanjutnya lihat ke menu Perekam Layar. Klik bagian Perekam Layar itu, kemudian lihat pada bagian Izinkan Perekam Suara, lalu aktifkan. 

Selesai deh. Caranya simple banget kok.

Sekarang kamu bisa mencoba merekam layar lagi, dan dijamin pasti sudah ada suaranya. 

Mengaktifkan Layar dengan Suara di HP Xiaomi

Cara merekam layar dengan suara berikut ini terkait dengan HP Xiomi. Jadi kalau ada diantara kamu yang memiliki HP sejuta umat ini, maka wajib untuk menyimak. 😊

Untuk HP Xiomi sendiri ada beberapa cara yang sedikit berbeda dengan ponsel sebelumnya di atas. Hal ini karena Xiomi mempunyai aplikasi perekam layar sendiri di bagian menu utama (home screen).

Caranya simpel. Pertama, silahkan buka aplikasi rekam layar yang sudah disediakan oleh Xiomi. Kemudian pergi ke bagian Pengaturan (yang bentuk tombolnya seperti gerigi). 

Selanjutnya pilih menu Sumber Suara. Nah di sana kamu akan menemukan tiga buah menu, ada Hening, Sistem Suara, dan Mikrofon. Kamu bisa memilih Mikrofon. Ingat; kamu harus memastikan sudah memilih mikrofon agar suaranya dapat terekam dengan sempurna. 

Selesai deh. Sekarang kamu bisa mencoba merekam lagi, kemudian silahkan lihat hasilnya.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghidupkan HP yang Mati Secara Tiba-tiba, Simak Yuk!

Mengaktifkan Layar dengan Suara di HP Realme

Jika ada kendala rekaman suara atau layar pada HP Realme, maka kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut ini. Pertama, buka bagian Pengaturan di ponsel kamu, kemudian pilih Aplikasi System

Setelah bagian Aplikasi System terbuka, selanjutnya pilih Rekaman Layar

Terakhir, pastikan kamu sudah mengaktifkan bagian Izinkan Perekaman Suara. Bagian ini dapat kamu temukan dengan cara menggeser slider ke sebelah kanan.

Mengaktifkan Layar dengan Suara di HP Samsung

Cara merekam layar dan suara ini sangat berguna bagi kamu yang memiliki ponsel pintar Samsung versi terbaru. Yuk simak caranya berikut ini. 

Langkah pertama, buka menu Pengaturan atau Setting. Jika sudah, selanjutnya masuk ke bagian Lanjutan. Di sana akan terlihat beberapa menu, silahkan kamu pilih Gambar Layar dan Perekam Layar

Kemudian pilih Pengaturan Perekam Layar. Setelah itu lihat di bagian pengaturan suaranya, nanti kamu akan menemukan tiga buah pilihan, yaitu; Tanpa Suara, Mikrofon, dan Suara Media. Silahkan kamu pilih Suara Media dan Mikrofon

Beres deh. Sekarang kamu sudah bisa mekakukan rekam layar dengan suara.

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak Nomor Telepon Penipuan, Kita Ulas Tuntas Yuk!

Penutup

Cara merekam layar dan suara pada masing-masing smartphone biasanya memang berbeda-beda. Jadi sesuaikan saja semua cara diatas dengan merek ponsel pintar yang kamu gunakan. 

Jika smartphone kamu belum ada fitur rekam layar dan suara default (bawaan), maka kamu bisa mendownload aplikasinya di Play Store. Kini sudah tersedia banyak sekali aplikasi perekam layar dan suara di Play Store tersebut. Sehingga kamu bebas memilih aplikasi yang paling kamu sukai. 

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Merekam Layar Dengan Suara di Smartphone Terbaru"