Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari Supplier di Tokopedia untuk Pebisnis Pemula

Cara Mencari Supplier di Tokopedia untuk Pebisnis Pemula

Bagi pelaku usaha terutama seorang produsen, keberadaan supplier sangat penting untuk menunjang kelangsungan bisnis. Untuk mendapatkan rekanan yang baik, perlu riset dan proses membandingkan antara satu dan lainnya. 

Untungnya, cara mencari supplier di Tokopedia dapat membantu pemula dalam mencari partner pemasok yang terpercaya.

Umumnya, usaha manufaktur adalah yang paling erat hubungannya dengan supplier. Walaupun bisnis jasa juga tidak bisa dipisahkan dari keberadaan supplier ini. Karena perannya yang vital, pebisnis harus menjalin kerjasama dengan pemasok yang benar-benar bisa dipercaya kinerjanya. 

Lalu, bagaimana bisa e-commerce seperti Tokopedia digunakan untuk mencari partner penyuplai bahan baku?

Yuk Simak Cara Mencari Supplier di Tokopedia Berikut ini.

Cekidot!

Pentingnya Keberadaan Supplier

Pemasok sangat penting perannya karena merupakan bagian pertama dari rangkaian rantai pasokan. Memiliki fungsi utama sebagai penyedia bahan baku produksi, perannya tidak berhenti sampai disini. 

Supplier juga harus memastikan kualitas barang sebelum dikirim serta memastikannya disimpan dengan baik. Selain itu juga mengatur pengiriman supaya diterima tepat waktu.

Keberadaan supplier sangat penting karena juga menjadi patokan ketersediaan barang produksi. Kerja pemasok ini diawali dari permintaan bahan baku oleh perusahaan yang biasanya dilakukan oleh bagian pembelian. 

Setelah itu, barang yang diminta tadi akan dikirim sesuai jadwal yang disepakati. Semuanya harus tepat karena berkaitan dengan proses produksi.

Untuk itulah penting bagi sebuah perusahaan untuk menjalin kerjasama dengan supplier yang mampu diandalkan serta kredibel. Dalam artian, pemasok harus bisa menjamin ketersediaan barang dan mengirimnya tepat waktu dalam kondisi baik. Dan hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

Keterlambatan pengiriman dan tidak adanya bahan baku bisa mengganggu proses produksi. Sehingga dapat mengakibatkan kekosongan produk di pasar.

Tokopedia Tempat Nyaman Mencari Pemasok

Sebagai e-commerce yang sudah sangat dikenal masyarakat, ternyata fungsinya tidak hanya untuk membeli barang jadi saja, lho. Pelaku bisnis bisa mencari supplier apa saja yang diinginkan di platform ini. Untuk pemilik usaha-usaha kecil, Tokopedia bisa dijadikan tempat mencari pemasok karena bisa membeli dalam jumlah sedikit terlebih dahulu.

Selain itu, ada beragam fitur pembayaran mulai dari tunai sampai tempo, skema cicilan dengan atau menggunakan kartu kredit. Benefit ini tentu sangat membantu pebisnis online shop atau toko kecil-kecilan. Selain itu juga bisa digunakan bagi yang menjalankan usaha dropship.

Disini hampir bisa ditemukan supplier untuk segala jenis barang. Baik yang partai kecil, menengah, ataupun besar. Semuanya ada dan pengguna hanya cukup memasukkan kata kunci saja di kolom pencarian. 

Namun, banyaknya supplier yang memiliki produk sama bisa membuat pengguna kewalahan dalam memilih. Diperlukan kesabaran dan ketelitian membandingkan antara satu pemasok dan lainnya di Tokopedia. 

Untungnya, ada fitur Star Seller dan Gold Merchant di e-commerce ini bagi penjual-penjual dengan reputasi baik. Sebagai filter awal, gunakanlah ini sebagai patokan dalam memilih supplier yang terpercaya.

Info Menarik Lainnya : Supplier Mainan Anak Murah, Ini Cara Mencarinya

Cara Mencari Supplier di Tokopedia yang Kredibel

Jika belum memiliki rekanan pemasok sama sekali dan usaha masih terhitung kecil, e-commerce yang satu ini bisa dijadikan tempat hunting. Ada banyak penjual yang juga berfungsi sebagai penyedia berbagai jenis bahan baku. Namun agar tidak bingung memilih, yuk ikuti cara-cara berikut ini.

1. Menentukan Kebutuhan

Cara mencari supplier di Tokopedia yang pertama adalah melihat dulu apa yang menjadi kebutuhan. Misalnya, bisnis yang dijalankan adalah membuat kerajinan dan butuh bahan baku seperti kain, kancing, benang, dan lainnya, maka carilah semua ini di kategori fashion atau langsung ketikkan item yang diperlukan di kolom pencarian.

Kemudian, kenali juga apakah bisnis yang dijalankan skemanya reseller atau dropship. Jika sebagai dropshiper, maka cari penjual-penjual yang menyediakan opsi ini. Pasalnya, bakal ada perbedaan kuantitas atau minimum pembelian dari supplier yang melayani reseller.

2. Pilih Penjual yang Aktif Merespon Pembelian

Supplier-supplier di Tokopedia jumlahnya sangat banyak dan bisa membuat pemula bingung harus memilih yang mana. 

Cara paling mudah adalah dengan melihat keaktifan penjual dalam merespon komentar atau pertanyaan pembeli. Biasanya, seller jenis ini sudah memiliki badge Gold Merchant dan akan muncul di bagian atas katalog pencarian.

Setidaknya, aktivitas merchant harus terlihat minimal dalam 3 hari kebelakang. Lebih dari itu, maka jangan dipilih. 

Ketepatan waktu dan respon yang cepat harus menjadi poin utama ketika berburu supplier di Tokopedia. Mempertimbangkan keaktifan ini juga bertujuan untuk memitigasi ketika nanti ada komplain soal keterlambatan, atau kerusakan barang yang dikirim.

Info Menarik Lainnya : Mau Jadi Supplier Mainan Import? Ini Cara Memasok Barangnya

3. Cek Review dari Pembeli

Testimoni dari konsumen sebelumnya sangat penting untuk memutuskan apakah supplier bisa dipercaya atau tidak. Dari sini, bisa dilihat juga apakah seller menjual barang yang berkualitas atau tidak. 

Kemudian bagaimana kondisi produk ketika diterima oleh konsumen. Biasanya, pembeli sebelumnya akan kritis ketika menemukan hal-hal yang tidak sesuai.

Jadi, jangan sampai tidak membaca kolom komentar atau review, karena disitulah cerminan pelayanan supplier. Terkadang memang konsumen tidak selalu memberi ulasan, tapi ada bintang yang bisa dijadikan patokan. Kalau service memuaskan, seller biasanya akan mendapat nilai (skor) 5 bintang dari pembeli.

4. Tes Dengan Membeli Sampel

Untuk membuktikan kebenaran testimoni dan juga kualitas pelayanan serta produk, bisa dicoba untuk membeli dalam jumlah sedikit dulu. Ada supplier yang memperbolehkan pembelian satuan, namun ada juga yang mewajibkan minimal order. Anggap saja ini sebagai biaya lain-lain yang harus dikeluarkan.

Membeli sampel juga bermanfaat untuk melihat langsung seperti apa produk, apakah sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan atau tidak. Seringkali apa yang ada di deskripsi tidak sama dengan yang diterima. Maka, daripada kecewa dan sudah mengeluarkan budget banyak, lebih baik lakukan pembelian kecil dulu.

5. Cek Rules Pembelian yang Ditetapkan Supplier

Rata-rata pemasok yang menjual barangnya di Tokopedia menyertakan peraturan pembelian di deskripsinya. Misalnya, bagaimana cara memesan, minimal pembelian, sampai pada cara pengiriman yang disediakan. 

Beberapa penjual juga ada yang menuliskan bahwa pengiriman hanya bisa dilakukan lewat Gojek atau Grab. Begitu juga dengan aturan tentang retur produk yang tidak sesuai.

Cara mencari supplier di Tokopedia memang mudah, namun telitilah membaca peraturan ini supaya tidak terjadi kesalahan dalam membeli. Ada baiknya menanyakan dulu hal-hal yang kurang jelas kepada penjual lewat kolom komentar. 

Pemasok yang responsif biasanya akan melayani setiap pertanyaan. Dan hal ini bisa menjadi tolak ukur bagi Anda dalam memilih supplier nantinya.

6. Jangan Terpaku pada Satu Penyedia

Di Tokopedia, pelaku usaha bebas memilih siapa yang akan menjadi pemasoknya. Disarankan, untuk menunjang kelancaran bisnis dan menjaga pasokan, maka milikilah lebih dari 1 supplier. 

Cari penyedia yang setipe, baik kualitas barang, jenisnya, dan cara pengirimannya. Dengan begini, proses produksi dan bisnis tetap lancar (tanpa ada keraguan bahan baku tidak dikirim atau tak tersedia).

Info Menarik Lainnya : Distributor Mainan Edukasi Anak & Info Produsennya

Itulah diatas beberapa cara mencari supplier di Tokopedia yang bisa Anda kulik. Jangan ragu untuk membandingkan dan melakukan tes pengiriman guna mengetahui kualitas produk dan layanan. 

Tak perlu khawatir akan modal kecil, belanja di e-commerce yang satu ini bisa dilakukan dengan banyak pilihan metode bayar baik kredit maupun cash.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mencari Supplier di Tokopedia untuk Pebisnis Pemula"