Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di laptop Windows 10


Kehilangan dokumen memang bisa membuat panik apalagi kalau itu sesuatu yang penting. Selain membuat kesal pun juga dapat memakan lebih banyak waktu untuk mencarinya. Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 10 dapat dilakukan dengan tools bawaan atau lewat software.

Padahal sebenarnya berkas tetap tersimpan di komputer hanya saja tak semua pengguna tahu cara mencarinya. Perangkat dengan sistem operasi terbaru ini memberikan dukungan pada pengguna yang ingin melakukan restore. Beruntung ada trik-trik yang bisa dicoba pada artikel kali ini serta dijelaskan ada dimana sebenarnya berkas-berkas tadi

Kemana Perginya Dokumen yang Terhapus?

Semua data yang tampak hilang akan lari ke Recycle Bin yang notabene sebuah folder pada ruang penyimpanan. Banyak pengguna khawatir jika mengosongkan tong sampah ini akan menghapus semua file yang ada di dalamnya. 

Walau memang kelihatannya seperti benar-benar membuang semua dokumen yang ada, namun tidak begitu nyatanya. Jadi sebenarnya apapun yang tadinya berada di dalam sana masih ada dalam perangkat. 

Dimana tepatnya? 

Lokasi baru untuk semua yang ada di tong sampah adalah hard drive. Selama belum ada file baru yang menggantikan atau menimpanya, itu tetap disana.

Kemudian, bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Windows 10? 

Seperti yang sudah dikatakan tadi, sebenarnya istilah "permanent" ini perlu dicermati lagi. Berkas yang terhapus sebenarnya masih ada di perangkat, hanya saja berpindah tempat. Ketika komputer tidak mengenali dokumen saat dipanggil, mungkin saja header atau reference nya sudah disingkirkan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dicoba mengembalikan file yang tak sengaja terhapus.

Simak terus hingga tuntas yuk!

1. Mencari di Recycle Bin

Keranjang sampah ternyata banyak fungsinya. Seperti layaknya tempat pembuangan, apa yang dibuang disana harusnya masih bisa ditemukan kalau belum diangkut “tukang sampah”. Selain itu, fitur andalan ini mudah ditemukan pada sistem operasi apapun.

Caranya, buka Recycle Bin lalu pilih Open untuk bisa melihat Deleted Files. Beri ceklis pada box di sebelah kiri (ketika Anda sudah menemukan berkas yang ingin diambil lagi). Klik pada Dokumen kemudian lanjutkan menekan Restore (agar file yang terhapus itu bisa kembali ke folder asal).

2. Kembalikan Data yang Dihapus Lewat CMD

Pilihan trik pertama diatas memang terbilang mudah. Tapi jika file tersebut sudah terlanjur hilang dari "tong sampah", maka harus dilakukan memakai cara lainnya. Yaitu restore dari Command Prompt, sebuah tempat untuk memberikan serangkaian perintah pada komputer.

Ketik CMD lalu Run as Administrator. Muncul kotak perintah, masukkan . Ganti X dengan lokasi storage berkas yang hilang. Lanjutkan memasukkan Command lalu lakukan yang sama untuk X.

Selanjutnya, perangkat akan memproses recovery pada dokumen, disusul dengan folder. 

Ketika ini berlangsung, jangan melakukan kegiatan apapun seperti menyimpan, memindahkan dokumen, dan menghapus. Sebab jika itu Anda lakukan, maka akibatnya berkas bisa tertimpa, sehingga proses restore akan terganggu.

Info Menarik Lainnya : Cara Menguninstall Aplikasi di Laptop Agar Makin Kencang

3. Tarik Kembali Data Hilang

Pada perangkat yang memiliki OS Windows 10, berkas terhapus bisa dikembalikan dengan cara menariknya dari History. Agar dapat menarik kembali dokumen yang tidak sengaja terbuang, pastikan sebelumnya Anda selalu melakukan Back Up.

Pencadangan data bisa dilakukan Update Security, carilah dari menu Search kemudian ikuti petunjuk mudahnya. Tentukan bagian storage mana yang akan digunakan untuk menyimpan cadangan file. 

Bisa juga memilih hard disk eksternal sebagai tujuan (apabila hanya ada satu partisi pada perangkat). 

Kemudian atur juga pencadangan otomatisnya.

Setelah proses mencadangkan data berhasil, selanjutnya Anda bisa menarik berkas ketika tidak sengaja ada yang hilang. Berikut ini langkahnya:

  • Masuk ke file History dari kolom Search di desktop, temukan folder menyala hijau, letaknya ada pada bawah window, lalu klik.
  • Proses selesai.

4. Menggunakan Recuva App

Ini merupakan software tambahan yang bisa diinstal ke perangkat untuk menarik kembali data yang tiba-tiba hilang. Aplikasi ini sendiri sudah populer sejak tahun tahun 2000 serta telah digunakan di banyak komputer. Penggunaannya mudah dan praktis, sehingga membuat banyak orang memakainya untuk me-restore berkas.

Setelah mengunduh serta menginstalnya, buka lalu pilih lokasi dimana file yang terhapus disimpan kemudian pilih Scan. Biarkan proses memindai berlangsung. Apabila sudah, nanti software ini akan menampilkan berkas-berkas terhapus pada partisi yang di scan tadi.

Berikan ceklis pada dokumen yang ingin dikembalikan, lalu klik Restore di bagian kanan bawah window. Perhatikan statusnya, karena bisa jadi akan muncul keterangan "State Unrecoverable". Jika terjadi begitu, maka berarti data tidak bisa lagi dikembalikan (biasanya ini terjadi karena datanya sudah bertumpuk).

Info Menarik Lainnya : Cara Membuka File RAR di Laptop Windows dan Mac Mudah

5. Mengembalikan dari “Wise Data Recovery”

Komputer dengan windows 10 bisa mencoba memasang aplikasi ini di perangkatnya guna berjaga-jaga mencari dokumen yang hilang. Penggunaannya mudah dan tampilannya juga user friendly. Sehingga aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk menemukan data yang terhapus permanen.

6. Restore Memakai Disk Drill

Tersedia dalam versi free namun kuotanya terbatas yaitu 500MB saja. Menariknya, aplikasi ini langsung melakukan grouping pada pemindaiannya. Pengguna hanya perlu memilih jenis file yang hendak di restore kemudian pilih opsi Recover All.

7. Pakai Minitool Power Data Recovery

Merupakan software third party (aplikasi pihak ketiga) lainnya yang dapat dicoba untuk menemukan dokumen terhapus. Bisa dipakai secara gratis (namun terdapat batasan ukuran, yaitu sebesar 1 GB). 

Kelebihannya adalah semua hasil scan tersaji secara rapi. Sehingga memudahkan Anda untuk mengenali berkas mana dan folder apa saja yang tidak sengaja hilang

Selain ketujuh langkah tadi, disarankan juga melakukan Back Up rutin secara online guna menghindari berhasil tidak sengaja dihapus atau hilang. 

Nah bagaimana menurut Anda? Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 10 ternyata cukup mudah bukan? 😉

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di laptop Windows 10"