Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screen Record di Macbook Mudah Dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara Screen Record di Macbook Mudah Dengan dan Tanpa Aplikasi

Merekam dari layar sekarang ini banyak dilakukan seiring meningkatnya aktivitas virtual. Bagi pengguna Mac, cara screen record di Macbook ternyata sangat mudah. Bisa dengan menggunakan aplikasi tambahan ataupun tidak. Tools bawaan dari perangkat ini sendiri sudah sangat mumpuni untuk recording.

Komputer-komputer Apple sekarang sudah dibekali dengan Mac OS Mojave yang memiliki fitur menarik salah satunya screen recording, Screenshot. Perangkat keluaran 2018 keatas telah didukung oleh OS ini. 

Ingin tahu lebih lanjut caranya merekam apapun yang sedang dilihat di layar? 

Yuk simak cara screen record di macbook berikut ini.

Cekidot!

Merekam Tanpa Bantuan Tools Tambahan

Pengguna Mac bisa merekam tangkapan layar dengan mudah karena ada dukungan untuk ini. Perekaman sangat penting untuk menunjang aktivitas seperti pembuatan video tutorial, review, presentasi, dan bahkan menyimpan apapun yang sedang ditonton. Misalnya, ada konten video menarik di Internet, rekam saja supaya bisa dilihat-lihat lagi nanti.

Seperti sudah disinggung di atas bahwa pada komputer Mac dengan OS baru seperti Mojave, Catalina, atau MacOS, ada software built in bernama Screenshot. Fungsi utamanya adalah melakukan perekaman pada layar komputer. 

Berikut ini adalah cara screen record di Macbook lewat screenshot.

1. Pilih Jenis Perekaman

Buka aplikasi dengan cara menekan secara bersamaan Shift+Command+5. Temukan control bar pada bagian bawah layar, kemudian tentukan apakah ingin merekam video atau membuat tangkapan layar. 

Kemudian, pilih lagi antara Record Entire Screen ataukah Selected Portion. Apabila ingin merekam sebagian layar saja, akan muncul jendela perintah untuk menyesuaikan ukuran.

2. Atur Preferensi

Buka menu Option lalu sesuaikan timer, microphone mana yang dipakai, serta dimana akan menyimpan hasil recording. 

Mengatur ini semua gunanya adalah untuk menyiapkan perangkat sebelum merekam video. Misalnya, ketika penghitung waktu diaktifkan, akan muncul countdown sebelum perekaman dimulai. Pengguna bisa bersiap-siap dahulu sebelum memulai.

3. Memulai Rekaman

Setelah semua pengaturan disesuaikan, saatnya rekaman. Cukup dengan menekan Record maka semuanya beres. Apabila memutuskan untuk merekam keseluruhan layar, klik bebas dimana saja untuk mulai. 

Jika dirasa sudah selesai, hentikan proses lewat klik tombol Stop pada bagian kanan atas layar rekaman.

4. Simpan Video

Ketika perekaman berakhir, pengguna akan menemukan thumbnail di bagian kanan bawah. Apabila didiamkan, hasil rekaman akan otomatis tersimpan di tempat penyimpanan yang sudah ditentukan pada langkah 2 tadi. Namun apabila ingin menyimpan pada lokasi lain, drag saja thumbnailnya ke folder yang diinginkan.

5. Trimming Recording

Hasil perekaman bisa diedit sesuai dengan kebutuhan, misalnya jika ada bagian yang hendak dibuang. 

Caranya mudah saja, buka kembali video kemudian akan ada trim icon disana (biasanya terdapat pada bagian kanan atas layar). Setelah diklik, muncul editing bar berisi frame-frame untuk di trim. 

Pilih pada frame mana yang ingin dipotong. Apabila terlanjur memotong terlalu banyak, maka bisa dikembalikan dengan klik Revert.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi (Windows 10)

Mac Versi Lama, Gunakan Quicktime Player

Selain Screenshot, Macbook juga dibekali dengan tools screen recorder lain yaitu Quicktime Player. Pada versi sebelum Mojave, pengguna hanya akan memiliki software ini untuk merekam layar. Jangan khawatir, kegunaan dan cara pengoperasiannya juga mudah serta hasilnya pun bagus. 

Ikuti langkah berikut ini:

1. Atur Preferensi

Buka aplikasi kemudian pilih File pada bar bagian atas, bisa juga dengan cara klik kanan pada icon QuickTime Player. Setelah itu klik New Screen Recording (supaya layar rekaman bisa muncul). 

Tekan simbol panah agar drop down list berisi hal-hal yang harus diatur keluar. Misalnya opsi menampilkan mouse clicks, microphone mana yang ingin digunakan, kemudian juga tempat penyimpanan.

2. Mulai Merekam

Ketika semuanya sudah diatur, saatnya recording video dengan memilih Start Recording. Apabila hanya ingin mengambil sebagian layar saja, maka drag kursor untuk mengubah ukuran atau memindahkan jendela rekaman. 

Setelah perekaman selesai, tekan Stop Button pada bagian kanan atas. Bisa juga dengan menekan bersamaan Command+Control+Esc.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuka File RAR di Laptop Windows dan Mac Mudah

3. Edit Rekaman

Tak perlu repot-repot membuka file ketika ingin mengeditnya karena aplikasi ini langsung memunculkan kembali video yang tadi direkam. Pengguna bisa langsung melakukan trimming dan rotating dengan klik icon yang ada di bagian atas layar.

Jika dirasa ada part atau frame video yang ingin dibuang karena terlalu panjang misalnya, bisa langsung pilih tombol trim. Akan muncul trim bar di bagian bawah, lalu tentukan framenya. Setelah cukup, lihat dulu hasil akhirnya pada preview dengan klik Play. Apabila telah sesuai, tutup langsung untuk menyimpannya.

Jangan khawatir apabila terlalu banyak memotong karena bisa dikembalikan dengan memilih Revert. Hasil yang baru akan menimpa file lama atau jika ingin disimpan dengan nama baru juga bisa. 

Klik Done untuk mengakhiri proses.

Cara Screen Record di Macbook Lewat Third Party Software (Aplikasi Pihak Ketiga)

Sayangnya, laptop Mac keluaran lama alias jadul tidak memiliki built in app untuk melakukan rekaman langsung lewat layar. Maka, diperlukan tambahan aplikasi dari pihak ketiga agar bisa melakukannya. Pengguna diperbolehkan mengunduh dan menambahkan tools baru untuk melakukan screen recording.

Beberapa contoh software yang bisa dicoba antara lain adalah Tinytake, Ice Cream Screen Recorder, OBS Studio, Camtasia, dan juga Screen Flow. Semua ini bisa bekerja dengan baik pada OS lama seperti El Capitan, Yosemite, Mountain Lion, dan juga Mavericks.

Info Menarik Lainnya : Cara Menggunakan VPN di Laptop MacBook dan Windows

Itulah diatas cara screen record di Macbook yang bisa dicoba, baik dengan bantuan tools pigak ketiga atau menggunakan app bawaan. Hasilnya sama-sama bagus karena sebenarnya perangkat Mac sudah sangat mendukung perekaman video serta audio. 

Silahkan dicoba.

Post a Comment for "Cara Screen Record di Macbook Mudah Dengan dan Tanpa Aplikasi"