Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus di iPhone Praktis

5 Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus di iPhone Praktis

Ternyata, cara mengembalikan chat Whatsapp yang terhapus di iPhone tidak serumit yang dikira, bahkan ketika penggunanya tidak melakukan back up. Ini juga berlaku untuk pesan-pesan lama dan tanpa sengaja dihapus. Jadi, kehilangan history percakapan bukanlah momok lagi karena selalu bisa di restore.

Kehilangan catatan pembicaraan di Whatsapp bisa disebabkan oleh banyak hal. Jika itu merupakan hal yang penting atau confidential, tentu akan sangat menyebalkan ketika hilang atau tak sengaja terhapus. Namun jangan khawatir karena iPhone bisa mengembalikannya.

Penyebab Chat Hilang di WA

Beberapa waktu lalu, ada banyak pengguna aplikasi Whatsapp yang melaporkan kalau chatnya hilang tiba-tiba. Kejadian ini berulang setiap hari sehingga sangat mengganggu. 

Apa ternyata penyebabnya? 

Menurut pihak Whatsapp, hilangnya percakapan bisa terjadi karena kesalahan fungsi antivirus atau memory cleaner.

Ketika dilakukan cleansing dan antivirus bekerja menghalau virus, data percakapan yang tersimpan ikut terhapus juga. Untuk itu ada himbauan dari pihak Whatsapp kepada pengguna untuk tidak mengaktifkan dulu sementara waktu kedua fitur ini. 

Cara mengembalikan chat Whatsapp yang terhapus di iPhone menjadi penting bukan kalau sudah begini?

Kemudian, pemicu lain hilangnya chat adalah adanya corrupt data pada aplikasi WA itu sendiri. Itulah mengapa pengguna kemudian diminta untuk melakukan pencadangan terkait percakapannya pada Google Drive atau software backup lainnya.

Lalu, cache yang tidak sengaja terhapus ketika melakukan pembersihan juga bisa jadi penyebab rekapan obrolan ikut lenyap. Tidak dapat dipungkiri kalau hal-hal seperti ini sangat mengganggu. 

Sebagai pengguna tentu merasa dirugikan dan direpotkan karena harus membuat cadangan file sendiri. Padahal seharusnya ini juga menjadi bagian dari layanan Whatsapp.

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus di iPhone

Beruntunglah pada pengguna smartphone keluaran Apple ini karena didukung oleh teknologi yang bisa memunculkan kembali percakapan hilang. Layanan dan fitur pada ponsel sultan ini terbilang sangat membantu untuk mengembalikan chat hilang di WA. 

Nah, bagaimana proses lengkapnya? Berikut cara-caranya:

1.  Panggil Pesan Hilang Lewat iTunes

Cara yang pertama ini akan sangat mudah dilakukan apabila sebelumnya sudah pernah atau rutin dilakukan sinkronisasi. Pengaturan auto sync sangat penting untuk bisa merasakan manfaat lengkap dari layanan yang satu ini.

Untuk memanggil kembali riwayat obrolan, sambungkan iPhone ke iTunes, pilih Summary lalu Restore Backup. Kemudian, beri nama pada file cadangan kemudian finish. Selesai. Mudah, bukan? Cara ini hanya butuh sekitar 5 menit, lho, untuk menuntaskannya.

2.  Manfaatkan Bantuan iCloud

Satu lagi layanan dari Apple yang fungsinya adalah sync and backup untuk semua aplikasi, phone book, media, dan juga files. Ketika chat di WA hilang permanen, maka pengguna bisa memanggilnya kembali lewat fitur ini. 

Selain untuk pencadangan dan juga sinkronisasi, iCloud berfungsi sebagai storage. Data percakapan ada di dalam sini dan bisa diambil lagi.

Pertama-tama, pengguna harus terlebih dulu uninstall dan delete aplikasi WA-nya dari iPhone lakukan re-install. Selanjutnya, buka kembali Whatsapp, masukkan nomor telepon dan data lainnya. 

Kemudian, lakukan restore chat history yang lamannya akan tampil secara otomatis. Ini dapat dilakukan ketika sebelum-sebelumnya telah dilakukan synchronize antara Whatsapp dan iCloud.

Info Menarik Lainnya : Cara Agar Baterai HP Xiaomi Tidak Cepat Habis dan Awet

3.  Unduh History Chat dari Google Drive

Sebagai storage berbasis cloud, Google Drive bisa difungsikan untuk melihat lagi pesan-pesan yang dikirimkan lewat WA. Dengan catatan, pengguna sebelumnya rutin melakukan pencadangan. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghapus dulu data-data di Whatsapp beserta aplikasinya.

Lalu, unduh kembali kemudian lakukan entry nomor telepon seperti biasanya. Selanjutnya, masuk ke laman Restore, pilih Next. Setelah langkah ini selesai, pengguna harus kembali mengatur profil. 

Selesai. Percakapan yang tadinya hilang sudah bisa dilihat lagi di iPhone. Mudah, kan?

4.  Melakukan Pencadangan di Aplikasi

Melihat kembali pesan WA terhapus ternyata juga bisa dilakukan dari app itu sendiri. Yaitu dengan melakukan chat backup dari menu Setting kemudian Chats. Jika pengguna sebelumnya pernah mencadangkan, akan tampil percakapan-percakapan terakhir.

Lanjutkan dengan menghapus aplikasi WA dari perangkat, kemudian install lagi. Lakukan verifikasi dengan akun dan nomor telepon yang sama. Setelah ini semua dilakukan, riwayat pesan-pesan akan muncul kembali.

5.  Turunkan versi Whatsapp

Terdengar aneh namun pada beberapa kasus ini berhasil. Pesan-pesan yang hilang bisa jadi berasal dari versi lama WA sebelum di upgrade ke yang paling baru. Ketika hilang, maka versi baru ini tidak mengenali data dari app lama. Maka, cobalah untuk menurunkan versinya, lalu baru lakukan restore. 

Cara ini seringkali berhasil, lho.

Info Menarik Lainnya : 6 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca di Smartphone

Pentingnya Membuat Backup

Banyak orang enggan melakukan pencadangan karena merasa seperti ditambahkan beban baru. 

Memang seharusnya fungsi cadangan file ini merupakan bagian tak terpisahkan dari sebuah aplikasi, tapi nyatanya tidak selalu begitu. Ketika percakapan tidak dicadangkan, yang terjadi adalah pengguna benar-benar kehilangannya saat tak sengaja terhapus.

Bagi user iPhone, backup bisa dengan mudah dilakukan lewat iTunes atau iCloud. Caranya dengan melakukan sinkronisasi dan rutin mengecek apakah fungsi pencadangan berjalan dengan baik. 

Kemudian, hubungkan juga ke Google Drive untuk setiap data yang masuk ke Whatsapp. Selain obrolan, ada juga file-file seperti foto dan video yang kadang dikirim atau diterima.

Lalu, memindahkan hasil pencadangan history ke PC juga bisa membantu ketika butuh melihatnya saat hilang tiba-tiba. Cara mengembalikan chat Whatsapp yang terhapus di iPhone akan lebih mudah dilakukan ketika backup rutin dijalankan. 

Jangan bosan-bosan apalagi banyak data atau obrolan penting didalamnya. Terutama hal-hal yang bersifat private serta confidential. 

Selamat mencoba!

Post a Comment for "5 Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus di iPhone Praktis"