Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca di Smartphone

6 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca di Smartphone

Cara memperbaiki kartu sd yang tidak terbaca mungkin menjadi sangat penting karena fungsinya benar-benar vital. Yaitu, sebagai tempat menyimpan berbagai file seperti foto, video, dokumen, music, serta koleksi film favorit. Jika sampat tak bisa dibaca, artinya semua berkas bisa-bisa jadi rusak atau bahkan hilang.

Sebenarnya, tindakan-tindakan pencegahan supaya kerusakan tidak terjadi sangat mudah dilakukan. Masalahnya, kebanyakan pengguna seringkali mengabaikan karena memang kartu ini letaknya tidak terlihat. Nah, simak penjelasan berikut mengenai bagaimana mengatasi ketika kartu sd tidak terbaca.

Penyebab Micro Sd Tak Terdeteksi

Sebagai komponen pendukung penyimpanan pada sebuah smartphone, keberadaan kartu sd atau sering juga disebut memori card sangat penting. Namun tentu saja ada masalah-masalah yang tak bisa dihindari seperti misalnya mendadak kartu tidak dapat dibaca, tak ditemukan, atau yang lainnya.

Ada beberapa penyebab yang akibatnya menjadikan kartu sd tak terbaca. Pertama yaitu karena kotoran menempel pada bagian lempengan kuningan. Debu, minyak, air, dan apapun yang tercampur di udara kemudian ada disana bisa menyebabkan kerusakan. Jika terlalu lama menumpuk maka akan timbul karat.

Selanjutnya, kartu sd yang bekerja terlalu keras juga bisa menyebabkannya jadi rusak kemudian tidak terbaca. Misalnya adalah ketika pengguna menjejalkan begitu banyak file padahal kapasitasnya sudah hampir penuh. Ditambah lagi berkas-berkas yang dimasukkan ukurannya besar. Saat akses dilakukan, inilah yang menyebabkannya seperti diforsir.

Kemudian, penyebab kerusakan lainnya bisa jadi karena adanya medan magnet di sekitar ponsel yang bisa menyebabkan gangguan pada partikel-partikel di dalamnya rusak. Ketika struktur ini tak lagi beraturan, maka potensi kartu tak terbaca jadi besar.

Lalu, mencabut paksa micro sd dari tempatnya baik di smartphone atau laptop/komputer juga dapat merusaknya. Lebih parah lagi, file-file di dalamnya pun bisa rusak, corrupt, serta tak dapat dibuka. Proses melepaskan kartu tanpa melewati tahap eject adalah yang paling sering menyebabkan masalah pada memory card.

Info Menarik Lainnya : Cara Memperbaiki Speaker Hp Xiaomi Redmi 5a (Anti Gagal)

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca

Jangan dulu panik, bingung, apalagi membuang micro sd saat tak bisa dibaca. Selamatkan data-data di dalamnya sebelum menggantinya dengan yang baru. 

Berikut ini tindakan untuk mencegah dan mengatasinya:

1.  Bersihkan Bagian Kuningan

Lepaskan memory card, pastikan perangkat dalam keadaan mati terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan penghapus pensil karet, usahakan yang lembut, untuk menggosok bagian pelat. Lepaskan perlahan kotoran yang ada disana berupa karat, lemak, debu, dan yang lainnya seperti ketika menghapus tulisan di kertas. Setelah bersih, masukkan kembali, dan kartu kembali dapat dipakai.

2.  Lakukan Pengecekan di Komputer

Sepintar apapun sebuah smartphone, tetap terdapat batasan disana. Khususnya dalam mengecek masalah komponen. Pada kartu sd yang tidak bisa dibaca, cobalah mengeceknya di PC. Caranya yaitu dengan menyambungkannya menggunakan kabel USB.

Setelah ponsel tersambung, masuk ke menu Mass Storage Mode secara otomatis, lanjutkan ke windows explorer. Untuk bisa menemukan drive memori, klik kanan pada mouse agar diarahkan ke laman properties. Dari sana, pilih Tools, kemudian Error Checking. Namun jangan memilih format kartu karena bisa menyebabkan data hilang. Setelah proses selesai, cobalah buka kembali penyimpanan.

Info Menarik Lainnya : 4 Cara Membuat Video Menjadi Live Wallpaper di iPhone

3.  Memformatnya Lewat Smartphone

Apabila masih bisa membuka kartu sd namun file-file didalamnya tampak corrupt, maka disarankan mencoba dulu format kartunya. Namun lakukan back up sebelumnya untuk berjaga-jaga. Setelah itu masuklah ke Setting kemudian pilih Storage. Lanjutkan dengan memilih erase sd card untuk bisa dilakukan perbaikan kerusakan.

Ingat, cara ini bisa dicoba setelah yakin sebelumnya sudah membackup file di tempat lain misalnya Google Photos, Dropbox, atau hard disk external. Karena, semua data pasti akan hilang setelah format ulang ini. Jadi, hati-hati melakukannya, ya.

4.  Format dari Komputer

Apabila tidak dapat dilakukan formatting lewat smartphone, lakukan saja dari komputer. Tapi tetap ingat bahwa ini akan menghapus semua data yang ada didalamnya. Akan dibutuhkan tambahan card reader untuk melakukan ini. Setelahnya, perintah untuk format dapat dikerjakan lewat CDM.

Ketikkan FORMAT z:FS:FAT pada kolom perintah kemudian Enter. Perhatikan, jika drive tempat memory card adalah A, maka jangan tulis z, ya. Tapi masukkan sesuai lokasi. Tunggu sampai proses selesai, kemudian gunakan kembali kartu yang sudah bisa terbaca.

5.  Memasangnya di Perangkat Lain

Pada beberapa smartphone, kartu sd kadang tidak terbaca karena tidak kompatibelnya perangkat. Cobalah untuk memasangnya di ponsel atau laptop lain. Jika terdeteksi, berarti jenis atau versi micro sd tak sesuai dengan spesifikasi yang diminta. Langkah ini dapat dilakukan jika ingin menghindari format ulang yang berpotensi menghapus semua data.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengunci Galeri di Iphone (Agar Foto Pribadi Jadi Aman)

6.  Gunakan Software Third Party

HP Drive Boot Utility bisa dijadikan pilihan untuk memperbaiki micro sd yang tak terbaca. Unduhlah app ini kemudian install. Lalu, pasang memori card kemudian masuk ke software dan klik menu Create New or Replacing Existing Configuration. Selesaikan dengan memilih Eject kemudian setelah selesai lepaskan kartu. Cek kembali statusnya apakah bisa dibaca atau tidak.

Tes kembali dengan memasangnya di ponsel. Dengan cara memasukkannya pada posisi smartphone mati. Nyalakan, lalu cek di bagian penyimpanan. Seharusnya, sd card sudah ada disana. Jika belum, lakukan restart perangkat dulu.

Itulah tadi beberapa cara memperbaiki kartu sd yang tidak terbaca. 

Usahakan mencoba dulu langkah-langkah tanpa format. Sebagai tindakan pencegahan, rutinlah back up data pada tempat lain. Penyimpanan berbasis cloud bisa dipilih untuk mencegah memory card bekerja terlalu keras.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "6 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca di Smartphone"