Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengunci Galeri di Iphone (Agar Foto Pribadi Jadi Aman)


Smartphone keluaran Apple didukung dengan sistem keamanan teranyar. Contohnya adalah adanya cara mengunci galeri di Iphone. Foto dan video yang tersimpan disana terkadang bersifat sangat pribadi dan harus diproteksi. Tujuannya untuk menghindari kebocoran atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pada ponsel ini, tools-tools bawaannya bisa digunakan untuk melindungi galeri serta apps lainnya. Namun untuk melakukannya secara permanen diperlukan tambahan third party app (aplikasi pihak ketiga). Sedangkan tools pabrikan (bawaan) biasanya dipakai untuk menyembunyikan dokumen penting atau sensitif.

Mengunci Galeri di Iphone Tanpa Install Aplikasi

Tempat penyimpanan pada smartphone canggih ini bisa diproteksi agar apa yang ada didalamnya tidak bocor. Perlindungan ini dapat dilakukan walaupun tidak menggunakan tambahan software. Namun jika memang diperlukan, maka menginstall apps pihak ketiga juga dapat dicoba. 

Yuk ikuti cara-cara berikut ini agar storage aman dari tangan-tangan jahil.

1. Kunci Memakai Fitur Restriction

Ini merupakan salah satu tools bawaan yang bisa dipakai mengunci gallery serta aplikasi lain seperti media sosial. Pun juga untuk semua foto dan video di penyimpanan lain selain galeri. 

Untuk bisa menjalankan cara ini, pengguna harus masuk dari Setting

Temukan General disana kemudian pilih Restriction, lalu atur menjadi Enable.

Akan muncul daftar software yang ada di ponsel. Tentukan mana yang hendak dikunci. Setelah itu, kembalilah ke layar utama. Sekarang, app yang di lock tadi hanya bisa dioperasikan dan dibuka oleh pengguna smartphone itu sendiri.

2. Menerapkan Password

Ada satu lagi fitur yang bisa dipakai sebagai cara mengunci galeri di Iphone. Ini tergolong mudah dilakukan namun efektif melindungi aplikasi dari tangan-tangan jahil. Caranya yaitu dengan memilih menu Touch ID & Password untuk menginput sandi yang sebelumnya pernah diatur dari Setting.

Setelah itu, muncul deretan aplikasi yang ada di ponsel kemudian pengguna tinggal mengaplikasikan saja Touch ID agar app bisa terprotect. Pemindai sidik jari lalu kembali ke pengaturan serta aktifkan Passcode & TouchID. App-app yang sudah dipilih bisa dikunci dengan fingerprint. Aman, bukan?

Info Menarik Lainnya : Cara Menghidupkan HP yang Mati Secara Tiba-tiba, Simak Yuk!

3. Menyembunyikan Foto dan Video

Ada banyak pilihan cara untuk melindungi galeri. Tujuannnya yaitu untuk menyembunyikan konten yang termuat disitu. Agar tidak muncul pada library, aktifkan opsi Hide pada perangkat. Caranya tidak sulit dan sangat praktis. Pengguna hanya perlu membuka foto-fotonya pilih salah satu.

Selesai dipilih, klik Share lalu temukan opsi hide di Photo App. Semua yang telah disembunyikan akan beralih ke folder Hidden. Pengguna bisa membuka Other Album dan nanti foto yang disembunyikan itu akan muncul disana. Jadi foto-foto yang tadi bisa dibuka kembali lewat cara ini.

Menyembunyikan foto juga bisa dilakukan dari Notes App yang kelebihannya adalah fitur Lock. Galeri bisa dilindungi dengan aplikasi bawaan ini. Mudah saja, masuk dan buat folder baru kemudian beri nama. Tambahkan foto-foto dari galeri lalu klik Share untuk kemudian memilih Lock Note.

4. Mengunci Lewat Secure Notes

Aplikasi yang ada pada Iphone bisa dikunci dari Password Manager

Keuntungannya adalah bisa menyimpan banyak sandi sekaligus. Kebanyakan dari pengatur sandi ini tersinkronisasi dengan web. Artinya semua password yang dibuat akan tersimpan juga di internet. Cara ini lebih aman daripada menghubungkan foto dengan iCloud Photos atau layanan foto online lainnya.

Mirip dengan pengaplikasian notes untuk menyimpan media, Password Manager bisa melindungi aplikasi dan data seperti informasi perbankan, semua file yang discan, dan yang paling penting adalah galeri berisi foto dan video.

Info Menarik Lainnya : Cara Menggabungkan Video di HP, Vlogger Pemula Wajib Tahu

5. Aktifkan Apple’s App Limits

Fitur ini bisa digunakan untuk mengunci galeri. Caranya yaitu dengan membuka Setting lalu pilih Screen Time. Sebelumnya, pastikan sudah Enable dan Passcode juga telah diatur. 

Klik Device yang ada di bagian kiri atas lalu pilih perangkat yang sedang digunakan saat ini. Lanjutkan dengan memilih aplikasi apa yang ingin dikunci lalu klik Add Limit kemudian Edit Apps. Tentukan periode penguncian di Timer Interface.

Cara Mengunci Galeri Iphone dengan Third Party Apps (Aplikasi Pihak Ketiga)

Mengandalkan software bawaan terkadang kurang maksimal dalam hal proteksi. Perlu tambahan perlindungan jika gallery dipenuhi dengan konten-konten yang sensitif. Selain itu juga agar aplikasi lain bisa dilindungi juga dari orang lain yang sengaja suka mengintip atau membuka ponsel tanpa ijin pemilik.

Ada beberapa apps yang bisa diunduh antara lain adalah sebagai berikut:

1. Photo Vault Hide Photos Album

Galeri di Iphone bisa dilindungi dengan mengunduh aplikasi ini. Fitur-fitur di app ini menarik dan storage nya pun unlimited. Terdapat pilihan untuk menambahkan foto download yang diunduh dari browser, video player, serta photo viewer. Bisa diinstal di App Store secara gratis, sehingga cara ini layak dicoba ketika ingin mengunci galeri.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengubah Resolusi Foto di Hp, Simak Hingga Tuntas Yuk!

2. Applocker

Bagi yang menginginkan full protection maka bisa menambahkan Applocker ke daftar aplikasi di ponselnya. Kelebihannya yaitu memberikan perlindungan dengan mengunci homescreen yang bisa saja memuat layout. 

Foto dan folder juga akan terkunci setelah mengatur password di app ini. Caranya mudah, atur saja sandi melalui opsi setting di software ini.

3. iProtect

Ada dua pilihan penguncian yaitu fingerprint atau password dan semuanya bisa diatur dengan mudah di app ini. Setelah mengatur cara mengunci, terapkan pada aplikasi yang diinginkan, tak hanya gallery, semuanya bisa. Software proteksi ini dapat diinstal gratis di App Store.

Cara mengunci galeri di Iphone tidak sesulit yang dibayangkan, karena ada fitur bawaan yang bisa dimaksimalkan oleh pengguna. Ataupun jika ingin tambahan, Anda bisa mengunduh software-software (aplikasi) yang tercantum pada artikel diatas.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for " Cara Mengunci Galeri di Iphone (Agar Foto Pribadi Jadi Aman)"