Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Membuat Video Menjadi Live Wallpaper di iPhone


Smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia maka sepantasnya ia tampil menarik. Salah satu pabrikan ponsel ternama, yaitu Apple memungkinkan penggunanya untuk “mendandani” perangkatnya supaya lebih ciamik. Yaitu dengan cara membuat video menjadi live wallpaper di iPhone.

Sebagus apapun gambar diam yang dijadikan latar belakang pada homescreen lama kelamaan bakal membosankan. Berbeda dengan tampilan bergerak yang gambarnya bisa dari galeri, unduhan, atau konten-konten di media sosial. 

Untungnya, caranya tidak terlalu sulit. Yuk, cari tahu di artikel ini.

Cekidot!

Mengubah Video Menjadi Live Wallpaper

Cara kerja dan sistem operasi iPhone berbeda dengan Android, begitu juga pada cara pembuatan wallpapernya. 

Smartphone produksi Apple sayangnya tidak dibekali dengan fitur pembuat wallpaper yang bisa bergerak. Pengguna perlu mengubahnya dulu menjadi live photo dengan bantuan aplikasi tambahan. Keadaan seperti ini berlaku untuk semua ponsel keluaran sebelum 6S.

Pada versi-versi baru dari iPhone, ada fitur yang bernama Haptic Touch serta Live Photos sehingga pengguna bisa langsung mengedit video pendek. Fasilitas ini memang serupa dengan apa yang ada di Instagram yaitu Story.

Tetapi terkadang pengguna juga masih bingung mengapa video yang sudah dijadikan wallpaper pada homescreen tadi diam saja. Pada iphone, supaya bisa bergerak, maka layar yang dikunci tadi perlu disentuh dulu. Jadi, bukan berarti gagal membuat, ya.

Lalu, bagaimana cara membuat video menjadi live wallpaper di iPhone yang mudah? 

Berikut ini caranya:

1. Menggunakan Aplikasi intoLive

Seperti sudah disinggung di atas bahwa tidak semua ponsel keluaran Apple dibekali pembuat wallpaper bergerak. Dan video harus diconvert dulu menjadi live photo dengan bantuan sebuah software tambahan. Cara bagian pertama ini adalah dengan mengunduh IntoLive yang versi basicnya bisa didapat secara gratis di App Store.

Setelah mengunduh, buka aplikasi kemudian berikan akses ke galeri supaya dapat memilih video mana yang akan digunakan. Selesai dipilih, pengguna bakal dibawa menuju Editing Screen dimana dapat ditambahkan filter, mengubah speed, serta mengatur panjang video. 

Selesaikan dengan klik pada icon di bagian atas layar. Live photos pun sudah siap dipakai.

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak Nomor Telepon Penipuan, Kita Ulas Tuntas Yuk!

2. Memakai Giphy

Ini adalah aplikasi lain yang juga sering digunakan pengguna ketika ingin membuat live wallpaper. Caranya juga tidak terlalu sulit, bahkan cenderung lebih menarik. Pasalnya, video yang digunakan bisa berasal dari galeri atau real time menggunakan rekaman yang diambil langsung dari app.

Setelah diunduh, lakukan registrasi dengan membuat akun menggunakan email (bisa juga login melalui Facebook Account). Lanjutkan dengan klik tanda panah upload di bagian atas kemudian ambil video. Download konten yang tadi sudah dipilih atau diambil, biarkan proses mengubah menjadi live photos berlangsung.

Ketika proses selesai, download hasil tadi kemudian klik icon avatar di atas, lalu tekan lagi pada chanel untuk bisa menemukan video yang dibuat sebelumnya. Hasil unduhan akan terbuka di layar penuh dan pilih icon live photos (untuk membuatnya jadi wallpaper bergerak). Simpan supaya bisa langsung digunakan pada homescreen.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengunci Galeri di Iphone (Agar Foto Pribadi Jadi Aman)

3. Gunakan VideoToLive

Di App Store ada aplikasi ini yang bisa dijadikan pilihan ketika ingin membuat live wallpaper. Sebelumnya, pastikan sudah ada video yang nantinya akan diubah, dan durasinya pendek yaitu 25 detik atau kurang lebih baik.

Cara membuatnya mudah, log in ke app kemudian ambil konten yang tadi sudah disiapkan. Klik Convert lalu atur frame-frame yang ada disana supaya tampilannya nanti lebih bagus. Jangan lupa juga mengatur durasi serta berikan efek. 

Jika sudah selesai, akhiri proses dengan menekan Convert Now. Lihat hasilnya pada gallery penyimpanan lalu bisa langsung digunakan.

4. Menampilkan Live Wallpaper

Beberapa cara di atas adalah bagaimana membuat live photos. Menjadikannya sebagai wallpaper yang bergerak perlu step lain lagi yang dilakukan dari pengaturan ponsel. Semua hasil converting tadi akan tersimpan di galeri atau penyimpanan lain yang sudah ditentukan. Pengguna perlu mengambil unduhan-unduhan tadi saat mengatur tampilan homescreen.

Caranya yaitu dengan masuk ke Setting, kemudian scroll ke bawah, klik Choose A New Wallpaper lalu akan muncul pilihan jenis wallpapernya, pilih Live. Ambil file yang tadi dibuat lewat aplikasi-aplikasi di atas pada album-album di sana.

Lanjutkan menekan Set agar bisa mengatur lokasi apakah nantinya muncul di lock screen, home screen, atau keduanya. Setelah itu, keluar dari pengaturan dan cobalah untuk mengunci layar. Maka akan muncul video yang tadi diconvert. Pada posisi terkunci, cobalah mengetuk screen agar bisa melihat pergerakannya.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghidupkan HP yang Mati Secara Tiba-tiba, Simak Yuk!

Mengubah TikTok dan GIF Video Menjadi Live Wallpaper

Konten-konten di media sosial yang satu ini memang banyak yang menarik dan membuat banyak orang ingin mengoleksinya. Bahkan menjadikan sebagai latar belakang di ponselnya tak terkecuali pengguna iPhone. Untungnya, semua video yang ada di TikTok baik yang berasal dari akun sendiri atau milik orang bisa digunakan membuat live wallpaper.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah akun harus public dan tidak di-private. Lalu, klik icon Share pada video, biasanya ada di bagian kanan berupa panah melingkar, kemudian tekan Live Photo. Secara otomatis, konten akan berubah menjadi live photo pada galeri penyimpanan. Dari sini, ulangi langkah yang dijelaskan pada langkah 4 di atas.

Sedangkan untuk GIF, caranya hampir sama namun tetap harus di convert melalui aplikasi Giphy. Setelah diubah, barulah bisa dipakai sebagai latar belakang pada lock screen atau homescreen di ponsel. 

Mudah sekali, bukan? Silahkan dicoba cara membuat video menjadi live wallpaper di iPhone.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "4 Cara Membuat Video Menjadi Live Wallpaper di iPhone"