Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Speaker Hp Xiaomi Redmi 5a (Anti Gagal)


Salah satu kendala pada para pemilik smartphone adalah kerusakan pengeras suara. Cara memperbaiki speaker hp Xiaomi Redmi 5a mungkin yang paling dicari karena merupakan tipe ponsel yang bisa saja alami gangguan. Segera pergi ke tempat service terlihat seperti solusi terbaik namun ada resiko-resiko disana.

Contohnya adalah saat membawanya ke pusat perbaikan yang tidak resmi, justru ketika masalah tak bisa teratasi sempurna, perangkat jadi rusak permanen. Maka, ada baiknya mencoba dulu cara-cara yang akan dijelaskan disini sebelum membongkar ponsel.

Kerusakan Speaker Paling Umum Redmi Xiaomi

Rusaknya pengeras suara bukanlah hal yang terjadi secara instan atau serta merta. Ada gejala-gejala yang sebelumnya sudah ada namun tidak disadari oleh pengguna. Contoh yang paling sering yaitu adanya suara gesekan tipis saat mendengarkan audio. Awalnya memang samar tapi lama kelamaan makin kentara.

Perhatikan saja ketika sedang menonton video misalnya, suara tidak jernih atau seperti pecah. Ini berarti sudah ada gangguan pada speaker. Kemudian ketika sedang mendengarkan musik terdengar semakin pelan padahal volume tidak dirumah. Inipun merupakan gejala awal yang lama-lama menyebabkan hilang total nya suara.

Ada banyak penyebab kerusakan speaker mulai dari pengaturan pada perangkat, jatuh dari ketinggian yang menyebabkan membran pengeras suara retak, dan terkena air. Kemudian, kurangnya perawatan seperti membiarkan area ini berdebu dan sering memutar audio dengan volume sangat keras. Perlakuan seperti ini dapat merusak speaker.

Cara Memperbaiki Speaker Hp Xiaomi Redmi 5a

Membawa ke tempat perbaikan adalah opsi terakhir, ada baiknya pemilih ponsel melakukan perbaikan sendiri dengan cara-cara halus. Membongkar perangkat memiliki resiko seperti merembetnya kerusakan. Terlebih lagi jika pemasangan kembali tidak benar alias asal-asalan. Berikut ini adalah pencegahan, pengecekan, sekaligus memperbaiki pengeras suara yang rusak:

1.  Lakukan Pembersihan Area Speaker

Minyak, debu, kotoran lain, dan juga cairan bisa saja menempel pada area sekitar pengeras suara. Asalnya bisa dari mana saja tapi yang paling sering tentu saja tangan pemiliknya. Untuk itu, rajinlah bersihkan namun jangan dengan lap atau tissue basah karena justru bisa menyebabkan korsleting.

Pilihlah sikat gigi halus untuk membersihkannya, sikat pelan-pelan sampai debu dan kotoran keluar. Kemudian, gunakan microfiber towel kecil untuk menyeka permukaan yang tadi dibersihkan. Rutinlah melakukan ini untuk mencegah rusaknya speaker.

Info Menarik Lainnya : Mau Tau Cara Menambahkan Lirik Lagu di HP Xiaomi? Simak Yuk!

2.  Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Menyetel music, video, atau film dengan volume maksimal sering jadi penyebab pengeras suara rusak. Untuk itu, alihkan fungsi ini pada software lain saja. Gunanya mengistirahatkan speaker yang terus menerus dipakai. Caranya cukup unduh app Mx Player lalu install.

Setelah mengunduh, buka pengaturan perangkat dan berikan ceklis pada Pemutar Audio. Setelahnya, cobalah memutar apapun yang bersuara dengan aplikasi tadi dan aktifkan Decoder Audio SW. Dengarkan bedanya, akan tampak lebih nyaring serta bersih tanpa perlu keras-keras atau merusak speaker bawaan.

3.  Gunakan Speaker Kedua

Pengguna yang belum tahu, hp ini memiliki dua buah pengeras suara yaitu yang utama di bagian atas, serta pada bawah ponsel ada lagi speaker lain. Unduhlah aplikasi tambahan bernama SoundAbout agar bisa menyambungkan keduanya. Putar lagu, video, atau movie dengan pilihan output menggunakan app ini, dan dengarkan, akan lebih bening terdengarnya.

4.  Lakukan Pengetesan Hardware

Jangan langsung panik dan melompat pergi ke tempat service ketika ada bunyi aneh di speaker. Coba cek dulu perangkat. Yang umum terjadi adalah pengguna sudah melepas headset namun pada layar masih tampak simbolnya. Akibatnya, suara dari musik yang diputar jadi tidak jelas.

Masuklah ke menu About phone dari pengaturan kemudian tekan 5 kali di opsi Kernel Version. Sistem akan langsung mengarahkan ke laman Hardware Test. Disana, bakal ditampilkan pilihan Speaker beserta tiga menu lainnya yang bisa ditentukan sesuai kebutuhan. Misalnya, memilih Female. Selanjutnya, lakukan restart dan putarlah kembali music atau video. Perhatikan perubahan suaranya.

Info Menarik Lainnya : Cara Merekam Layar Dengan Suara di Smartphone Terbaru

5.  Mereset Perangkat

Gangguan pada software yang terpasang di smartphone bisa menjadi penyebab rusaknya speaker. Suara menjadi cempreng, tidak jelas, bahkan hilang. Cobalah merestart ponsel, biarkan dulu sejenak, kemudian nyalakan kembali.

6.  Membawa ke Service Center Resmi

Jika kelima cara di atas tidak membuahkan hasil, mungkin memang harus diserahkan kepada ahlinya. Apalagi jika masih terdapat garansi pada ponsel, ini adalah opsi terbaik. Tapi masalahnya adalah, jika garansi sudah habis, biasanya biaya perbaikan sangat tinggi. Namun, daripada merembet ke komponen lain, lebih baik dicoba membawanya ke bengkel yang ditunjuk.

Bisakah Membongkarnya Sendiri?

Jika seperti ini pertanyaannya maka jawabannya bisa-bisa saja, tergantung nyali dan pengetahuan pengguna. Seperti dikatakan di atas apabila sudah lewat masa garansi, biaya service bisa jadi sangat mahal dan tidak sebanding dengan harga hp nya. Pengguna seringkali ingin memperbaiki sendiri perangkatnya.

Cara ini bisa dicoba jika berani. Yaitu dengan membuka bagian belakang ponsel dibawah casing. Usahakan jangan memakai obeng metal karena bisa menggores body. Apabila sudah terlepas, maka lepaskan cover speaker pada bawah baterai. Lepaskan semua bautnya dan ungkit penutup yang melapisinya.

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak iPhone Tanpa iCloud Ternyata Bisa Dilakukan

Speaker akan tampak, lalu lepas perlahan-lahan. Ambil multimeter, lakukan pengetesan apakah ada sambungan yang tidak terpasang. Apabila tidak ada alat ini, maka disarankan membelinya dulu. Apabila memang terputus, tentu komponen ini harus diganti dengan membeli baru.

Nah bagaimana? Anda berani mencobanya? Hehe 😉

Cara memperbaiki speaker hp xiaomi redmi 5a di atas dapat diaplikasikan ketika ada gangguan di pengeras suara. Semoga bermanfaat ya.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Speaker Hp Xiaomi Redmi 5a (Anti Gagal)"