Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melacak iPhone Tanpa iCloud Ternyata Bisa Dilakukan


Kehilangan smartphone kelas atas keluaran Apple bisa membuat kepala cenat cenut bahkan jantung copot. Belum lagi jika tidak tahu bagaimana menemukannya kembali. Sebenarnya, ada cara melacak iPhone tanpa iCloud. Ini merupakan langkah pamungkas yang harus diketahui pengguna.

Pemilik ponsel pintar dan elegan ini pasti tidak asing dan sangat bergantung pada iCloud khususnya untuk penyimpanan dan pelacakan lokasi. Sayangnya, ini hanya bisa dilakukan jika perangkat dalam keadaan menyala. Inilah gunanya mengetahui cara lain menemukan iPhone yang kebetulan hilang.

Cara Melacak iPhone Tanpa Bantuan iCloud

Posisi terakhir perangkat ternyata bisa diketahui walaupun dalam keadaan mati. Yang perlu dilakukan hanyalah memanfaatkan aplikasi lain dan ini sangat mudah. Memang, menginstal app tambahan di ponsel yang satu ini tidak semudah pada perangkat Android. Kadang software tambahan tidak berjalan dengan baik karena tak memenuhi otorisasi dari Apple.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika tidak bisa memanfaatkan iCloud:

1.  Gunakan Find My iPhone

Ketika pengguna tidak memiliki aplikasi tambahan lain, maka fitur bawaan ini bisa dimanfaatkan. Walaupun cara kerjanya tetap menggunakan iCloud, tapi pada perangkat-perangkat baru sudah terpasang software ini.

Yang perlu dilakukan adalah meminjam iDevice lain seperti Mac, atau iPad, dan tentu saja iPhone. Setelah sign ini, pencarian lokasi perangkat yang hilang lewat internet terjadi setelah pengguna mengaktifkan Lost Mode. GPS akan langsung bekerja dan bisa terlihat pergerakan smartphone secara real time ketika ponsel dinyalakan.

Pada layar, akan tampak titik hijau bergerak-gerak menunjukkan kemana saja iPhone berpindah. Tapi jika dalam keadaan mati, akan tampak warna abu-abu pada lokasi terakhir. Tidak hanya digunakan untuk melacak tapi bisa dipakai menghapus semua data personal sehingga tak disalahgunakan orang lain.

2.  Instal Aplikasi Dropbox

Kehilangan ponsel secanggih iPhone dan tidak terhubung ke iCloud ternyata bisa diatasi dengan menambahkan software lain. App ini berfungsi sebagai storage dan data back up dan memang sebaiknya diinstal terlebih dahulu di perangkat sebagai pencegahan.

Mengapa begitu? Alasannya adalah karena sekarang pencuri semakin melek teknologi dan sadar kalau pengguna pasti menghubungkan datanya ke Find My Phone. Jadi mereka bisa menonaktifkannya setelah mencuri. Nah, dengan menambahkan Dropbox, pemilik ponsel masih dapat menyelamatkan data sekaligus melacak keberadaan iPhone-nya.

Misalnya saja si pencuri memotret apapun dari hp yang dicuri, maka gambar itu akan langsung masuk ke Dropbox juga. Dari sini bisa dilacak lokasi terakhir pengambilan foto. Walaupun tidak selalu berhasil, setidaknya cara ini cukup untuk menyelamatkan data yang sebelumnya disimpan.

Info Menarik Lainnya : 4 Cara Membuat Video Menjadi Live Wallpaper di iPhone

3.  Melihat Keberadaan iPhone dari Google Maps History

Sekilas memang tampak sedikit tidak masuk akal tapi ketika ponsel keluaran Apple ini hilang, maka segala cara harus ditempuh untuk menemukannya. Termasuk mencarinya lewat Google Maps. Beruntunglah pengguna yang sebelumnya sudah memiliki akun di aplikasi ini karena bisa dipakai untuk pelacakan.

Disarankan untuk segera log in ke software ini dari perangkat lain setelah menyadari iPhone hilang karena fitur pencarian hanya bisa berjalan saat smartphone dalam keadaan menyala. Ketika mencari, persempit waktu sampai ke yang paling dekat dengan saat hilang. Sayangnya, jika dalam posisi mati, fitur tak akan bisa berfungsi.

4.  Gunakan Bantuan Hey, Siri

Ponsel keluaran Apple tak pernah berhenti membuat penggunanya memuja-mujanya. Keunggulan teknologinya membuat hidup pemiliknya selalu lebih mudah. Contohnya adalah aplikasi penangkap suara yang satu ini, dapat dipakai layaknya search engine untuk urusan apapun.

Sebagai virtual assistant yang mengandalkan perintah suara, fitur ini dapat dimanfaatkan ketika melakukan pencarian perangkat yang hilang. Namun ada catatan yaitu software ini hanya bisa dipakai pada lokasi dekat saja misalnya lingkungan rumah atau kantor. Boleh dikatakan untuk ketika iPhone terselip.

Caranya mudah saja yaitu berbicara Hey, Siri, maka software akan membalas perintah yang masuk walaupun perangkat dalam keadaan mute. Suara balasan dari aplikasi ini bisa digunakan untuk mencari iPhone. Teruslah bicara sambal bergerak karena semakin dekat maka makin mudah ditangkap oleh Siri.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone, Terbukti Manjur!

5.  Jangan Lupakan Apple Watch

Sinkronisasi semua iDevice yang dimiliki ternyata memiliki segudang manfaat. Contohnya adalah jam tangan canggih keluaran perusahaan berlogo buah apel tergigit ini. Namun lagi-lagi hanya dapat dipakai mencari di sekitaran rumah atau lokasi yang dekat.

Caranya yaitu dengan memastikan Apple watch terhubung ke WiFi atau sudah mengaktifkan Bluetooth. Ada fitur pinging iPhone pada jam tangan, jadi ketika sudah pernah dihubungkan sebelumnya, maka perangkat yang hilang bisa dilacak.

6.  Pakai Google Photos

Secara tidak langsung, aplikasi storage dan backup media ini bisa digunakan melacak keberadaan smartphone Apple. Misalnya saja saat pencuri mengambil foto melalui kamera dan tersimpan, pemilik iPhone bisa melacak dari riwayat gambar itu sendiri. Tentu saja harus login dulu ke Google Photos di laptop atau ponsel milik orang lain.

Memang tidak begitu praktis karena perangkat sebelumnya harus mengaktifkan lokasi dan memiliki akses ke aplikasi. Jika tidak, maka tentu saja benefit tambahan ini tidak bisa dimanfaatkan. Walaupun terkesan seperti “gambling” karena harus menunggu si pencuri memotret sebuah objek, tapi langkah ini layak dicoba sebagai pencegahan.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengunci Galeri di Iphone (Agar Foto Pribadi Jadi Aman)

Kesimpulannya, pemilik smartphone canggih produksi Apple harus melakukan proteksi berlapis guna mencegah hilangnya ponsel. Cara melacak iPhone tanpa iCloud yang sudah dijelaskan di atas bisa dicoba pada keadaan darurat.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Melacak iPhone Tanpa iCloud Ternyata Bisa Dilakukan"