Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone, Terbukti Manjur!

Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone, Terbukti Manjur!

Pengguna ponsel keluaran Apple tentu sudah sangat mengenal fasilitas storage icloud. Disini, data-data bisa disimpan dengan aman dan juga gratis untuk kapasitas tertentu. Tetapi, ada kalanya tempat penyimpanan ini akan full seiring meningkatnya jumlah file yang disimpan. Itulah sebabnya user perlu tahu cara mengatasi iCloud penuh di iPhone.

Penyebab penuhnya fasilitas ini bisa bermacam-macam, mulai dari pencadangan otomatis, terlalu banyak berkas duplikasi, sampai pada besaran data yang sudah mencapai maksimal. 

Berikut ini akan diuraikan beberapa tips untuk mengosongkan storage.

Simak hingga tuntas yuk!

1. Atur Ulang Pencadangan Otomatis

Cara mengatasi icloud penuh di iPhone yang pertama adalah mengecek auto back up nya. Salah satu fitur andalan dari iCloud adalah membuat cadangan file-file secara auto dari aplikasi yang ada di perangkat. 

Jadi setiap kali ponsel terkoneksi ke jaringan, maka pencadangan langsung terjadi. Tujuannya adalah agar pengguna tidak kehilangan data-data saat smartphone mati.

Tetapi, hal ini bisa memicu penuhnya storage, apalagi jika masih menggunakan fasilitas gratis yang ukurannya hanya 5GB. Solusinya yaitu dengan mematikan pencadangan untuk apps yang jarang dipakai. 

Pengaturan ulang ini dapat dilakukan dari menu penyimpanan, lalu pilih Cadangan. Kemudian hapus backup untuk aplikasi non aktif atau yang bisa mencadangkan sendiri datanya ketika online.

Perlu diingat bahwa ketika memutuskan untuk menghentikan fitur auto backup ini, pengguna baru bisa mengaktifkannya kembali setelah 180 hari atau sekitar 3 bulan. Jadi, icloud tidak akan berfungsi selama masa penonaktifan ini. Jangan khawatir, karena fasilitas tetap bisa dipakai lagi ketika diaktifkan.

2. Hapus Foto Clutter

Tidak bisa dipungkiri bahwa menyimpan gambar di icloud memang mudah dan nyaman. Dengan fasilitas penyimpanan gratis sampai 5 GB, pengguna akan otomatis menggunakannya. Tapi, konten-konten seperti screenshot, duplikasi, atau kiriman stiker/meme dari WA yang tidak terlalu penting bisa membuat ruang storage penuh.

Duplikasi juga bisa menjadi sumber foto-foto memenuhi icloud. Biasanya, konten yang didapat dari broadcast di Whatsapp, unduhan-unduhan, kemudian pengambilan gambar lewat kamera sambil mengaktifkan fitur duplicate.

Cara mengatasi icloud penuh yang kedua yaitu menghapus gambar kategori clutter. Jika jumlahnya sudah ribuan, mudahnya yaitu dengan memindahkannya dulu ke komputer. Pemindahan ini dapat dikerjakan ketika smartphone sudah di sinkronkan ke laptop lewat iTunes atau alternative yang lain misalnya ifunbox.

3. Kosongan Dokumen dan Berkas Lain

File-file pekerjaan seperti slide presentasi, surat-surat, hasil scan, dan juga broadcast jika dibiarkan di perangkat tentu akan memenuhi ruang penyimpanan. Periksa kembali apakah memang pengguna masih membutuhkan data-data ini. Jika tidak, lebih baik hapus saja supaya storage menjadi lebih lega.

Terkadang pengguna menganggap byte dari berkas seperti ini tidak terlalu besar. Namun apabila disimpan terus menerus, tentu akan menumpuk dan diakumulasi ukurannya jadi membesar. 

Sebelum menghapus, sebaiknya cek dulu apakah dokumen masih bisa digunakan. Jika ya, pindahkan atau cadangkan di tempat lain seperti komputer. Untuk yang tidak, bisa langsung saja dihapus.

4. Hapus Lampiran Email iCloud

Pengguna ponsel iPhone umumnya memiliki Apple icloud mail dan semua berkas yang masuk akan dicadangkan. Inilah yang sering membuat ruang penyimpanan “termakan” tanpa disadari oleh user. 

Attachment yang besar dan tidak dipindahkan dapat mengakibatkan konsumsi storage jadi besar. Solusi satu-satunya yaitu menghentikan email pada mail apps.

Tetapi jika pengguna tidak menggunakan email pada icloud, maka penghapusan bisa dilakukan dari website iCloud. Setelah login, hapuslah semua email dari interface-nya. Buang juga sampah-sampahnya supaya ruang penyimpanan benar-benar kosong. 

Namun hal ini hanya berlaku untuk email icloud dan tidak untuk Gmail, YahooMail, atau Outlook.

Info Menarik Lainnya : Cara Menguninstall Aplikasi di Laptop Agar Makin Kencang

5. Bersihkan Cache dari Aplikasi

Sampah-sampah apps bisa menyebabkan penyimpanan menjadi penuh tanpa disadari pengguna. Jika tadi diatas sudah diuraikan bagaimana menghentikan pencadangan otomatis app-app yang ada, kali ini cara membersihkannya.

Pembersihan ini mudah saja dilakukan, yaitu masuk ke pengaturan aplikasinya kemudian cari aplikasi yang berukuran besar. Buka lalu klik Reset Account Cache, setelah itu maka akan otomatis dibersihkan. Langkah ini bisa membuat ruang penyimpanan menjadi lebih lega sehingga bisa digunakan untuk menyimpan berkas yang lebih penting.

6. Menambah Kapasitas Storage

Seperti sudah diketahui oleh para pemakai ponsel atau gadget keluaran Apple, fasilitas gratis iCloud adalah 5GB. Namun, ruang ini seringkali cepat penuh karena pengaturan default yang membuat semua berkas lari kesini. Jadi, user merasa icloud-nya cepat full. Tetapi ada juga yang memang karena data yang disimpan ukurannya besar.

Biasanya, para content creator atau fotografer yang sering mengabadikan foto dan video perlu penyimpanan yang lebih longgar. Jika inilah penyebabnya, maka penambahan ruang adalah solusinya. 

Tentu ada biaya yang harus dikeluarkan, namun jangan khawatir karena paket-paket yang ditawarkan cukup terjangkau.

Apple menyediakan iCloud berbayar mulai dari 50 GB, 200 GB, dan 2 TB yang dapat dibayar bulanan. 

Harga paket dimulai dari 15 ribu – 149 ribu untuk penyimpanan yang paling besar. Dengan melonggarkan storage ini, pengguna bisa lebih leluasa menyimpan konten-konten seperti foto dan video yang biasanya berukuran besar.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuka File RAR di Laptop Windows dan Mac Mudah

Cara mengatasi icloud penuh di iphone diatas harus dicoba oleh pelanggan karena terbukti efektif. 

Selain itu, cobalah untuk selektif dan rutin membersihkan berkas tidak terpakai. Seperti misalnya lampiran email-email lama, foto-foto duplikasi atau hasil broadcast, juga file-file pekerjaan yang tidak pernah dibuka lagi. Pindahkan saja ke perangkat lain supaya iCloud lebih longgar.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone, Terbukti Manjur! "