Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Tau Cara Menambahkan Lirik Lagu di HP Xiaomi? Simak Yuk!


Mendengarkan musik tidak lengkap rasanya tanpa ikutan sing along alias nyanyi bareng. Itulah sebabnya mengapa keberadaan song lyric menjadi penting. Beruntung, pada aplikasi music player, lirik ini bisa ditambahkan khususnya untuk ponsel Xiaomi. Cara menambahkan lirik lagu di hp Xiaomi juga terbilang mudah.

Sekarang ini, sudah banyak music player app yang bisa ditambahkan lirik. Rata-rata semua ponsel Android dan bahkan juga keluaran Apple mendukung untuk ini. Tidak terkecuali di handphone Xiaomi. 

Lalu bagaimana cara menambahkan lirik lagu di HP Xiaomi tersebut?

Yuk simak ulasan berikut ini hingga tuntas.

Berkenalan dengan Mi Music

Xiaomi tampaknya tidak mau ketinggalan untuk ikut berkecimpung di bisnis online streaming.

Awalnya, aplikasi ini hanya ada untuk konsumen India saja, namun akhirnya sekarang Mi Music bisa dinikmati semua pelanggan bahkan Indonesia.

Cara kerja Mi Music mirip seperti Spotify yaitu pemutar musik secara online. Pengguna tidak perlu mengunduh lagu-lagu yang ada melainkan tinggal mendengarkan saja koleksi yang ada di aplikasi ini. 

Jika Anda ingin menikmati musiknya secara offline sekaligus mengunduh filenya, maka ada biaya berlangganan yang perlu dikeluarkan.

Namun memang software ini tidak tersedia untuk semua ponsel Android, jadi hanya untuk Xiaomi saja. Mi Music ini bisa memutar lebih dari 30 juta lagu dan dibekali dengan AI yang bisa menghadirkan daftar serta kumpulan musik sesuai dengan minat serta kesukaan pengguna.

Yang menarik lagi, Mi Music ini dibekali dengan lirik lagu, sehingga user tidak perlu repot-repot mengulik di tempat lain ketika ingin ikut bernyanyi. Aplikasi ini sering disandingkan dengan dedicated app lain, yaitu Mi Video yang cara kerjanya mirip seperti Netflix.

Cara Menambahkan Lirik Lagu di Hp Xiaomi

Tidak semua lagu yang ada di Mi Music memiliki lirik. Jangan khawatir karena song lyric ini bisa ditambahkan oleh pengguna dengan mudah. Karena basisnya Android, Xiaomi juga mendukung aplikasi pemutar music yang lain seperti Spotify dan Joox.

Berikut ini adalah langkah-langkah mengisi lirik pada file musik di ponsel Xiomi:

1. Menggunakan Software andLyrics

Aplikasi ini bisa diunduh lewat APKPure dan bisa langsung digunakan untuk menambahkan lirik ke Mi Music. Buka aplikasi kemudian masukkan artis di bagian pencarian. Akan muncul lirik-lirik lagu dari penyanyi yang dimaksud, pilih yang diinginkan. 

Jika Anda ingin mengunduh, silahkan klik pada anak panah di bagian kiri atas layar.

Selanjutnya, masuk ke Mi Music lalu pilih lagu dan klik menu untuk memilih Edit Song Info. Nanti akan muncul pilihan Couldn’t Find Lyric, pilihlah agar bisa diarahkan ke penyimpanan lirik yang tadi disimpan. 

Setelah itu tekan Save lalu OK. Ulangi mendengarkan musik dan lihat liriknya sudah muncul di layar.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone, Terbukti Manjur!

2. Convert Jenis File

Cara lain untuk menambahkan lirik lagu di ponsel Xiaomi yaitu mengubah file music menjadi jenis .LRC. Memang sedikit panjang namun berguna ketika tidak bisa menambahkan song lyric lewat cara sebelumnya. Yang pertama harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi MIUI Lyric Creator.

Setelah itu, buka app-nya lalu pilih Insert Lyric dan masukkan judul lagunya. Akan muncul jendela pemberitahuan berisi informasi lirik, klik OK. Selanjutnya, bakal terbuka lagi pop up window namun dalam bentuk notepad, paste saja lirik tadi, lalu save dan tutup.

Ulangi langkah pertama dan kedua yaitu membuka aplikasi dan memasukkan lirik. 

Selanjutnya putar musiknya di perangkat dengan menekan Play pada app. Ketika lagu mulai dimainkan, tekan F1 lalu lanjutkan dengan menekan tombol Output setelah lirik berakhir. Muncul jendela baru yang memberi informasi soal .LRC file sudah jadi, simpan di ponsel.

3. Unggah File yang Sudah Diconvert

Setelah langkah kedua selesai, pengguna bisa dengan mudah menambahkan lirik. Caranya yaitu dengan membuka aplikasi Music Player lalu putar lagu. Pada logo titik tiga, pilihlah Edit Song Info. Pilih lagi Choose Lyrics, dan lanjutkan untuk masuk ke tempat penyimpanan .LRC file tadi kemudian klik OK

Tutup aplikasi lalu buka lagi untuk memutar lagu. Sekarang lihatlah, liriknya sudah ada.

Cara-cara ini harus dilakukan karena memang pemutar music bawaan dari Xiaomi ini tidak serta merta bisa ditambahkan lirik yang diunduh dari internet. Jadi ada upaya lebih yang harus dilakukan pengguna untuk memaksimalkan fitur ini. Tetapi jangan khawatir karena sebenarnya ini bisa dilakukan oleh semua orang dan hasilnya pun jernih.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengunci Galeri di Iphone (Agar Foto Pribadi Jadi Aman)

4. Gunakan Pemutar Musik Lain

Apabila langkah-langkah di atas dianggap kurang efektif, pengguna bisa menambahkan music player lain di ponsel. Karena handphone Xiaomi dibangun pada platform Android, maka tentu bisa leluasa menambahkan aplikasi lain selama memory penyimpanan mencukupi.

Pengguna bisa langsung mencoba mengunduh Spotify atau JOOX yang sudah dibekali dengan lirik pada setiap lagunya. Walaupun memang pada sedikit lagu lirik kurang akurat, namun setidaknya tidak perlu usaha lebih untuk bisa bernyanyi bersama. 

Kemunculan iklan mungkin akan sedikit mengganggu pada app ini, namun hal ini bisa diatasi dengan cara berlangganan, sehingga iklan tidak muncul lagi.

Bahkan, pengguna juga bisa menonton video klip dari musik yang dipilih. Jadi, tidak ada salahnya menggunakan alternatif lain ketika belum ada waktu menambahkan lirik sendiri. Tetapi 3 cara di atas sangat efektif untuk lagu-lagu yang bukan berbahasa Inggris (karena perangkat tidak selalu mengerti semua bahasa).

Info Menarik Lainnya : Cara Menggabungkan Audio di HP, Bikin Podcast Jadi Lebih Seru

Itulah diatas cara menambahkan lirik lagu di hp Xiaomi baik dengan tambahan software ataupun tidak. Namun pengguna juga dibebaskan ketika ingin menambahkan music player app yang lain sebagai tambahan referensi jika belum ada kesempatan menambahkan song lyric sendiri.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mau Tau Cara Menambahkan Lirik Lagu di HP Xiaomi? Simak Yuk!"