Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Menggabungkan Audio di HP, Bikin Podcast Jadi Lebih Seru


Audio adalah file yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, cara menggabungkan audio di hp bisa dilakukan oleh siapa saja. Jadi, tidak melulu harus memakai komputer atau laptop berisi software yang mahal untuk dapat melakukan hal ini.

Pada smartphone berbasis Android maupun iOs, menyatukan audio menjadi perkara yang simple. Bukan hanya itu, file suara dapat ditambahkan efek dan video lewat ponsel. Dan hasil akhirnya tak kalah bagus jika dibandingkan dengan pengerjaan lewat komputer.

Merekam File Audio

Sebelum membahas cara menggabungkan file audio di hp, ada baiknya pengguna juga tahu seputar bagaimana merekamnya. Dengan semakin maraknya podcast akhir-akhir ini, makin banyak juga orang yang ingin tahu bagaimana cara menyatukan beberapa rekaman suara hanya lewat hp. 

Alasannya adalah karena tidak semua podcaster memiliki perangkat atau software yang mumpuni.

Podcast sendiri pada dasarnya mirip siaran radio, namun bisa direkam lalu diputar dimana saja dan diwaktu kapanpun. Siaran disebarkan melalui internet setelah sebelumnya audio direkam. 

Untuk bisa menghasilkan rekaman yang baik, tentu perlu melalui serangkaian proses editing berupa penggabungan, memotong, menghilangkan noise, dan juga menjernihkan suara.

Dulu, editing audio dilakukan dengan magnetic tape. Mulai sekitar tahun 90an ketika komputer booming mengedit file suara dilakukan lewat software. Inilah awal mula revolusi sound editing. 

Sekarang, semuanya bahkan bisa dilakukan di smartphone baik dengan bantuan aplikasi atau secara online. Menariknya lagi, pemula pun bisa melakukannya.

Cara Menggabungkan Audio di HO

Menyatukan file suara bukan saja yang berasal dari rekaman, tapi bisa juga berupa lagu-lagu yang disatukan menjadi sebuah audio baru. Nantinya hasil editing dapat digunakan sebagai backsound video atau dibagikan lagi di media sosial. Proses ini dikenal juga dengan sebutan merging. 

Berikut ini beberapa caranya:

1.   Menyatukan Potongan Lagu lewat Timbre


Cara Menggabungkan Audio di HP, Bikin Podcast Jadi Lebih Seru
Ilustrasi.


Cara menggabungkan audio di hp yang pertama adalah dengan mengunduh aplikasi Timbre

Kegunaan app ini sangat banyak dan cukup populer di kalangan pecinta editing audio. Umumnya digunakan untuk membuat file baru dari gabungan beberapa file. Format audio yang bisa dikerjakan lewat Timbre cukup beragam, mulai dari mp3, wv, m4a, pcm, sampai aiff.

Langkah pertama tentu saja mengunduh aplikasi ini di Play Store. Kemudian masuk ke menu Audio dan pilih Join. Masukkan file-file yang ingin digabungkan dengan menekan logo +  

Tentukan formatnya lalu mulai proses. Tunggu sampai selesai dan hasil bisa langsung di download. 

Mudah sekali bukan? Timbre bisa juga dipakai untuk mengolah video, lho.

2. Menggabungkan Suara Memakai MP3 Audio Merger and Joiner


Cara Menggabungkan Audio di HP, Bikin Podcast Jadi Lebih Seru
Ilustrasi.

MP3 Audio Merger and Joiner merupakan aplikasi yang cukup populer dengan jumlah unduhan sedikitnya 1 juta pada ponsel Android. 

Pengguna bisa mengandalkannya untuk menyatukan hasil rekaman atau banyak lagu sekaligus. App ini bisa diunduh secara gratis di Play Store. Interfacenya juga sangat menarik sehingga mudah dipahami pemula.

Setelah diinstal, bukalah aplikasinya, maka nanti daftar lagu-lagu akan langsung muncul di halaman pertama. Pilih file mana yang ingin digabungkan lalu klik Merge

Tentukan formatnya kemudian tekan Join lalu Continue untuk memberi nama pada file. Lanjutkan dengan memilih lokasi penyimpanan hasil dan proses akan dimulai. 

Tunggu hingga selesai.

3. Memakai Aplikasi Mp3 Cutter and Merger


Cara Menggabungkan Audio di HP, Bikin Podcast Jadi Lebih Seru
Ilustrasi.

Aplikasi yang satu ini layak dicoba untuk latihan menggabungkan file. Pasalnya, hanya dua lagu yang dapat digabungkan lewat app ini. Jadi, pemula yang baru coba-coba belajar bagaimana caranya merging audio bisa mengunduh software ini di ponselnya. 

Selain untuk merging, app ini bisa mengerjakan audio cutter juga.

Setelah diunduh, masuk lalu pilih dua audio untuk digabungkan. Akan ada dua tombol track yaitu 1 dan 2, isi dengan file yang mau disatukan. Beri nama lalu pilih Start untuk memulai menggabungkan. 

Setelah prosesnya selesai, nanti akan muncul pop up window yang berisi Open File. Klik disitu untuk membuka kemudian menyimpannya.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Wallpaper Video di HP Oppo (Mudah dan Keren)

4. Menggunakan Situs Audio Joiner


Cara Menggabungkan Audio di HP, Bikin Podcast Jadi Lebih Seru
Ilustrasi.

Menggabungkan audio juga bisa dilakukan secara online tanpa perlu mengunduh aplikasi. Ini sangat membantu apabila memori ponsel Anda sudah terlalu penuh. Pastikan sambungan internet atau paket data tersedia untuk bisa melakukan editing secara online.

Caranya cukup mudah yaitu masuk ke website Audio Joiner. Input lagu-lagu yang akan di merge lalu klik Gabungkan. Proses dimulai dan biarkan sampai selesai. Setelah itu, unduh hasil penggabungan kemudian simpan di galeri HP Anda. 

Situs ini sangat populer karena mudah digunakan, dapat menyatukan banyak file, memiliki interface yang sederhana, dan gratis.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengganti Background Video di HP dengan Aplikasi

5. Masuk ke Clideo


Cara Menggabungkan Audio di HP, Bikin Podcast Jadi Lebih Seru
Ilustrasi.

Satu lagi situs online gratis yang bisa digunakan untuk merging file audio yaitu Clideo. Hasil penggabungan juga bisa diatur sendiri agar hasil lebih bersih dan nyaman didengar. Tidak ada batasan jumlah lagu atau rekaman suara yang bisa dimasukkan ke dalam proses penyatuan. 

Tentu ini lebih menarik daripada harus mengunduh aplikasi, bukan?

Untuk memulainya, masuklah ke browser lalu log in ke situs Clideo. Klik Choose file untuk memilih lagu, rekaman suara, atau audio yang diinginkan. Setelah di upload, pengguna masuk ke laman editing. Klik Merge disana dan proses menggabungkan audio dimulai. Setelah jadi, unduh hasil lalu simpan di penyimpanan.

Dengan bantuan aplikasi serta situs editing audio yang dicontohkan di atas, Anda bisa membuat file baru dari potongan lagu-lagu atau rekaman suara. 

Hasil dari merekam podcast akan jadi lebih baik dan bersih menggunakan cara menggabungkan audio di hp ini. Yang pasti, tidak perlu perangkat yang mahal dan keahlian yang tinggi untuk bisa melakukannya. 

Silahkan dicoba.

Post a Comment for "Cara Menggabungkan Audio di HP, Bikin Podcast Jadi Lebih Seru"