Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Trik Jualan Sosis Bakar Jitu yang Bisa Anda Coba

7 Trik Jualan Sosis Bakar Jitu yang Bisa Anda Coba

Termasuk sebagai usaha kekinian, trik jualan sosis bakar yang menarik wajib dijajal untuk mendapat pendapatan sampingan. Misalnya saja dengan lewat packaging unik, merek yang catchy, atau bisa juga lewat topping-topping lezat serta lain daripada pesaing.

Sebagai jenis cemilan atau snack, makanan ini nyatanya disukai anak-anak sampai orang dewasa. Untuk itulah membuka usaha ini cenderung mudah, modalnya tidak terlalu besar, dan juga bisa dilakukan dari rumah. 

Nah, lalu bagaimana siasatnya supaya laris manis dan untung banyak? Baca dulu artikel ini yuk!

Mengapa Harus Jualan Sosis Bakar?

Bagi yang ingin mendapatkan cuan tambahan, membuka usaha berjualan sosis bakar bisa dicoba. Alasannya adalah pertama, karena modalnya kecil. Tidak dibutuhkan modal sampai puluhan juga apalagi sampai harus gadaikan aset, kecuali memang ingin membuka kios yang sangat besar.

Kedua, bisa dilakukan dari rumah saja. Itulah mengapa alasan pertama adalah modalnya kecil karena tanpa sewa lahan pun usaha ini bisa dilakukan. Peralatannya juga cenderung minim dan tidak makan banyak tempat. Sehingga dari garasi atau halaman di rumah, orang sudah bisa berjualan sosis bakar.

Peluang mendapatkan keuntungan yang besar juga terbuka lebar karena peminat makanan ini banyak. Selain itu, apabila dijual dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas, orang akan semakin tertarik membeli. 

Adapun cara memasaknya pun tak sulit dan semua orang pasti bisa. Cukup dengan meletakkan sosis di panggangan kemudian rutin membalik atau memutarnya supaya tidak gosong.

Kemudian, promosinya juga tidak membutuhkan biaya yang besar. Bahkan biasanya cukup dengan cara mulut ke mulut saja sudah bisa mendatangkan pembeli. Itulah mengapa, jika ingin mendapat pendapatan sampingan, menjalankan usaha ini bisa dicoba.

Trik Jualan Sosis Bakar Jitu

Bagi yang baru memulai, wajar jika ada rasa takut kalau produk tidak akan laku di pasar. Namun jangan khawatir karena pada dasarnya semua orang suka pada makanan yang satu ini. 

Tinggal bagaimana cara menyajikan dan mengkomunikasikannya kepada konsumen. Semakin unik dan menarik maka orang makin tertarik untuk membeli.

Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa dicoba supaya jualan laris manis:

1.  Pilih Nama/Merek yang Unik Didengar

Orang terkadang mengesampingkan soal brand karena lebih mementingkan jualan saja. Padahal ini merupakan identitas baik produk maupun penjual. 

Komoditi yang sama jika dikomunikasikan dengan cara yang berbeda, maka akan memiliki positioning yang jelas. Maka, cobalah untuk merenung, tenang, dan berpikir jernih untuk memberi nama pada kios sosis bakar.

Memiliki brand yang jelas akan memudahkan nantinya ketika membuat logo, desain packaging, serta membuat konten-konten promosi. Jangan hanya karena ini usaha sampingan lantas mengesampingkan aspek-aspek penting soal komunikasi produk.

2.  Tentukan Harga Jual yang Tepat

Bicara soal berapa besar konsumen harus membayar untuk sebuah produk memang sedikit rumit. 

Pasalnya, ada formula tentang menentukan harga jual ini. Pertama-tama tentu harus menetapkan dulu kapasitas produksi/jualan sehari. Barulah dari sini dapat diketahui jumlah biaya bahan baku, ongkos, dan operasional lainnya. Tambahkan dengan margin keuntungan, barulah bisa dapat angka untuk harga.

Jadi, jangan menjual berdasarkan harga pesaing atau pasaran. Teknik ini boleh saja asal jenis produk sama baik dari jenis dan kualitasnya. 

Ketika saingan menjual sosis bakar seharga 15 ribu rupiah per potongnya, dengan jenis sosis jumbo dan topping buatan sendiri yang unik. Maka tidak bisa lantas disamakan dengan sosis kualitas standar beserta saus instan. Kira-kira seperti itu gambarannya.

Info Menarik Lainnya : Peluang Usaha Kuliner Dari Bahan Singkong, Simak Yuk!

3.  Kulik Resep Unik

Coba perhatikan di toko-toko saingan, rata-rata mereka menjual sosis dengan saus yang itu-itu saja. Barbekyu, cheese, spicy, atau sekedar sambal botol biasa. Supaya tampil outstanding, tidak ada salahnya mengulik topping yang lebih lezat. 

Tidak punya keahlian memasak? Coba lihat saja di Youtube yang membahas soal street food di Amerika.

Orang-orang yang berjualan jajanan kaki lima di negeri Paman Sam sangat kreatif dalam membuat topping. Sosis sudah menjadi bagian keseharian mereka dan merupakan makanan pokok. Maka, tak heran kalau perlakuan terhadap makanan ini sangat spesial. 

Jangan takut mencoba, komunikasikan keunikan ini dengan cara yang tepat pula, ya.

4.  Utamakan Hygiene

Berjualan makanan harus mengutamakan soal kebersihan dan keamanan produk. Tujuanya tentu saja agar konsumen tidak dirugikan akibat keracunan misalnya. Usahakan meja atau counter tempat jualan rapi serta bersih. Penataan produk juga perlu diperhatikan dan jangan sampai terkesan berantakan.

Percaya atau tidak, presentasi sebuah tempat makan menentukan persepsi pembelinya. Orang rela membayar lebih untuk mendapat produk yang baik dari toko yang bersih. 

Usahakan memakai masker saat memasak untuk menghindari kontaminasi droplet ke makanan. Gunakan juga sarung tangan ketika packing. Layani dan utamakan kesehatan konsumen bisa jadi trik jualan sosis bakar yang jitu.

Info Menarik Lainnya : Usaha Makanan Kecil kecilan: Modal Kecil Untung Besar

5.  Perbanyak Metode Pembayaran

Sediakan banyak pilihan cara membayar bagi konsumen agar mereka lebih nyaman berbelanja. Selain tunai, bisa juga dengan cara lewat e-wallet. Cara ini juga mencerminkan kalau toko dikelola secara modern dan profesional. 

Trik jualan sosis bakar dengan menambahkan berbagai cara bayar berpotensi tingkatkan untung.

Jika memungkinkan, seiring berkembangnya usaha, bisa ditambahkan juga software kasir agar pencatatan keuangan atau transaksi lebih rapi. Berapa keuntungan, biaya-biaya, serta banyaknya penjualan dapat di record dengan baik.  

6.  Jalin Kerjasama dengan Layanan Pesan Antar

Bergabunglah dengan Go Food atau Grab Food untuk meningkatkan penjualan dan meluaskan pangsa pasar. Sekarang ini orang lebih memilih duduk di rumah menunggu pesanan makanan datang. Maka, agar bisa melayani juga konsumen tipe ini, jangan ragu untuk mendaftarkan sosis bakar ke layanan delivery.

Yang perlu diperhatikan adalah soal harga jual. Umumnya penjual akan dikenakan 20 persen biaya layanan dari harga. Maka, lebih baik putuskan sejak awal akan melakukan mark up atau menekan margin. 

Jika memutuskan untuk menaikkan harga, sebaiknya price list pada pembelian offline juga disesuaikan. Tujuannya agar tidak terjadi kebingungan. Idealnya memang sejak awal sudah menjalin kerjasama agar perhitungan biaya ini masuk kedalam komponen harga.

Info Menarik Lainnya : 7 Ide Usaha Makanan yang Mampu Bertahan Saat Masa Pandemi

7.  Promosi di Media Sosial

Tidak ada usaha yang tak ber-medsos hari ini. Sekecil apapun, jika dikomunikasikan lewat saluran yang tepat, maka bisa jadi besar. 

Instagram bisa jadi pilihan yang tepat karena memiliki engagement yang tinggi dengan konsumen. Berikan konten-konten yang baik, foto-foto menarik, yang tentunya relevan dengan produk.

Usahakan apa yang ditampilkan di medsos sesuai dengan kenyataan. Misalnya, pada foto di Instagram tampilan sosis bakar dibuat semenarik mungkin. Nah, apa yang diberikan pada konsumen juga harus sama. 

Jangan hanya terlihat maksimal untuk kebutuhan foto atau artifisial saja tapi maksimalkan pelayanan. Hindari membuat konsumen kecewa karena makanan tak sesuai ekspektasi.

Trik jualan sosis bakar yang diulas di atas sangat mudah diaplikasikan. Para pemula atau yang sedang menimbang-nimbang akan berbisnis, bisa mencoba peruntungan. Tidak perlu takut rugi karena usaha ini cenderung bermodal kecil, kok.

Selamat mencoba ya, semoga sukses untuk Anda! 😉

Post a Comment for "7 Trik Jualan Sosis Bakar Jitu yang Bisa Anda Coba"