Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Peluang Usaha Kuliner Dari Bahan Singkong, Simak Yuk!

Peluang Usaha Kuliner Dari Bahan Singkong - Siapa sih orang Indonesia yang tak mengenal singkong? Tumbuhan yang juga dikenal dengan nama ketela pohon ini adalah jenis tanaman yang banyak terdapat di desa. Singkong termasuk makanan orang desa yang masih sangat alami.

Memang sangat wajar jika singkong jadi pilihan. Karena selain mudah didapatkan, juga banyak sekali jenis makanan yang bisa diolah dari bahan singkong. Oleh karena itulah, cukup banyak orang Indonesia yang menjadikan singkong sebagai pengganti makanan pokok.

Peluang Usaha Kuliner Dari Bahan Singkong

Selain untuk makanan pokok, singkong juga dapat diolah menjadi kuliner makanan ringan (alias cemilan). Banyak makanan ringan yang telah populer di masyarakat terbuat dari bahan baku singkong. Mulai dari jenis makanan ringan kering (digoreng), hingga makanan ringan basah (direbus).

Peluang Usaha Kuliner Dari Bahan Singkong, Simak Yuk!
Ilustrasi.

Contoh makanan ringan singkong yang digoreng diantaranya:

- Keripik singkong

- Stik singkong

- Misro

- Combro

- Singkong Crispy, Dll.

Sedangkan contoh makanan ringan singkong yang direbus diantaranya:

- Getuk Lindri

- Singkong Thailand

- Lapis singkong

- Talam singkong

- Klepon singkong, Dll.

Ada juga jenis cemilan singkong yang diproses secara fermentasi. Pasti Anda semua sudah tau makanan apa itu.

Yup! Tape singkong. 😊

Nah, dengan begitu banyaknya jenis makanan ringan yang dapat diolah dari bahan baku singkong, sehingga makanan pokok penghasil karbohidrat ini dapat menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Anda bisa memilih salah satu jenis makanan ringan diatas, membeli bahan baku dan mengolahnya, kemudian menjualkannya kembali.

Agar menjadi lebih menarik, maka Anda bisa membuat merek makanan itu menggunakan bahasa Inggris. Karena dalam bahasa Inggris singkong sendiri dikenal dengan nama "Cassava". Jadi misalnya Anda ingin membuat produk keripik singkong, maka Anda dapat membuat mereknya menjadi "Keripik Casssava".

Nah bagaimana menurut Anda? 

Namanya menjadi lebih unik, menarik, dan terkesan modern bukan? 😉

Berawal dari nama yang unik tersebut, Anda dapat merintis peluang usaha dengan bahan utama singkong di dalamnya. Jadi Anda semuanya dapat mendesain unit usaha, khususnya bergerak di bidang makanan dengan bahan utama singkong.

Apa Saja Yang Harus Disiapkan Untuk Memulai Usaha Kuliner Singkong Ini?

Untuk memulainya, maka Anda harus melakukan beberapa langkah yang terencana. Tujuannya agar usaha Anda dapat berjalan dengan lancar dan hasilnya sesuai dengan target. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar sukses di bidang kuliner singkong ini. Dan ingat; Anda harus melakukannya dengan serius, sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut beberapa langkah penting tersebut:

Buat proposal usaha

Yang pertama kali bisa Anda lakukan adalah dengan membuat proposal usaha untuk kuliner khusus singkong ini. Proposal ini nantinya akan memiliki manfaat yang sangat banyak. Di antaranya adalah untuk membantu Anda melakukan penghitungan modal, analisis peluang usaha yang akan dilakukan, masalah dan solusi yang akan dilakukan serta untuk mencari modal usaha pada para investor.

Siapkan alat dan bahan

Untuk memulai usaha ini tentunya Anda juga harus memiliki alat yang memadai. Seperti alat untuk membuat tepung dari bahan singkong, alat untuk memanggang roti dan memasak berbagai jenis resep dengan bahan dasar singkong tersebut.

Jangan lupa untuk memilih bahan utama yaitu singkong dengan kualitas terbaik. Lakukan survey untuk mendapatkan supplier singkong dengan kualitas terbaik sekaligus dengan harga yang bisa dinegosiasikan.

Anda juga bisa menggunakan proposal usaha untuk menjalin kerja sama dengan petani singkong untuk menyediakan stok singkong dalam usaha Anda.

Info Menarik Lainnya : Usaha Makanan Kecil kecilan: Modal Kecil Untung Besar

Perkaya pengetahuan tentang resep singkong

Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa Anda buat dari bahan singkong. Namun yang paling penting adalah; terus perkaya diri Anda untuk membuat berbagai jenis resep dengan bahan singkong tersebut. Jangan mudah puas hanya dengan membuat beberapa jenis makanan berbahan singkong saja.

Bahkan jikalau perlu Anda bisa membedakan makanan berbahan singkong dengan citarasa manis dan juga asin secara terpisah. Sehingga konsumen Anda pun bisa tercakup lebih luas. Karena tak semua orang menyukai makanan manis atau asin saja.

Tentukan target pasar

Kemudian, langkah penting selanjutnya adalah tentukan target pasar dalam peluang usaha yang akan Anda tuju. Jika dalam usaha Anda memiliki target pasar secara luas dan menyeluruh maka usahakan untuk menyediakan jenis makanan yang sekiranya bisa disukai oleh semua kalangan masyarakat. Jangan lupa untuk memilih lokasi usaha yang strategis sehingga usaha Anda dengan mudah ditemukan oleh konsumen Anda.

Info Menarik Lainnya : Modal Jualan Es Buah Cuma 150 Ribuan? Ternyata Cukup Lho!

Apa Jenis Strategi Promosi Terbaik Untuk Usaha Kuliner Khusus Singkong Ini?

Setiap usaha pasti memerlukan promosi atau iklan untuk memberitahukan usaha yang dilakukan pada semua orang. Promosi itu sendiri bisa dilakukan dengan cara online dan juga offline. Dan untuk usaha ini tentunya ada beberapa jenis strategi promosi terbaik yang bisa dilakukan agar supaya semakin banyak orang yang mengenal produk singkong dalam usaha Anda.

Strategi promosi yang pertama adalah dengan menggunakan media sosial.

Sepertinya sudah menjadi satu kebiasaan pada masyarakat kita, dimana mereka akan melakukan posting foto unik terkait dengan kegiatan atau aktivitas yang mereka lakukan saat itu. Nah manfaatkan saja hal itu dengan membuat jenis makanan dengan tampilan yang unik, kemudian biarkan pelanggan Anda melakukan promosi di media sosialnya. Biasanya selain foto produk kuliner mereka juga akan melakukan hashtag terkait nama dan lokasi tempat produk tersebut dijual.

Anda juga bisa membuat sebuah tempat usaha dengan desain yang unik. Seperti misalnya dengan hiasan pohon singkong buatan, atau booth penjualan yang diberi warna mencolok, sehingga orang bisa dengan mudah mengenali usaha yang Anda jalani tersebut. Biasanya tempat yang unik akan lebih menarik perhatian masyarakat untuk pertama kalinya.

Strategi promosi yang kedua adalah dengan mematok harga terjangkau, yaitu untuk produk kuliner singkong yang Anda jual.

Apalagi singkong termasuk jenis bahan makanan yang mudah didapat, harganya pun murah pula. Harga yang terjangkau ini akan membuat semua kalangan masyarakat bisa mencicipi produk kuliner dalam usaha Anda tersebut.

Info Menarik Lainnya : Resep Jajanan 1000an Untuk Jualan (Bisa Dicoba Di Rumah)

Dan strategi promosi yang ketiga adalah dengan membuat brosur tentang usaha yang sedang Anda jalani tersebut.

Pastikan dalam brosur tersebut ada foto produk yang mewakili apa yang Anda jual disana. Lengkapi dengan deskripsi produk kuliner dalam usaha Anda, jam operasional usaha, lokasi usaha serta harga dari produk kuliner singkong yang Anda jual.

Anda juga bisa melengkapi brosur Anda dengan sedikit ulasan tentang kandungan gizi yang ada di dalam bahan singkong. Karena banyak orang yang lebih peduli dengan kandungan gizi dalam makanan yang mereka santap saat ini.

Demikianlah beberapa peluang usaha kuliner  yang bisa Anda lakukan dengan bahan utama singkong.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Peluang Usaha Kuliner Dari Bahan Singkong, Simak Yuk!"